Tafsir Ayat Tanda-Tanda Orang Munafik, Khianat dan Ingkar Janji
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Tafsir Ayat Tanda-Tanda Orang Munafik, Khianat dan Ingkar Janji

Duta Islam #04
Senin, 04 Maret 2019
Loading...

Sumber: istimewa
Rasulullah SAW secara jelas telah tanda-tanda kemunafikan. Penjelasan tentang tanda-tanda kemunafikan bisa dilacak di beberapa ayat dan hadist nabi.

Dutaislam. Com - Sebagaimana penjelasan dalam kitab Sahih Bukhari, tanda-tanda kemunafikan ada tida hal. Yakni, suka berdusta, khianat dan ingkar janji.

Pada pembahasan kali ini, penulis akan membahas mengenai khianat dan ingkar janji. Khianat secara luas mencangkup sikap tidak melihara kehormatan dan hak-hak orang lain.

Di samping itu, sikap khianat juga menghantarkan pada perilaku tidak memelihara hubungan keakraban, tidak memindahkan suatu perjanjian dan mengambil hak milik orang lain secara paksa. Ia gemar berbicara dusta, berjanji tapi senang menyalahi, dan apabila diberi amanat berkhianat.

Perilaku khianat sangat di benci oleh Islam, karena dampak yang ditimbulkannya tidaklah ringan, umat akan menjadi jika dalam tubuh umat itu ada pengkhianat. Negara pun akan binasa dan runtuh bila pemerintahnya disusupi pengkhianat bangsa.

Dalam hal ini, orang yang tergolong khianat adalah orang-orang menyia-nyiakan amanat. Sebagaimana kita ketahui di pundak setiap muslim berdampak berbagai macam amanat. Mulai amanat dari Allah dan Rasul-Nya, amanat menyampaikan kebenaran, amanat rumah tangga, memegang jabatan hingga amanat pada diri sendiri.

Sedangkan pengertian secara khusus, khianat meliputi sifat-sifat kemunafikan yang sangat berbahaya bagi perjalana dakwah islamiah dan
stabilitas negara dan pemerintahan. Allah SWT berfirman:

وَيَقُولُونَ آمَنَّا بِاللَّهِ وَبِالرَّسُولِ وَأَطَعْنَا ثُمَّ يَتَوَلَّى فَرِيقٌ مِنْهُمْ مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ وَمَا أُولَئِكَ بِالْمُؤْمِنِين

"Dan mereka berkata: "Kami telah beriman kepada Allah dan rasul, dan kami mentaati. Kemudian sebagian dari mereka berpaling sesudah itu, sekali-kali mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman” (QS. an-Nur: 47).

Khianat adalah suatu sifat yang merupakan manifestasi dari kebencian terhadap Allah, Rasulullah, dan orang-orang mukmin. Sebab, tanpa disadari ia telah bekerja sama dengan musuh-musuh Islam.

Ingkar Janji

Mengingkari janji termasuk salah satu ciri kemunafikan. Seseorang yang berani mengingkari janji adalah orang yang rapuh mentalnya, rendah semacam ini hatinya tertutup berbagai penyakit kekufuran. Baginya, menyakiti hati orang lain dengan mengingkari janji sepertinya tidak menjadi beban moral.

مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَى نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْتَظِرُ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلا

“Di antara orang-orang mu'min itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merobah” (QS. al-Ahzab: 23).

Melunturkan keperyaan dan kesetian masyarakat kepada seseorang sangat disayangkan dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan yang kurang disiplin dalam menepati janji tanpa ada alasan syra'i, maka dalam jiwanya telah tercngkol cabang kemunafik. [dutaislam/in]

Artikel Dutaislam.com

Demikianlah penjelasan tentang Tafsir Ayat Tanda-Tanda Orang Munafik, Khianat dan Ingkar Janji. Adapun tentang Tafsir Ayat Tanda-Tanda Orang Munafik, Berdusta, silahkan baca dalam artikel di bawah ini.

close
Banner iklan disini