Sebuntel dengan Tengku, Ustadz Maheer Juga Salah Men-Tashrif "Talafi"
Cari Berita

Advertisement

Sebuntel dengan Tengku, Ustadz Maheer Juga Salah Men-Tashrif "Talafi"

Duta Islam #03
Rabu, 06 Maret 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Ustadz Maheer At-Thuwailibi. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Kesalahan Ustadz Haikal Hassan yang tidak bisa membedakan "kafir" dan "kuffar" membuka kedok ke-tidak-pintaran (kebodohan) Ustadz Tengku Dzulkarnain soal Tashrif atau Ilmu Sorrof.

Ustadz Tengku salah mentashrif kata "kafir" yang disebutnya "Kafaro-Yukaffiru-Kufron". Padahal, "kafir" merupakan isim fail Tsulasi Mujarod dari madzi "kafaro" yang jika di tashrif menjadi ''kafaro-yakfuru-kufron''.

Kedua Ustadz Monaslimin ini ramai dan dibully di media sosial.

Bersamaan dengan itu, kedok kebodohan Ustadz Wahabi Maheer At-Thuwailibi dalam ilmu Sorrof juga terkuak. Ustadz Maheer juga salah mentashrif kata "Talafi". Dia bilang "Talafi dari kata "Talafa-Yutlifu-Talafan".

"Jadi Talafi itu "Atlafa-Yutlifu" atau "Talafa-Yutlifu, Talafa", merusak," kata Ustadz Maheer dalam sebuah video yang diposting akun Facebook Hubbul Wathon Minal Iman, Rabu (06/03/2019).

Yang benar bagaimana?

“Talafi” asal katanya “Talifa-Yatlafu” atau “Atlafa-Yutlifu”, artinya: rusak-merusak, binasa-membinasakan.

Talafi termasuk masdar dari fiil Tsulasi Mujarrod yang mengikuti wazan "Fa'ila-Yaf'alu" sehingga harusnya "Talifa-Yatlifu", bukan "Talifa-Yatlufu". Bisa juga "Talafa-Yatlafu", bukan "Talifa-Yutlafu" sebagaimana diajarkan Ustadz Maheer Thuwailibi.

Penjelaskan ini juga bisa dicek di kamus berikut ini:


Satu pemahaman memang tidak jauh beda kualitasnya ya? [dutaislam.com/pin]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB