Ketika Kiai Abbas Buntet Ngobrol dengan Wali yang Sudah Wafat
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Ketika Kiai Abbas Buntet Ngobrol dengan Wali yang Sudah Wafat

Duta Islam #02
Kamis, 28 Maret 2019
Loading...

KH Abbas bin KH Abdul Jamil, Buntet, Cirebon.
DutaIslam.Com - Bagi hamba Allah yang rajin ibadah dan beramal shalih, ketika sudah meninggal dunia akan mendapat nikmat kubur dan berpotensi memiliki karomah, hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani yang dijelaskan dalam kitab Tanwirul Qulub.

Mengenai hal ini, ada sebuah kisah nyata yang dialami oleh putra bungsu Kiai Abbas Buntet, yaitu KH Nahdludin Abbas yang melaksanakan ibadah haji saat berusia sekitar 5 tahun. Karena saat itu Kiai Nahdludin masih balita, ia hanya mengingat dua hal saja.

Pertama yang diingat Kiai Nahdludin adalah ketika tawaf beliau digendong oleh abahnya (Kiai Abbas) dan yang kedua beliau menyaksikan abahnya bertemu dan mengobrol lama dengan ulama ahli hadits di Madinah yaitu Syaikh Ali Ath-Thoyyib Al-Madani Al-Hasani, beliau ini ulama Madinah yang membawa tarekat Tijaniyah ke Tanah Air.

Kiai Nahdludin, saat itu merasa aneh sebab materi obrolan Abahnya dengan Syaikh Ali semuanya membahas tentang alam barzakh.

Tidak lama kemudian Kiai Nahdludin baru mengetahui bahwa ternyata Syaikh Ali itu sudah wafat beberapa tahun sebelumnya. [dutaislam.com/gg]

Source: Dimas Agung

Loading...