Innalillah, Teror di Masjid Selandia Baru: '2 WNI Tertembak', 49 Orang Meninggal
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Innalillah, Teror di Masjid Selandia Baru: '2 WNI Tertembak', 49 Orang Meninggal

Duta Islam #02
Jumat, 15 Maret 2019
Loading...

Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru. (Foto: google map)
DutaIslam.Com - Sebanyak dua Warga Negara Indonesia (WNI) mengalami luka tembak dalam aksi penembakan di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/03/2019).

"Terdapat dua WNI, ayah dan anak, yang terkena tembak di masjid. Kondisi ayah saat ini di ICU dan anak dirawat di ruang biasa di rumah sakit yang sama, yaitu Christchurch Public Hospital. KBRI Wellington terus berkordinasi dengan otoritas setempat, kelompok WNI dan rumah sakit di Christchurch," sebut juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir dalam keterangan tertulis, sebagaimana dilansir BBC.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia mengecam keras aksi penembakan di Mesjid Annur di Christchurch, Selandia Baru, yang terjadi pada hari Jumat, 15 Maret 2019, pukul 13:40 (waktu setempat).

"Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam keterangan tertulis yang diterma Dutaislam.com, Jumat (15/03/2019).

Retno menyatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wellington terus memantau perkembangan situasi dan telah mengirimkan tim ke Christchurch untuk berkoordinasi dengan otoritas keamanan, rumah sakit dan Perhimpunan Pelajar Indonesia setempat.

"Terdapat 331 WNI di Christchurch, termasuk 134 mahasiswa. Jarak Wellington ke Christchurch 440 km," terangnya.

Masih dilansir dari BBC, Komisaris Polisi Mike Bush mengatakan jumlah korban meninggal dunia akibat penembakan di dua masjid telah bertambah menjadi 49 orang.

Sebelumnya, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengungkap bahwa terdapat sedikitnya 40 orang telah tewas dibunuh. "Kejadian ini hanya bisa digambarkan sebagai serangan teror," ujarnya dalam jumpa pers.

Dari 40 korban tewas itu, menurut Ardern, 30 di antara mereka meninggal dunia di masjid Al Noor di dekat Hagley Park, pusat Kota Christchurch. Adapun 10 lainnya tewas di Masjid Linwood, pinggiran kota. Selain korban tewas, ada 20 orang mengalami cedera. [dutaislam.com/gg]

close
Banner iklan disini