Benarkah Twit Haikal Hassan 'Prabowo Minum Bir Tak Jumatan' Diretas?

Benarkah Twit Haikal Hassan 'Prabowo Minum Bir Tak Jumatan' Diretas?

Rabu, 27 Maret 2019 | x dibaca

DutaIslam.Com - Masih ingat dengan akun Twitter Haikal Hassan yang twit Prabowo ngebir dan tidak sholat Jumat itu? Yang katanya dihack oleh seseorang yang tidak dikenal di Inggris? Begini bunyi twit tersebut:

“Malam semua, Mohon maaf semoga teman-teman tidak kecewa. Jumat kemarin melihat dengan mata ane sendiri prabowo tidak sholat jumat malah minum bir di ambarukmo jogja. Ane sedih melihat kondisi ini. Dengan ini ane menyatakan akan mendukung Jokowi-Maruf Amin.”

Kemudian twit tersebut diakhiri dengan tagar #Jokowi2periode.

Twit yang keluar dari akun Haikal Hassan tersebut kemudian diklaim bukan dari dirinya tetapi twit dari seseorang yang telah menghack akun Twitternya tersebut. Sampai-sampai Jubir BPN Dahnil Anzar Simanjuntak harus menyebarkan pemberitahuan peretasan akun Twitter Haikal Hassan.

Tapi benarkah akun Twitter Haikal Hassan yang terkenal suka membuat memojokkan Jokowi dengan berbagai twit provokasinya itu?

Seseorang Netizen membongkar kelicikan dari Haikal Hassan bahwa akun tersebut ternyata tidak diretas, tetapi pemilik akun salah login. Yang seharusnya login ke akun kloningan, malah login ke akun aslinya.

Begini penelusuran dari netizen yang memakai akun @SuburBur.

“Jadi kisahnya begini.. Si ustad abal abal itu mau bikin cerita bahwa akunnya ditiru (fake/akun KW). Nah dia bikin sendiri itu akun KW. Lalu terpikir untuk bikin twit yg jelekin Wowok pake akun KW yg dia bikin sendiri itu..”

“Skenarionya nanti dia akan bilang akunnya ditiru oleh lawan untuk memfitnah tentang Wowok dan sebar hoax 'minum bir'. Opini akan terbentuk bahwa cebong sebar hoax dan fitnah dengan gunakan akun KW yg mirip akun dia..”

“Tapi yang namanya perbuatan tidak baik sudah pasti Tuhan tidak suka. Tuhan buntu-kan pikirannya sejenak. Yang membuat dia lakukan kesalahan login saat membuat twit 'Wowok minum bir' itu.”

“Bukannya dia login ke akun KW bikinannya sendiri untuk ngetwit fitnah 'Wowok minum bir' justru malah dia login ke akun realnya.

Jadilah twit 'Wowok minum bir' itu muncul di timeline akun realnya..”

“Nah sadar dengan kesalahan login beberapa menit kemudian, lalu dicopy twit tersebut lalu dia paste di akun KWnya.. Maka muncullah twit yang sama persis kalimat serta ejaannya, kali ini di akun KWnya. Perhatikan nama akunnya dengan dua huruf 'a' di 'hasaan'.”

“Saat dia lakukan copas, dia juga langsung hapus twit pertama yg ada di akun realnya meskipun sudah terlanjur ada yang capture. Selisih waktu antara twit pertama (di akun real) dengan twit copy-an di akun KW adalah 6 menit.”

“Jadi yang pertama ngetwit adalah akun real, baru kemudian akun KW. Isinya SAMA PERSIS karena copas. Harinya sama tgl 24 Mar 2019, jamnya sama (jam 9) hanya menitnya yg berbeda..”

“Capturan yang berwarna dasar putih adalah capturan dari akun real (akun asli) jadi sudah bisa dipastikan diketik oleh pemilik akun asli tersebut. Ada yang bilang akunnya di hack..! Oh ya?? Coba teliti twit dua twit ini.”

“Twit tersebut berasal dari akun yang sama, akun real. Perhatikan saja nama akunnya. Tapi perhatikan juga waktu munculnya kedua twit tersebut..”

“Jika benar akun tersebut pernah di hack, katakanlah benar. Maka berdasar twit yg saya cature ini, akun tersebut sudah pulih atau sudah direbut kembali. Lihat tanggalnya, 23 Mar 2019. btw, akun yg sdh dihack memang bisa diambil lagi? Hackernya kok gak ganti password?”

“Artinya, sejak tgl 23 Mar 2019 jam 10:31 PM akun real teesebut sudah kembali dikuasai oleh pemiliknya. Lalu mengapa tgl 24 Mar 2019 jam 9:42 PM ngetwit 'ngaco' begitu? Apakah dihack lagi??”

“Lalu jika benar akun real tsb dihack (lagi), untuk apa akun KW mengcopy twit yang sama lalu diposting?”

“Semuanya berawal dari SALAH LOGIN.. Iya nggak Be..??”

“Login aja salah, makanya hati2 bikin akun kembar..”

Jadi menurut akun @SuburBur bahwa akun Twitter Haikal Hassan itu bukan diretas oleh orang tidak dikenal tetapi hanya karena salah login saja. Yang semula ingin login ke akun KW agar dapat nantinya memfitnah Jokowi bahwa dengan menggunakan akun KWnya tersebut seakan kubu Jokowi menyebarkan isu bahwa Haikal mencela Prabowo dan berbalik mendukung Jokowi.

Tetapi celakanya, Haikal justru salah login. Haikal malah login ke akun aslinya dan mencuitkan mengenai Prabowo yang tidak sholat Jumat dan ngebir itu. Mengetahui bahwa dirinya telah salah login, kemudian Haikal menyatakan bahwa akunnya telah diretas.

Namun celakanya, Haikal kembali mencuit mengenai hal tersebut di akun KWnya hanya berselang beberapa menit kemudian dengan kata-kata yang sama seperti yang dicuitkan di akun aslinya.

Netizen tersebut juga membongkar bahwa akun Haikal yang telah dinyatakan telah direbut kembali tanggal 23 Maret sehari sebelum akun Haikal Hassan mencuitkan twit kontroversinya tersebut. Apakah mungkin, akun yang sudah direbut kembali tersebut sehari kemudian lalu diretas lagi? [dutaislam.com/ed/gg]

TerPopuler