Jumat, 07 September 2018

Tak Pakai Dalil, Cerita Gus Dur Ceramah Sepak Bola

Gus Dur. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com – Sebagai seorang ulama, Kiai Abdurrahman Wahid (Gus Dur) kerapa mengisi ceramah agama disamping pernah menjalankan aktivitas politik saat menjadi Presiden Republik Indonesia. Uniknya, Gus Dur juga pernah mengisi ceramah sepak bola.

Ceramah sepak bolah oleh Gus Dur berlangsung pada tahun 1993. Gus Dur diundang oleh Persebaya yang saat itu dipimpin oleh H Agil H Ali. Saat itu Gus Dur tak pakai dalil agama, tapi pesannya dapat dapat mejadi  pegangan dalam kompetisi olahraga sampai sekarang.

Dilansir dari dokumen Jawa Pos, saat itu Persebaya sengaja mengundang Gus Dur utuk memberikan sentuhan rohani di halaman wisma persebaya. Gusdur tidak canggung berbicara sepak bola di hadapan hadirin yang terdiri atas suppoter pengurus, pelatih dan pemain Persebaya. Gus datang untuk membekali para pemain setelah putaran kedua kompetisi devisi utama Perserikatan PSSI.


Dalam pengajiannya gus dur berharap pemain persebaya mempertahankan kesungguhan dan ketekunan. Sebab dengan kesungguhan dan ketekunan akan mampu mempertahankan prestasi. Gus Dur mengimbau agar tak pakai dukun dalam pertandingan.

“Kesungguhan anda akan diuji oleh kesungguhan orang lain. Jadi jangan main dukun, ya,” ucap Gus Dur.

Pengajian tersebut murni berbicara sepak bola. Seluruh hadiri tanpak puas karena gusdur juga menguasai perkembangan sepak bola dunia. [dutaisam.com/pin]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini