Jumat, 14 September 2018

Jaringan Gusdurian Bikin Prototype Kampung Gusdurian Lombok Bangkit

Tim Gusdurian sedang prototyping untuk membuat hunian sementara bagi warga korban gempa Lombok.
DutaIslam.Com - Murid dan pengagum Gusdur yang tergabung dalam Jaringan Gusdurian ternyata tak diam dalam proses recovery Korban gempa di Lombok. Selasa (11/09/2018) lalu Jaringan Gusdurian mengadakan Kopi Darat (KOPDAR), khusus membahas rencana Komunitas ini di Mataram.

Presidium Gusdurian Jawa Timur A’ak Abdullah Al-Kudus atau yang akrab disapa Gus A’ak mengatakan, Jaringan Gusdurian akan terlibat dalam proses recovery dalam bentuk melakukan pembinaan dan pemulihan pasca gempa di tiga lokasi berbeda yakni Lombok Timur, Lombok Barat dan Lombok Utara.

Di tiga tempat tersebut, Jaringan Gusdurian akan membuat Prototype penanganan gempa lombok yang disebut Kampung Gusdurian Lombok Bangkit.

“Karena kita tak mungkin mengcover semua lokasi, Jaringan Gusdurian akan fokus ke beberapa Dusun yang sedang kita lakukan asassment, kita akan terlibat dalam membantu masyarakat Bangkit pasca gempa,” jelasnya.

Di beberapa lokasi tersebut, Jaringan Gusdurian akan fokus melakukan pendampingan, mulai dari distribusi logistik lanjutan, membangun Hunian Sementara Semi Permanen, membangkitkan aktifitas ekonomi, keagamaan, pendidikan dan kehidupan sosial warga pasca bencana.

“Bersama arsitek lokal, kami telah siapkan hunian sementara semi permanen, disitu kita desain aktifitas ekonominya, aktifitas sosialnya, aktifitas keagamaannya dan lain-lain, dan semua aktifitas itu akan dilakukan masyarakat dengan mandiri,” tambah Gus A’ak.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, Jaringan Gusdurian telah menyiapkan 25 relawan lokal yang siap tinggal dan bersama-sama masyarakat membangun desanya kembali secara mandiri.

“Sampai hari ini kami terus menggalang donasi dan mengajak seluruh Jaringan Gusdurian dimanapun berada untuk terlibat, silakan yang mau jadi relawan langsung datang ke Lombok, yang mau kirim donasi juga kami tunggu,” pungkasnya. [dutaislam.com/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini