Selasa, 21 Agustus 2018

Tinjauan Sosiologis Mengapa Pawai TK Bercadar Berpolemik

Pawai TK Bercadar di Probolinggo. Foto: Istimewa.
Oleh Nur Rokhim

DutaIslam.Com - Pendidikan merupakan hal wajib yang menjadi kebutuhan pribadi dalam diri seseorang. Dalam dunia pendidikan anak usia dini, sangat penting yang menjadi contoh adalah tindakan. Tindakan apapun yang dilakukan oleh orang sekitar akan mempengaruhi dampak psikis dari anak tersebut, baik berupa tindakan anarkis maupun pendidikan mental sehingga akan menjadi cerminan bagi kehidupan di masa mendatang.

Kasus Taman Kanak-Kanak (TK) Kartika di Probolinggo membuat sebagian orang merasa bahwa radikalisme sudah berakar pada jenjang pendidikan anak usia dini. Atribut yang direncanakan bermakna sebagai upaya untuk menghargai perjuangan Islam mengalami titik kandas dengan viralnya kasus ini.

Secara tinjauan sosiologis, hal tersebut tidaklah sesuai dengan kapasitasnya sebagai siswa/siswi TK-PAUD. Hendaknya, pendidikan harus mengutamakan contoh teladan yang baik mengenai kehidupan masyarakat yang pancasilais. Kalaupun mau mencontoh ulama' nasionalis dan religius, banyak sekali ada di Indonesia. Deretan nama seperti KH. Wachid Hasyim, Gus Dur, dan lainnya patut kita jadikan teladan.

Dalam Hadits, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa ulama' adalah pewaris para nabi. Kalau kita ingin melihat bagaimana perjuangan Nabi Muhammad SAW, kita bisa mencontoh para alim ulama' dalam memperjuangkan kemaslahatan umat Islam di Nusantara.

Kemudian, kegiatan tersebut tidak tepat sasaran karena dalam karnaval 17 Agustus seharusnya yang ditampilkan adalah rasa cinta tanah air, cinta bangsa, cinta keberagaman, dan upaya menjunjung tinggi persatuan.

Kesimpulannya, mari kita berpikir logis bahwa pendidikan anak usia dini haruslah menjadi awal tegaknya NKRI, dan kuatnya persatuan berbangsa dan bernegara. Memang, ukhuwah islamyyah itu penting. Tetapi, Ukhuwah Basyariyyah dan Wathoniyyah juga harus ditegakkan. [dutaislam.com/pin]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini