Seguyub Rukun Peringati Kenduri Ketupat
Cari Berita

Advertisement

Seguyub Rukun Peringati Kenduri Ketupat

Duta Islam #02
Sabtu, 23 Juni 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Masih dalam nuansa syawal, warga Dukuh Karang Pojok, Desa Jepang Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, sedari bakda subuh mereka berbondong-bondong berdatangan ke musala Miftahul Huda untuk peringati lebaran ketupat, Jumat pagi (22/06/2018).

Dari anak-kecil hingga dewasa terlihat antusias duduk bersila di serambi musala bahkan meluber hingga halaman depan. Sambil menikmati shalawat juga alunan terbang papat/terbang jawian yang terkenal asli kebudayaan Kabupaten Kudus.

Ketukan dung-tek, alunan suara terbang papat yang begitu khas, dari remaja musala memberikan nuansa yang berbeda. Alhasil, mereka nampak begitu sumringah, saling sapa-menyapa, seguyub-rukun memperingati kenduri ketupat.


Acara yang dipimpin oleh Kiai Chumaidi dan dipungkasi dengan do'a oleh Kiai Muhtar tersebut menambah khusyu'nya ritme masyarakat dalam meng-amini panjatan-panjatan do'a yang dicurahkan. Kemudian, acara dilanjutkan dengan makan ketuapat secara bersama-sama.

"Semoga tradisi-tradisi seperti ini akan selalu dinamis dan selalu diuri-uri masyarakat," terang Fatkhan warga setempat. [dutaislam.com/udin/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB