Kiat Agar Selamat Jika Tiba-tiba Terjadi Teror Bom
Cari Berita

Advertisement

Kiat Agar Selamat Jika Tiba-tiba Terjadi Teror Bom

Duta Islam #02
Rabu, 16 Mei 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Ilustrasi Ledakan Bom. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com – Berikut ini adalah trik mengamankan diri saat kemanapun kita masuk gedung, kantor instansi, mall, sekolah, kantor, rumah sakit, bahkan kantor polisi, daerah parkiran, apapun, jika sewaktu-waktu tiba-tiba ada ledakan bom.

Dalam situasi saat seperti ini, jangan lupa untuk perhatikan dan mengingat pintu keluar darurat yang paling dekat dengan kita. Dalam kondisi panik dan chaos, jangan sampai kita saling bertubrukan, tidak bisa keluar dari lokasi karena tidak tahu jalan keluar.

Dan, jika tiba-tiba mendengar teriakan doa tidak lazim yang dalam situasi tidak wajar di tempat umum, (biasanya ucapan Allah Hu Akbar), maka terdapat dua pilihan:

1. Jika terdengar jauh, katakanlah 30 meteran lebih boleh lari sekencangnya.

2. Jika terdengar dekat atau sangat dekat, jangan lari, tapi segera merunduk atau rebah nempel ke lantai dan lindungi kepala.

Karena terjangan pecahan metal atau gotri bom akan menyasar dari area setinggi pinggang ke atas, sesuai tinggi rompi atau ransel bom. Kecil kemungkinan memantul ke arah bawah.

Mengenai karakteristik ledakan, secara umum berupa pecahan adalah:

1. 0 - 50 meter adalah mematikan.

2. 50 - 150 meter adalah melukai.

3. Kecepatan pecahan ledakan kurang lebih 850 Km/Jam.

4. Sudut pecahan adalah dari titik ledak mengarah ke atas kurang lebih membentuk sudut pecahan 90 Derajat.

5. Tekanan ledakan 90 % mengarah keatas dengan membentuk penyebaran sudut elevasi 90 Derajat, sedangkan 10 % tekanan ledakan kebawah.

Kesimpulan :
a. Bahwa apabila kita mendengar suara ledakan keras mustahil kita menghindar dengan cara berlari karena kecepatan ledakan sangat tinggi.

b. Mempertimbangkan sudut ledakan berkisar 90 Derajat.

c. Satu satu cara yang terbaik bila ada suara ledakan adalah dengan cara refleks segera secepatnya ambil sikap tiarap. Selain itu sulit kita menghindar (ini adalah ilmu prosedur standard yang senantiasa diajarkan oleh TNI dalam melaksanakan latihan).

d. Setelah kita tiarap segera PKT/PKM (Perkiraan Keadaan Taktik atau Perkiraan Keadaan Medan) untuk mengambil langkah berikutnya.

Catatan : 
Hanya itulah satu satunya cara terbaik menolong jiwa kita jika pas berada disaat terjadinya kegiatan terror peledakan bom karena tidak ada pilihan lain lagi selain melakukan trik di atas.

Semoga bermanfaat dan kita selamat dari segala musibah teror tukang teror. [dutaislam.com/ed/pin]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB