Kembangkan Potensi, PWNU Jateng Adakan Pelatihan Kapasitas IT Tim PKPNU
Cari Berita

Advertisement

Kembangkan Potensi, PWNU Jateng Adakan Pelatihan Kapasitas IT Tim PKPNU

Duta Islam #02
Rabu, 14 Maret 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - PWNU (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama) Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Pengembangan Kapasitas IT yang diikuti Tim PKPNU (Pelatihan Kader Penggerak NU) dari PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) se-Jawa Tengah di Aula Pondok Pesantren Al Itqoon Desa Bugen Kelurahan Tlogosari Wetan Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, Rabu (14/03/2018).

KH Anis Ilahi menyatakan potensi besar kader NU dalam dunia cyber, hanya saja hal tersebut harus dikelola melalui pelatihan yang terstruktur dengan baik. Menurutnya, kaum muslim saat ini banyak menggunakan media sebagai rujukan dalam belajar agama, sementara banyak kader NU yang memahami agama tidak banyak yang berdakwah menggunakan media.

Dijelaskan, akun youtube, twitter, facebook dan sebagainya sebagai media informasi banyak yang digunakan untuk melawan NU. Musuh NU banyak bermain di media-media tersebut sebagai bagian dari mendulang popularitas sehingga mempermudah dalam menyebarkan paham keagamaan.

Pada era milenial ini semakin banyak yang ingin belajar agama, namun enggan berguru secara langsung. "Sebenarnya, generasi milenial rindu kehidupan beragama tapi jauh dari ulama. Hal ini yang terlambat diantisipasi oleh NU," kata dia.

Lebih lanjut ia mengungkapkan perlunya aktifitas generasi NU dalam menghalau gerakan islam trans nasional. "Mereka yang ingin belajar agama secara online perlu sentuhan media dari kader NU, kalau tidak dilakukan akan dilayani oleh mereka yang menganut islam trans nasional seperti wahabi, HTI, dan sebagainya," ungkapnya.

Menurutnya, merebaknya kaum radikalis tidak secara massif terjadi dengan cara belajar langsung. "Mereka awalnya tidak berani berdakwah secara tatap muka. Hanya mengandalkan media," terangnya.

Dikatakan hal tersebut yang merusak amaliah NU, yakni wahabi takfiri. Dijelaskan bahwa perang cyber tidak bisa dilakukan secara sendiri. Hal ini seperti yang dibuktikan oleh banser saat melawan Felix Shiaw dan HTI.

Dia menjelaskan banyaknya berita dan perang dalam tweter, fb, instagram dan sebagainya sebagai salah satu contoh kemenangan kader NU di dunia cyber sehingga banyak berita tersebut berada di papan atas saat mencari di google. Dia menegaskan, dari segi harakah (gerakan politik) lawan kita adalah HTI yang menyatakan NKRI thoghut.

Dalam hal lain ia mencontohkan sebuah kasus di mana KH Ubaidullah Shadaqah, Rois Syuriah PWNU Jateng yang diserang oleh lawan NU. Diungkapkan, dari penelusuran tim cyber pada akun yang menyerang Kiai Ubed adalah mesin.

Dijelaskan bahwa penyerang tersebut bukan ribuan orang, melainkan ribuan akun tanpa kejelasan pemiliknya. Menyinggung pada kasus yang tengah ditangani Cyber Polri, dia menyatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian yang terorganisir, "Cyber Army yang ditangkap polri itu yang terorganisir. Bukan yang individu," tegasnya.

Dengan adanya pelatihan IT ia berharap para kader penggerak NU yang ada di jawa tengah mampu melayani umat islam yang hendak belajar ilmu agama secara online. "Ada sekitar 30 hingga 40 persen umat islam yang hendak memperbaiki kehidupan agamanya. Dan itu dilakukan secara online," tandasnya.

Menurutnya, kemajuan teknologi akan beralih pada virtual reality seperti halnya kita masuk ke dalamnya dengan teknologi 3 - 4 dimensi.

Selain membekali peserta dengan analisis media yang dipandu KH Anis ilahi, salah satu anggota tim analis cyber PBNU, para kader pun mendapatkan pengetahuan virtual cyber dari Herman Abdul Bakar, tim IT PCNU Kota Semarang. [dutaislam.com/q/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB