29 Dalil Bahwa Amalan, Dzikir dan Doa Bisa Bermanfaat Untuk Orang lain (Mati/ Hidup)
Cari Berita

Advertisement

29 Dalil Bahwa Amalan, Dzikir dan Doa Bisa Bermanfaat Untuk Orang lain (Mati/ Hidup)

Kamis, 01 Maret 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Warga sedang tahlilan. (Foto: Istimewa)
DutaIslam.Com - Sebagian orang ada yang ngotot bahwa amalan, dzikir, dan doa seseorang yang ditujukan kepada orang lain tidak mempunyai manfaat. Berikut ini adalah 29 dalil yang menunjukkan bahwa amalan, dzikir dan doa seseorang bisa bermanfaat kepada orang lain, baik orang lain tersebut masih hidup atau sudah mati.

ูก- ูˆุฃู† ู„ูŠุณ ู„ู„ุฅู†ุณุงู† ุฅู„ุง ู…ุง ุณุนู‰. (ุงู„ู†ุฌู… : ูฃูฉ). ุงู„ู„ุงู… ู„ู„ู…ู„ูƒ ูˆุงู„ุฅุณุชุญู‚ุงู‚ ู„ุง ู„ู„ุบุงูŠุฉ.

1- “Sungguh tiadalah hak bagi manusia kecuali atas sesuatu yang ia usahakan“ (QS. An-Najm: 39). Huruf lam bermakna kepemilikan dan hak, bukan bermakna sampai. 

ูข- ูˆู†ูƒุชุจ ู…ุง ู‚ุฏู…ูˆุง ูˆุขุซุงุฑู‡ู… . (ูŠุณ: ูกูข) . ูˆุงู„ุฃูˆู„ุงุฏ ูˆุงู„ุทู„ุงุจ ู…ู† ุงู„ุขุซุงุฑ.

2- “Dan kami catat segala sesuatu yang telah lalu dan peninggalan mereka“ (QS. Yasin: 12). Anak dan murid termasuk dari peninggalan. 

ูฃ- ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ : ูˆุงู„ุฐูŠู† ุฌุงุกูˆุง ู…ู† ุจุนุฏู‡ู… ูŠู‚ูˆู„ูˆู† ุฑุจู†ุง ุงุบูุฑ ู„ู†ุง ูˆู„ุฅุฎูˆุงู†ู†ุง ุงู„ุฐูŠู† ุณุจู‚ูˆู†ุง ุจุงู„ุฅูŠู…ุงู†. (ุงู„ุญุดุฑ : ูกู ). ูˆู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰ : ูˆุงุณุชุบูุฑ ู„ุฐู†ุจูƒ ูˆู„ู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ูˆุงู„ู…ุคู…ู†ุงุช . (ู…ุญู…ุฏ : ูกูฉ). ูˆู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰ : ุฅุฎุจุงุฑุง ุนู† ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… : ุฑุจู†ุง ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆู„ูˆุงู„ุฏูŠ ูˆู„ู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ูŠูˆู… ูŠู‚ูˆู… ุงู„ุญุณุงุจ . (ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… : ูคูก).

3- Allah swt berfirman, “Orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu daripada kami”. (QS. Al-Hasyr: 10).

Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. (QS. Muhammad : 19),

Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat). (QS. Ibrahim : 41). 

ูค- ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ู‡ ูˆุงุฑุญู…ู‡ ูˆุนุงูู‡ ูˆุงุนู ุนู†ู‡ . ุงู„ู„ู‡ู… ู„ุง ุชุญุฑู…ู†ุง ุฃุฌุฑู‡ .

4- Ya Allah, ampunilah si mayit, sayangi dia, selamatkan dia, dan maafkanlah kesalahan dia. Ya Allah, jangan Engkau halangi kami dari pahalanya. (Doa di shalat janazah). 

ูฅ- ุนู† ู…ุนู‚ู„ ุจู† ูŠุณุงุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ : ู…ู† ู‚ุฑุฃ ูŠุณ ุงุจุชุบุงุก ูˆุฌู‡ ุงู„ู„ู‡ ุบูุฑ ู„ู‡ ู…ุง ุชู‚ุฏู… ู…ู† ุฐู†ุจู‡ ูุงู‚ุฑุกูˆู‡ุง ุนู†ุฏ ู…ูˆุชุงูƒู… . ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ ููŠ ุดุนุจ ุงู„ุฅูŠู…ุงู† . ุญุฏูŠุซ ุตุญูŠุญ . (ุงู„ุฌุงู…ุน ุงู„ุตุบูŠุฑ ، ุฌ : ูข ، ุต : ูกูงูจ).

5- Dari Mu’aqqal ibn Yasar ra, “Barangsiapa membaca surat Yasin karena mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, maka bacakanlah surat Yasin bagi orang yang mati diantara kamu”. (HR. Bayhaqi dalam bab Syu’abul Iman. Termasuk hadits shahih. Jami’us Shaghir: 2/178). 

ูฆ- ุนู† ู…ุนู‚ู„ ุจู† ูŠุณุงุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ : ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ : ุงู‚ุฑุกูˆุง ุนู„ู‰ ู…ูˆุชุงูƒู… ูŠุณ . ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุงู„ู†ุณุงุฆูŠ ูˆุตุญุญู‡ ุงุจู† ุญุจุงู† . (ุจู„ูˆุบ ุงู„ู…ุฑุงู…).

6- Dari Mu’qil ibn Yasar ra, bahwasanya Nabi saw bersabda, “Bacalah surat Yasin bagi orang mati diantara kamu”. (HR. Abu Daud, dan Nasa’i, dan Ibn Hiban, tarmasuk hadits shahih menurut Nasa’i. Kitab Bulughul Maram: 107/559). 

ูง- ุนู† ุฃู… ุณู„ู…ุฉ ู‚ุงู„ุช ุฏุฎู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู„ู‰ ุฃุจูŠ ุณู„ู…ุฉ ูˆู‚ุฏ ุดู‚ ุจุตุฑู‡ ูุฃุบู…ุถู‡ ุซู… ู‚ุงู„: ุฅู† ุงู„ุฑูˆุญ ุฅุฐุง ู‚ุจุถ ุชุจุนู‡ ุงู„ุจุตุฑ. ูุถุฌ ู†ุงุณ ู…ู† ุฃู‡ู„ู‡ ูู‚ุงู„: ู„ุง ุชุฏุนูˆุง ุนู„ู‰ ุฃู†ูุณูƒู… ุฅู„ุง ุจุฎูŠุฑ ูุฅู† ุงู„ู…ู„ุงุฆูƒุฉ ูŠุคู…ู†ูˆู† ุนู„ู‰ ู…ุง ุชู‚ูˆู„ูˆู†. ุซู… ู‚ุงู„: ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ุฃุจูŠ ุณู„ู…ุฉ ูˆุงุฑูุน ุฏุฑุฌุชู‡ ููŠ ุงู„ู…ู‡ุฏูŠูŠู† ูˆุงุฎู„ูู‡ ููŠ ุนู‚ุจู‡ ููŠ ุงู„ุบุงุจุฑูŠู† ูˆุงุบูุฑ ู„ู†ุง ูˆู„ู‡ ูŠุง ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู† ูˆุงูุณุญ ู„ู‡ ููŠ ู‚ุจุฑู‡. ูˆู†ูˆุฑ ู„ู‡ ููŠู‡. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู….

7- Dari Ummu Salmah ra berkata: Rasulullah saw masuk ke rumah abi Salmah dan mendapati matanya masih terbuka lalu Rasulullah memejamkan (menutup) mata Abu Salmah. Lalu beliau berkata: “Sesungguhnya ruh itu ketika dicabut, maka mata akan mengikutinya”, lalu orang-orang dari keluarganya menjerit-jerit (merutuki diri). Lalu nabi berkata: “Janganlah berdoa kecuali yang baik, karena sesungguhnya malaikat mengamini semua yang kalian ucapkan”. Lalu nabi berdoa: “Ya Allah, ampunilah Abi Salmah, Tinggikan derajatnya bersama orang-orang yang mendapat petunjuk, dan semoga engkau memberi pengganti setelahnya, ampunilah kami dan dia wahai tuhan sekalian alam, dan luaskanlah kuburannya, dan berilah cahaya di kuburnya”. (HR. Muslim). 

ูจ- ุนู† ุฃุจูŠ ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ุนูˆู ุจู† ู…ุงู„ูƒ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„ ุตู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู„ู‰ ุฌู†ุงุฒุฉ ูุญูุธุช ู…ู† ุฏุนุงุฆู‡ ูˆู‡ูˆ ูŠู‚ูˆู„: ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ู‡ ูˆุงุฑุญู…ู‡ ูˆุนุงูู‡ ูˆุงุนู ุนู†ู‡ ูˆุฃูƒุฑู… ู†ุฒู„ู‡ ูˆูˆุณุน ู…ุฏุฎู„ู‡ ูˆุงุบุณู„ู‡ ุจุงู„ู…ุงุก ูˆุงู„ุซู„ุฌ ูˆุงู„ุจุฑุฏ ูˆู†ู‚ู‡ ู…ู† ุงู„ุฎุทุงูŠุง ูƒู…ุง ู†ู‚ูŠุช ุงู„ุซูˆุจ ุงู„ุฃุจูŠุถ ู…ู† ุงู„ุฏู†ุณ ูˆุฃุจุฏู„ู‡ ุฏุงุฑุง ุฎูŠุฑุง ู…ู† ุฏุงุฑู‡ ูˆุฃู‡ู„ุง ุฎูŠุฑุง ู…ู† ุฃู‡ู„ู‡ ูˆุฒูˆุฌุง ุฎูŠุฑุง ู…ู† ุฒูˆุฌู‡ ูˆุฃุฏุฎู„ู‡ ุงู„ุฌู†ุฉ ูˆุฃุนุฐู‡ ู…ู† ุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ ุฃูˆ ู…ู† ุนุฐุงุจ ุงู„ู†ุงุฑ. ู‚ุงู„ ุญุชู‰ ุชู…ู†ูŠุช ุฃู† ุฃูƒูˆู† ุฃู†ุง ุฐู„ูƒ ุงู„ู…ูŠุช. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู….

8- Dari Abi Abdurrahmah bin ‘Auf bin Malik ra ia berkata: “Rasulullah saw shalat atas jenazah, dan aku hafal dari doanya, Beliau berdoa: “Ya Allah, Ampunilah dia, Rahmatilah dia, selamatkan dia, dan ampunilah dia, muliakan tempatnya, luaskanlah kuburnya, mandikan dia dengan air, air es, air dingin, dan bersihkanlah dia dari kesalahan-kesalahan sebagaimana engkau membersihkan baju yang putih dari noda, dan gantilah rumahnya di dunia dengan rumah yang lebih baik di akhirat, keluarganya di dunia dengan keluarga yang lebih baik di akhirat, dan istri di dunia dengan istri yang lebih baik di akhirat, dan masukanlah ia ke surga, dan lindungi dia dari siksa kubur, dan siksa neraka”. Sampai aku mengira andai akulah mayit itu. (HR. Muslim). 

ูฉ- ูˆุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ูˆุฃุจูŠ ู‚ุชุงุฏุฉ ูˆุฃุจูŠ ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ุงู„ุฃุดู‡ู„ูŠ ุนู† ุฃุจูŠู‡ - ูˆุฃุจูˆู‡ ุตุญุงุจูŠ - ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู… ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃู†ู‡ ุตู„ู‰ ุนู„ู‰ ุฌู†ุงุฒุฉ ูู‚ุงู„‏:‏ ‏‏ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ุญูŠู†ุง ูˆู…ูŠุชู†ุง، ูˆุตุบูŠุฑู†ุง ูˆูƒุจูŠุฑู†ุง، ูˆุฐูƒุฑู†ุง ูˆุฃู†ุซุงู†ุง، ูˆุดุงู‡ุฏู†ุง ูˆุบุงุฆุจู†ุง؛ ุงู„ู„ู‡ู… ู…ู† ุฃุญูŠูŠุชู‡ ู…ู†ุง ูุฃุญูŠู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ุฅุณู„ุงู…، ูˆู…ู† ุชูˆููŠุชู‡ ู…ู†ุง ูุชูˆูู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ุฅูŠู…ุงู†؛ ุงู„ู„ู‡ู… ู„ุง ุชุญุฑู…ู†ุง ุฃุฌุฑู‡ ูˆู„ุง ุชูุชู†ุง ุจุนุฏู‡ . ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ .

9- Dari Abi Hurairah, Abi Qatadah dan Abi Ibrahim al-Asyhali dari ayahnya Ibrahim –bapaknya seorang sahabat—ra, dari Nabi saw bahwasanya beliau menshalati jenazah lalu membaca: “Ya Allah, ampunilah orang yang hidup diantara kami dan orang yang telah meninggal diantara kami, orang kecil kami dan orang tua kami, orang laki-laki kami dan orang perempuan, orang yang hadir diantara kami dan orang yang tidak hadir diantara kami. Ya Allah, orang yang masih hidup di antara kami, maka hidupkanlah dia dalam Islam, dan orang yang meninggal diantara kami wafatkanlah dalam islam. Ya Allah jangan Engkau halangi pahalanya, dan jangan tinggalkan fitnah diantara kami setelah kepergiannya”. (HR Tirmidzi). 

ูกู - ูˆุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„‏:‏ ุณู…ุนุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„‏:‏ ‏ ‏ุฅุฐุง ุตู„ูŠุชู… ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูŠุช ูุฃุฎู„ุตูˆุง ู„ู‡ ุงู„ุฏุนุงุก . ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ.

10- Dari Abi Hurairah ra ia berkata: aku mendengar Rasulullah saw bersabda: “Ketika kalian menyolatkan mayit, maka khususkanlah doa atasnya”. (HR. Abu Daud). 

ูกูก- ูˆุนู†ู‡، ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌู†ุงุฒุฉ ‏ ‏ุงู„ู„ู‡ู… ุฃู†ุช ุฑุจู‡ุง ูˆุฃู†ุช ุฎู„ู‚ุชู‡ุง ูˆุฃู†ุช ู‡ุฏูŠุชู‡ุง ู„ู„ุฅุณู„ุงู… ูˆุฃู†ุช ู‚ุจุถุช ุฑูˆุญู‡ุง ูˆุฃู†ุช ุฃุนู„ู… ุจุณุฑู‡ุง ูˆุนู„ุงู†ูŠุชู‡ุง، ุฌุฆู†ุงูƒ ุดูุนุงุก ู„ู‡ ูุงุบูุฑ ู„ู‡. ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ.

11- Dan dari Abi Hurairah ra dari Nabi saw tentang shalat jenazah: “Ya Allah Engkau adalah Tuhannya, Engkaulah yang menciptakannya, Engkaulah yang menunjukkannya kepada Islam dan Engkau yang mengambil ruhnya, Engkau juga lebih mengetahui rahasia dan sesuatu yang tampak darinya. Kami datang kepadaMu memintakan syafa’at (pertolongan) atasnya, maka ampunilah dia”. (HR. Abu Daud). 

ูกูข- ูˆุนู† ูˆุงุซู„ุฉ ุจู† ุงู„ุฃุณู‚ุน ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„‏:‏ ุตู„ู‰ ุจู†ุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู„ู‰ ุฑุฌู„ ู…ู† ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูุณู…ุนุชู‡ ูŠู‚ูˆู„‏:‏ ‏ุงู„ู„ู‡ู… ุฅู† ูู„ุงู† ุงุจู† ูู„ุงู† ููŠ ุฐู…ุชูƒ ูˆุญุจู„ ุฌูˆุงุฑูƒ ‏ ، ูู‚ู‡ ูุชู†ุฉ ุงู„ู‚ุจุฑ ูˆุนุฐุงุจ ุงู„ู†ุงุฑ، ูˆุฃู†ุช ุฃู‡ู„ ุงู„ูˆูุงุก ูˆุงู„ุญู…ุฏ؛ ุงู„ู„ู‡ู… ูุงุบูุฑ ู„ู‡ ูˆุงุฑุญู…ู‡ ุฅู†ูƒ ุฃู†ุช ุงู„ุบููˆุฑ ุงู„ุฑุญูŠู…‏. ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ.

12- Dan dari Watsilah bin al-Asqa` ra : Rosululloh SAW bersama kami mensholati seorang laki-laki dari kaum muslimin , kemudian aku mendengar Beliau berkata : “Ya Alloh, sesungguhnya Fulan bin Fulan dalam tanggungan-Mu dan tali perlindungan-Mu. Peliharalah dia dari fitnah kubur dan siksa Neraka. Engkau adalah Maha memenuhi janji dan Maha terpuji, ampunilah dan belas kasihanilah dia, sesungguhnya Engkau adalah Tuhan yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang“. (H.R. Abu Dawud). 

ูกูฃ- ูˆุนู† ุนู…ุฑูˆ ุจู† ุงู„ุนุงุต ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„ : ุฅุฐุง ุฏูู†ุชู…ูˆู†ูŠ ูุฃู‚ูŠู…ูˆุง ุญูˆู„ ู‚ุจุฑูŠ ู‚ุฏุฑ ู…ุง ุชู†ุญุฑ ุฌุฒูˆุฑ ، ูˆูŠู‚ุณู… ู„ุญู…ู‡ุง ุญุชู‰ ุฃุณุชุฃู†ุณ ุจูƒู… ، ูˆุฃุนู„ู… ู…ุงุฐุง ุฃุฑุงุฌุน ุจู‡ ุฑุณู„ ุฑุจูŠ . ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…. ูˆู‚ุฏ ุณุจู‚ ุจุทูˆู„ู‡.

13- Dari Amr ibn Ash ra, dia berkata, “Ketika kamu sekalian menguburkan aku, berdirilah kamu sekalian disamping makamku kira-kira selama seekor unta disembelih, dagingnya selesai dibagikan, hingga kalian merasa cukup. Ketahuilah, saat itu adalah saat aku menjawab pertanyaan utusan tuhanku (malaikat)”. (HR. Muslim, hadits tersebut telah disebut sebelumnya dengan lebih panjang). 

ูกูค- ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ : ูˆูŠุณุชุญุจ ุฃู† ูŠู‚ุฑุฃ ุนู†ุฏู‡ ุดูŠุก ู…ู† ุงู„ู‚ุฑุขู† ، ูˆุฅู† ุฎุชู…ูˆุง ุงู„ู‚ุฑุขู† ุนู†ุฏู‡ ูƒุงู† ุญุณู†ุง.

14- Imam Syafi’i berkata, “Disunatkan membaca sesuatu dari al-Qur’an, apabila kamu membacanya sampai khatam maka itu lebih baik”. 

ูกูฅ- ุนู† ุนุซู…ุงู† ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„ : ูƒุงู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅุฐุง ูุฑุบ ู…ู† ุฏูู† ุงู„ู…ูŠุช ูˆู‚ู ุนู„ูŠู‡ ูˆู‚ุงู„ : ุงุณุชุบูุฑูˆุง ู„ุฃุฎูŠูƒู… ูˆุงุณุฃู„ูˆุง ู„ู‡ ุงู„ุชุซุจูŠุช ، ูุฅู†ู‡ ุงู„ุขู† ูŠุณุฃู„ . ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุญุงูƒู…. (ุจู„ูˆุบ ุงู„ู…ุฑุงู… : ูฆู ูค/ูกูกูฅ).

15- Dari Utsman ibn ‘Affan ra, dia berkata, “Ketika Rasulullah selesai menguburkan jenazah, maka beliau berdiam diri atas mayit, lalu bersabda, “Mohon ampunlah kalian semua kepada Allah swt, untuk saudaramu. Dan mohonlah ketetapan untuk mayit. Sesungguhnya saat ini dia sedang diberi pertanyaan”. (HR. Abu Daud, dan Hakim, termasuk hadits shahih menurut Abu Daud. Bulughul Maram: 115/604). 

ูกูฆ- ุนู† ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง : ุฃู…ุฑ ุจูƒุจุด ุฃู‚ุฑู† .... ุซู… ู‚ุงู„ : ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ู„ู‡ู… ุชู‚ุจู„ ู…ู† ู…ุญู…ุฏ ูˆุขู„ ู…ุญู…ุฏ ูˆู…ู† ุฃู…ุฉ ู…ุญู…ุฏ. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…. (ุจู„ูˆุบ ุงู„ู…ุฑุงู… : ูกูฃูงูฃ/ูขูจูก).

16- Dari ‘Aisyah ra, “Rasulullah diperintahkan untuk menyembelih kambing gibas yang bertanduk, ....... kemudian Rasulullah saw berdo’a: “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah terimalah dari Muhammad, keluarga Muhammad dan dari umat Muhammad”. (HR. Muslim. Kitab Bulughul Maram: 281/1373). 

ูกูง- ูˆุนู† ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง : ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ : ู…ู† ู…ุงุช ูˆุนู„ูŠู‡ ุตูŠุงู… ุตุงู… ุนู†ู‡ ูˆู„ูŠู‡. ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡. (ุจู„ูˆุบ ุงู„ู…ุฑุงู… : ูฆูฉูง/ูกูฃูง).

17- Dari ‘Aisyah ra bahwasanya Nabi saw bersabda: “Barangsiapa meninggal sedangkan dia mempunyai tanggungan puasa, maka wajib bagi keluarganya mengganti puasa itu”. (HR. Bukhari, dan Muslim. Kitab Bulughul Maram: 137/697). 

ูกูจ- ุนู† ุฃุจูŠ ุงู„ุฏุฑุฏุงุก ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡: ุฃู†ู‡ ุณู…ุน ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„: ู…ุง ู…ู† ุนุจุฏ ู…ุณู„ู… ูŠุฏุนูˆ ู„ุฃุฎูŠู‡ ุจุธู‡ุฑ ุงู„ุบูŠุจ ุฅู„ุง ู‚ุงู„ ุงู„ู…ู„ูƒ: ูˆู„ูƒ ุจู…ุซู„. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู….(ุฑูŠุงุถ ุงู„ุตุงู„ุญูŠู† : ูกูคูฉูค).

18- Dari Abi Darda’ ra bahwasanya dia mendengar Rasulullah saw bersabda : “Tiadalah Seorang Muslim mendoakan saudaranya yang sedang bepergian, kecuali malaikat berkata: dan begitu juga kamu”. (HR. Muslim. Kitab Riyadus Shalihin: 1494). 

ูกูฉ- ูˆุนู†ู‡ ุฃู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒุงู† ูŠู‚ูˆู„: ุฏุนูˆุฉ ุงู„ู…ุฑุก ุงู„ู…ุณู„ู… ู„ุฃุฎูŠู‡ ุจุธู‡ุฑ ุงู„ุบูŠุจ ู…ุณุชุฌุงุจุฉ، ุนู†ุฏ ุฑุฃุณู‡ ู…ู„ูƒ ู…ูˆูƒู„ ูƒู„ู…ุง ุฏุนุง ู„ุฃุฎูŠู‡ ุจุฎูŠุฑ ู‚ุงู„ ุงู„ู…ู„ูƒ ุงู„ู…ูˆูƒู„ ุจู‡: ุขู…ูŠู†، ูˆู„ูƒ ุจู…ุซู„. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…. (ุฑูŠุงุถ ุงู„ุตุงู„ุญูŠู† : ูกูคูฉูฅ).

19- Dari Abu Darda’ RA: Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Do’a orang Islam kepada saudaranya yang tidak ada itu dikabulkan (mustajab), di kepalanya ada malaikat yang dipasrahi, setiap ia mendoakan saudaranya dengan kebaikan maka malaikat yang dipasrahi itu berkata: Amin dan untukmu semisalnya. HR Muslim. (Riyadhus Shalihin:1495). 

ูขู - ู…ุง ุฑูˆูŠู†ุง ููŠ ูƒุชุงุจูŠ ุฃุจูŠ ุฏุงูˆุฏ ูˆุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ، ุนู† ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„‏:‏ ุงุณุชุฃุฐู†ุช ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ุงู„ุนู…ุฑุฉ، ูุฃุฐู† ูˆู‚ุงู„‏: ‏ู„ุง ุชู†ุณู†ุง ูŠุง ุฃุฎูŠ ู…ู† ุฏุนุงุฆูƒ‏ ‏ ูู‚ุงู„ ูƒู„ู…ุฉ ู…ุง ูŠุณุฑู†ูŠ ุฃู† ู„ูŠ ุจู‡ุง ุงู„ุฏู†ูŠุง‏.‏ ูˆููŠ ุฑูˆุงูŠุฉ ู‚ุงู„‏:‏ ‏ุฃุดุฑูƒู†ุง ูŠุง ุฃุฎูŠ ููŠ ุฏุนุงุฆูƒ‏ , ‏ ู‚ุงู„ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ‏:‏ ุญุฏูŠุซ ุญุณู† ุตุญูŠุญ، ูˆู‚ุฏ ุฐูƒุฑู†ุงู‡ ููŠ ุฃุฐูƒุงุฑ ุงู„ู…ุณุงูุฑ.

20- Hadis ini kami riwatkan dalam kitab Abu Daud dan Turmudzi. Dari Umar Ibn Khatab ra, dia berkata: “Aku meminta ijin kepada Rasulullah saw untuk umrah. Kemudian Rasulullah mengijinkanku dan bersabda, ”Jangan lupakan aku dalam doamu”. Kemudian Umar berkata, “Kalimat ini begitu membahagiakan aku dan tak terganti meski dengan dunia”. Dalam riwayat lain, Rasulullah bersabda: “Sertakan aku dalam doamu”. Dan Turmudzi berkata, termasuk hadits hasan shahih, dan telah kami sebutkan dalam kitab ‘Adzkarul Musafir’. 

ูขูก- ูˆุนู† ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง ุฃู† ุฑุฌู„ุง ู‚ุงู„ ู„ู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅู† ุฃู…ูŠ ุงูุชู„ุชุช ู†ูุณู‡ุง ูˆุฃุฑุงู‡ุง ู„ูˆ ุชูƒู„ู…ุช ุชุตุฏู‚ุช ูู‡ู„ ู„ู‡ุง ุฃุฌุฑ ุฅู† ุชุตุฏู‚ุช ุนู†ู‡ุง؟ ู‚ุงู„: ู†ุนู…. ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡.

21- Dari ‘Aisyah ra bahwa seorang laki-laki berkata kepada Rasulullah saw, “Sesungguhnya ibuku telah meninggal, dan aku melihatnya seolah-olah dia berkata, bersedekahlah. Apakah baginya pahala jika aku bersedekah untuknya?”. Rasulullah saw bersabda, “Iya”. (Muttafaqun ‘alaih). 

ูขูข- ูˆุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุฃู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„: ุฅุฐุง ู…ุงุช ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุงู†ู‚ุทุน ุนู…ู„ู‡ ุฅู„ุง ู…ู† ุซู„ุงุซ : ุตุฏู‚ุฉ ุฌุงุฑูŠุฉ ุฃูˆ ุนู„ู… ูŠู†ุชูุน ุจู‡ ุฃูˆ ูˆู„ุฏ ุตุงู„ุญ ูŠุฏุนูˆ ู„ู‡. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู….

22- Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda, “Tatkala Manusia meninggal maka putuslah semua (pahala) amalnya, kecuali tiga perkara. Yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakannya”. (HR. Muslim). 

ูขูฃ- ูˆุนู† ุงุจู† ุนุจุงุณ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ : ุฃู† ุงู…ุฑุฃุฉ ู‚ุงู„ุช ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฅู† ูุฑูŠุถุฉ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ุนุจุงุฏู‡ ููŠ ุงู„ุญุฌ ุฃุฏุฑูƒุช ุฃุจูŠ ุดูŠุฎุง ูƒุจูŠุฑุง ู„ุง ูŠุซุจุช ุนู„ู‰ ุงู„ุฑุงุญู„ุฉ ุฃูุฃุญุฌ ุนู†ู‡؟ ู‚ุงู„: ู†ุนู…. ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡.

23- Dari Ibni Abbas ra bahwasanya seorang wanita berkata, “Wahai Rasulullah sungguh Allah mewajibkan haji kepada hambanya. Dan ayahku telah tua renta, tidak mampu untuk bepergian, apakah aku bisa berhaji atasnya?”. Rasulullah bersabda, “Iya”. (Muttafaqun ‘alaih: 1277). 

ูขูค- ูˆุนู† ู„ู‚ูŠุท ุจู† ุนุงู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุฃู†ู‡ ุฃุชู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูู‚ุงู„ : ุฅู† ุฃุจูŠ ุดูŠุฎ ูƒุจูŠุฑ ู„ุง ูŠุณุชุทูŠุน ุงู„ุญุฌ ูˆู„ุง ุงู„ุนู…ุฑุฉ ูˆู„ุง ุงู„ุธุนู† ู‚ุงู„ : ุญุฌ ุนู† ุฃุจูŠูƒ ูˆุงุนุชู…ุฑ . ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ูˆู‚ุงู„ : ุญุฏูŠุซ ุญุณู† ุตุญูŠุญ. (ูกูขูงูจ).

24- Dari Laqith Ibn Amir ra bahwasanya dia datang kepada Rasulullah seraya berkata: “Sesungguhnya ayahku telah tua renta, tidak mampu berhaji dan umrah, dan tidak mampu melakukan perjalanan”. Rasulullah saw bersabda, “Berhaji dan berumrahlah atas ayahmu”. (HR. Abu Daud dan Turmudzi. Dia berkata: “Termasuk hadits hasan shahih”). 

ูขูฅ- ุนู† ุฃุจูŠ ุจูƒุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ : ู…ู† ุฒุงุฑ ู‚ุจุฑ ูˆุงู„ุฏูŠู‡ ุฃูˆ ุฃุญุฏู‡ู…ุง ูŠูˆู… ุงู„ุฌู…ุนุฉ ، ูู‚ุฑุฃ ุนู†ุฏู‡ ูŠุณ ุบูุฑ ู„ู‡. ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ุนุฏูŠ.

25- Dari Abu Bakar ra : “Barangsiapa pada hari jum’at mendatangi makam kedua orangtuanya atau salah satunya, kemudian membaca surat yasin di sisinya maka ia akan diampuni dosanya”. (HR. Ibnu ‘Adi). 

ูขูฆ- ุนู† ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ุงู„ุนู„ุงุก ุนู† ุฃุจูŠู‡ : ูŠุง ุจู†ูŠ ุฅุฐุง ุฃู†ุง ู…ุช ูุฃู„ุญุฏู†ูŠ ูุฅุฐุง ูˆุถุนุชู†ูŠ ููŠ ู„ุญุฏูŠ ูู‚ู„ : ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ูˆุนู„ู‰ ู…ู„ุฉ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุซู… ุดู† ุนู„ูŠ ุงู„ุชุฑุงุจ ุดู†ุง ุซู… ุงู‚ุฑุฃ ุนู†ุฏ ุฑุฃุณูŠ ุจูุงุชุญุฉ ุงู„ุจู‚ุฑุฉ ูˆุฎุงุชู…ุชู‡ุง ูุฅู†ูŠ ุณู…ุนุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„ ุฐู„ูƒ. ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ูƒุจูŠุฑ ูขูขูก/ูกูฉ. ุญุฏูŠุซ ุญุณู†.

26- Dari Abdurrahman bin al ‘Ala dari bapaknya, “Wahai anakku, ketika aku kelak mati, buatkanlah aku kuburan. Tatkala kamu meletakanku dalam liang kuburku, bacalah, ”Dengan menyebut nama Allah dan atas keluarga Rasulullah”. Kemudian timbunkan tanah kepadaku dengan membaca di samping kepalaku pembuka dan penutup surat al-Baqarah. Karena sungguh aku mendengar Rasulullah saw menyabdakan hal itu. (HR. Thabrani dalam kitab al-Kabir: 19/221. Termasuk hadits hasan). 

ูขูง- ูˆุงู„ุขูŠุงุช ุฃูˆ ุงู„ุฃุฐูƒุงุฑ ุฃูˆ ุงู„ุฃุฏุนูŠุฉ ู„ู„ู…ุฑุถู‰ (ุงู„ุฑู‚ูŠุฉ) ู†ูˆุน ู…ู† ุฃู†ูˆุงุน ุงู„ุนู…ู„ ู„ู„ุบูŠุฑ . ูˆุฐู„ูƒ ูŠู†ูุนู‡ ุฅุชูุงู‚ุง.

27- Beberapa ayat, dzikir atau doa untuk orang sakit (ruqyah) termasuk perbuatan yang dilakukan untuk orang lain, dan perbuatan itu disepakati dapat memberikan manfaat. 

ูขูจ- ุนู† ุฃู†ุณ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„ : ู…ุฑูˆุง ุจุฌู†ุงุฒุฉ ูุฃุซู†ูˆุง ุนู„ูŠู‡ุง ุฎูŠุฑุง، ูู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ูˆุฌุจุช. ุซู… ู…ุฑูˆุง ุจุฃุฎุฑู‰ ูุฃุซู†ูˆุง ุนู„ูŠู‡ุง ุดุฑุง ูู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ูˆุฌุจุช. ูู‚ุงู„ ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ : ู…ุง ูˆุฌุจุช؟ ู‚ุงู„: ู‡ุฐุง ุฃุซู†ูŠุชู… ุนู„ูŠู‡ ุฎูŠุฑุง ููˆุฌุจุช ู„ู‡ ุงู„ุฌู†ุฉ، ูˆู‡ุฐุง ุฃุซู†ูŠุชู… ุนู„ูŠู‡ ุดุฑุง ููˆุฌุจุช ู„ู‡ ุงู„ู†ุงุฑ، ุฃู†ุชู… ุดู‡ุฏุงุก ุงู„ู„ู‡ ููŠ ุงู„ุฃุฑุถ. ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡ (ูฉูฅู ).

28- Dari Anas ra, dia berkata, “Para sahabat melewati jenazah, lalu mereka membicarakan kebaikannya. Lalu nabi saw bersabda, “Pasti”. Kemudian mereka melewati jenazah yang lain, dan mereka membicarakan kejelekannya, lalu Rasulullah saw bersabda, “Pasti”. Kemudian Umar Ibn Khattab ra bertanya, “Apa maksudnya pasti?”. Rasulullah saw menjawab, “Ini merupakan perkataan kalian tentang kebaikannya, maka pasti baginya surga. Dan ini adalah perkataan kalian terhadap kejelekannya, maka pasti baginya neraka. Kalian adalah para saksi Allah di muka bumi”. (Muttafaqun ‘alaih: 950). 

ูขูฉ- ูˆุนู† ุฃุจูŠ ุงู„ุฃุณูˆุฏ ู‚ุงู„ : ู‚ุฏู…ุช ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ ، ูุฌู„ุณุช ุฅู„ู‰ ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูู…ุฑุช ุจู‡ู… ุฌู†ุงุฒุฉ ูุฃุซู†ูŠ ุนู„ู‰ ุตุงุญุจู‡ุง ุฎูŠุฑุง ูู‚ุงู„ ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ : ูˆุฌุจุช. ุซู… ู…ุฑ ุจุฃุฎุฑู‰ ูุฃุซู†ูŠ ุนู„ู‰ ุตุงุญุจู‡ุง ุฎูŠุฑุง، ูู‚ุงู„ ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ : ูˆุฌุจุช. ุซู… ู…ุฑ ุจุงู„ุซุงู„ุซุฉ، ูุฃุซู†ูŠ ุนู„ู‰ ุตุงุญุจู‡ุง ุดุฑุง ูู‚ุงู„ : ูˆุฌุจุช. ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุงู„ุฃุณูˆุฏ : ูู‚ู„ุช ูˆู…ุง ูˆุฌุจุช ูŠุง ุฃู…ูŠุฑ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู†؟ ู‚ุงู„ : ู‚ู„ุช ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ุฃูŠู…ุง ู…ุณู„ู… ุดู‡ุฏ ู„ู‡ ุฃุฑุจุนุฉ ุจุฎูŠุฑ ุฃุฏุฎู„ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฌู†ุฉ. ูู‚ู„ู†ุง ูˆุซู„ุงุซุฉ ู‚ุงู„: ูˆุซู„ุงุซุฉ. ูู‚ู„ู†ุง ูˆุงุซู†ุงู† ู‚ุงู„: ูˆุงุซู†ุงู†. ุซู… ู„ู… ู†ุณุฃู„ู‡ ุนู† ุงู„ูˆุงุญุฏ. ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ (ูฉูฅูก).

29- Dari Abi al-Aswad dia berakata, “Aku datang ke Madinah, lalu aku duduk dengan Umar Ibn Khatab ra kemudian mereka dilewati jenazah. Lalu aku mengatakan kebaikan tentangnya, kemudian Umar berkata, “Pasti”. Lalu lewatlah jenazah lainnya dan aku berbicara tentang kebaikannya, lalu Umar berkata, “Pasti”. Lalu lewatlah jenazah yang ketiga, dan aku mengatakan kejelakan tentangnya, kemudian Umar berkata, “pasti”. Abu al-Aswad berkata:”aku lalu bertanya, apa maksud pasti wahai amirul mukminin?”. Dia menjawab: “aku berkata sebagaimana Rasulullah saw bersabda, “Setiap Muslim yang empat orang bersaksi kebaikan baginya, maka pasti Allah memasukannya ke dalam surga. Lalu aku bertanya, “Kalau tiga orang?”. Dia menjawab, “meski tiga orang”. Lalu aku berkata, “Kalu dua orang?”. Dia menjawab, “Meski dua orang”. Kemudian aku tidak bertanya jika satu orang saksi. (HR. Bukhari: 951). [dutaislam.com/ed]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB