Menjawab Fitnah NUGL Terhadap Habib Luthfi dan Kiai Said
Cari Berita

Advertisement

Menjawab Fitnah NUGL Terhadap Habib Luthfi dan Kiai Said

Selasa, 23 Januari 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

Oleh Lala

Dutaislam.com - Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Jumat, 19 Januari 2018, JATMAN bekerja sama dengan Yayasan Amanah Kita, Universitas Islam Asy-Syafiiyah Jakarta dan PBNU menggelar seminar internasional Tasawuf Imam Al-Ghazali. Seperti yang disebutkan oleh KH Ali M. Abdillah selaku sekretaris umum pelaksana sekaligus ketua MATAN PW DKI Jakarta, seminar ini membahasa tiga poin penting yaitu:

1. Pemikiran dan ajaran tasawuf Imam Al-Ghazali dan kontribusinya terhadap dunia islam;
2. Penyebaran ajaran dan pengaruh pemikiran Imam Al-Ghazali di berbagai belahan dunia; serta
3. Deklarasi dukungan para ulama tasawuf internasional dalam pembangunan makam Imam Al-Ghazali di Thus, Iran, yang kondisinya memprihatinkan.

Hadir sebagai pembicara, berbagai ulama tasawuf dan utusan kenegaraan dari pelbagai negara, antara lain Maroko, Amerika Serikat, Iran, dll. Tentu saja seminar ini juga dihadiri oleh ketua PBNU, KH Said Aqil Siradj serta Rais Aam JATMAN, Maulana wa Habibana Luthfi bin Yahya.

Para kiai dari pelbagai pondok pesantren, khususnya yang mengkaji karya Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin, turut diundang. Setelah peserta seminar "dibawa" untuk mengenal Imam Al-Ghazali pada sesi pertama, kemudian peserta diajak napak tilas penyebaran pengaruh Imam Al-Ghazali: bagaimana beliau dijuluki dengan berbagai julukan hebat di banyak belahan dunia, bagaimana pemikiran-pemikirannya menginspirasi peradaban Islam.

Terakhir, peserta diajak untuk 'menengok' keadaan makam Imam Al-Ghazali yang berada di Thus, Iran. Sungguh sayang, jikalau makam dari seorang ulama besar yang dijuluki Hujjatul Islam itu keadaannya tidak lebih dari sekedar padang rumput gersang beratap seadanya. Inilah yang terjadi, dan membuat ulama-ulama dari lintas negara dan lintas madzhab merasa terdorong untuk bersatu. Momen ini bukan hanya untuk mengenang jasa besar Imam Ghazali dalam membawa perdamaian dunia, tapi merupakan langkah konkrit untuk berterimakasih dengan memugar makam beliau.

Lantas, apa yang membuat jari-jemari sebagian orang yang mengaku-ngaku NU itu begitu entengnya menulis berita-berita provokasi, fitnah, dan hinaan tidak pantas kepada ulama-ulama kita? Apalagi di sana jelas-jelas hadir junjungan kita, yang sepenuh hidup beliau dedikasikan untuk agama dan NKRI, bahkan perdamaian global, Habibana Luthfi bin Yahya?

Tidakkah masih tersisa selembar rasa malu mengaku-ngaku NU yang paling lurus, yang paling benar, yang mengikuti Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, jika kepada Abah Habib Luthfi saja saat ini sudah hilang ta'dzim-nya.

Hadirnya perwakilan negara Iran dalam acara ini telah menjadi objek empuk yang 'digoreng' dan siap 'dijual' kepada orang-orang bermental sama: kagetan, ekstrimis, oportunis, dan.. (silahkan tambahkan sendiri).


Begitu banyak orang-orang yang terbawa provokasi, sebegitu hilang rasa hormatnya kepada ulama, berkat jari-jari lihai Anda, wahai admin NU garis -yang mengaku- lurus. Padahal negara Iran sendiri membawa perwakilan duta besarnya sebagai penyambung kerjasama ulama antarnegara dalam membangun makam Imam Al-Ghazali, serta seorang ulama Sunni-Syafii, Syaikh Fayegh Roustam.

Kami tegaskan kembali, ulama Sunni-Syafii. Meskipun secara resmi negara Iran adalah negara Syiah namun di sana, kedua aliran ini, sunni-syiah, hidup berdampingan, saling hormat dan memiliki kedekatan dalam corak kultural keagamaannya. Dua aliran ini juga sama-sama menghormati Imam Al-Ghazali, lalu apalagi yang ingin Anda 'goreng', wahai admin?

Habib Luthfi, KH Said Aqil Siradj, serta ulama-ulama nusantara yang gigih berjuang di Nahdlatul Ulama sudah sangat mafhum dengan hinaan, cacian, fitnah keji. Kehormatan beliau semua tidak akan berkurang hanya karena cacian makhluk.

Namun maafkanlah kami, para pecinta beliau, yang memilik begitu banyak amarah dan kekecewaan atas sikap-sikap tidak bertanggung jawab para penggoreng isu, para aktivis dan pengikut yang mengaku NU tapi garis lurus, bengkok, miring, atau apapun itu.

Sungguh, pembelaan-pembelaan yang kami sampaikan bukan untuk menyelamatkan kedudukan guru-guru kami. Karena kedudukan dan kehormatan beliau tidak perlu kami bela lagi, tidak akan berkurang karena cacian. Kami hanya bersuara, jika saja ada yang tergelitik dan tersadarkan, namun dibalik ini semua, hanya Allah pembolak-balik hati manusia.

Terakhir, kami ingin sampaikan satu kutipan dari junjungan kita, Maulana wa Habibana Ali al-Jufri, bahwa musuh Islam sesungguhnya adalah yang meyakinkan kita bahwa sunni-syiah itu bermusuhan. Mohon maaf atas segala khilaf. [dutaislam.com/ab]

Lala, kader Matan IPB, salah satu panitia seminar internasional Imam Al-Ghazali

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB