Ikhlas Menurut Al Ghazali: Ibarat Susu Murni, Lawannya Syirik
Cari Berita

Advertisement

Ikhlas Menurut Al Ghazali: Ibarat Susu Murni, Lawannya Syirik

Duta Islam #03
Sabtu, 13 Januari 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Foto: Istimewa
Dutaislam.Com - Keikhlasan menjadi salah satu elan vital dalam berbagai sendi perjalanan seorang hamba Allah. Diterima tidaknya sebuah amal ditakar berdasarkan keikhlasan megerjakan amal tersebut. Bagaimanakah sebenarnya konsep keihklasan?

Kitab monumental karya ulama sunni terkemuka Abu Hamid Muhammad al-Ghazali yakni Ihya’ Ulumuddin telah membahas masalah Ikhlas ini dengan begitu baik. Penjelasan mengajarkan hakikat keikhlasan dan artikulasinya dalam keseharian manusia. Berikut kutipan yang beliau sampaikan:

اعلم أن كل شىء يتصور أن يشوبه غيره فإذا صفا عن شوبه وخلص عنه سمى خالصا ويسمى الفعل المصفى المخلص إخلاصا قال الله تعالى من بين فرث ودم لبنا خالصا سائغا للشاربين فإنما خلوص اللبن أن لا يكون فيه شوب من الدم والفرث ومن كل ما يمكن أن يمتزج به

Begini kira-kira maksudnya:

“Ketahuilah bahwa segala sesuatu yang berbentuk, hendaknya benar-benar murni dari hal-hal lain yang dapat mencederai kemurnian bentuknya tersebut. Apabila sudah tidak ada sama sekali campuran (yang lain) dalam suatu bentuk, (dalam keadaan seperti ini) maka bentuk tersebut layak dinamai murni. Sedangkan dalam aspek aksi, pekerjaan yang benar-benar murni dinamakan ikhlas”.

Statement cerdas penuh keanggunan ini menjadi lambang prihal betapa tajamnya perspektif al-Ghazali dalam menyisir semak belukar mencari hakikat keikhlasan. Beliau memberikan analogi sederhana terkait hal ini dengan mengutip satu ayat dalam al-Quran yang berbicara mengenai “air susu yang murni”. Bahwa kemurnian air susu itu apabila tidak ada campuran darah dan kotoran atau lainnya sehingga kemurnian air susu itu tercemari. Lantas bagaimana penjelasan selanjutnya, mari kita ikuti kutipan berikut :

والإخلاص يضاده الإشراك فمن ليس مخلصا فهو مشرك إلا أن الشرك درجات فالإخلاص في التوحيد يضاده التشريك في الإلهية والشرك منه خفي ومنه جلي وكذا الإخلاص والإخلاص وضده يتواردان على القلب فمحله القلب وإنما يكون ذلك في القصود والنيات

“Ikhlas merupakan lawan dari syirik, maka ketika seorang sudah tidak termasuk dalam kategori mukhlis, maka secara otomatis dia adalah musyrik. Hanya saja syirik memiliki beberapa tingkatan. Ikhlas dalam disiplin Tauhid merupakan antonim dari perbuatan syirik (menyekutukan) Tuhan. Syirik ada yang samar ada pula yang terang-terangan. Begitupun halnya dengan ikhlas, baik ikhlas dan antonimnya  sama-sama berkelindan di dalam hati. Demikian pusat dari pada ikhlas adalah hati dan beroperasi melalui maksud dan niat”.

Demikian, keikhlasan adalah sebuah kondisi internal manusia yang tidak dapat kita ukur sejauh mana kadar kuantitasnya. Sebagaimana disebutkan di atas bahwa syirik adalah lawan dari ikhlas, menunjukkan bahwa taraf ikhlas adalah kebersihan secara total yang ada di dalam hati manusia. Kebersihan hati secara total ini kemudian akan membentuk sebuah perilaku imparsial dalam kehidupan. Hal ini diperoleh dengan kekuatan diri yang benar-benar mengantarkan seseorang kepada sikap stabil.

Jika sikap imparsial telah tertanam erat dalam kehidupan manusia, maka seseorang akan teguh pendirian dalam setiap sikapnya. Sikap Ikhlas ini menjadi bahan paling dasar untuk membentuk kepribadian seseorang yang teguh, seimbang dan proporsional dalam bersikap dalam kehidupan sehari-hari [dutaislam.com/pin]

Keterengan:
Diambil dari nukhatulistiwa.com. Mutiara sufi ini ditulis oleh Hasani Mubarok, Santri di Ponpes Al-Jihad sekaligus aktivis PMII Komisariat IAIN Pontianak. 


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB