Relasi Paradigmatik Bendera Rayah di Aksi Bela Palestina
Cari Berita

Advertisement

Relasi Paradigmatik Bendera Rayah di Aksi Bela Palestina

Duta Islam #03
Minggu, 17 Desember 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Bendera Liwa Rayah berkibar di aksi bela Palestina, Ahad (17/12/2017). Foto: detik.com
Oleh Ayik Heriansyah

DutasIslam.Com - Bendera adalah lambang yang bermakna tertentu sesuai pemahaman orang yang memegangnya. Makna satu bendera sangat beragam karena sebagai simbol makna bendera tergantung  kesepakatan sosial dan komunitas penggunanya.

Kehadiran bendera Rayah, bendera tauhid warna hitam pada Aksi Bela Palestina di Monas, Ahad (17/12/17) menggiring opini umum bahwa ada aktivis HTI di tengah-tengah massa. Bagi HTI ajang perkumpulan massa umat Islam sangat tepat untuk mengibarkan bendera Rayah yang dikontraskan dengan bendera merah putih. Dengan kata lain kibaran bendera Rayah bermakna seruan halus HTI kepada massa untuk menegakkan Khilafah ala HTI empunya bendera Rayah.

Kehadiran bendera Rayah di sejumlah aksi umat Islam bisa juga dimaknai bentuk ejekan HTI kepada penguasa. Diharapkan aparat negara dalam hal ini terprovokasi lalu mengambil tindakan merampas bendera Rayah kemudian dijadikan bahan oleh HTI untuk menyudutkan polisi dan penguasa secara umum di dunia maya dan media sosial. Idealnya terjadi insiden antara polisi dengan pemegang bendera Rayah.

Bagi umat Islam non HTI yang memegang bendera Rayah, bendera itu bermakna bendera persatuan, kesatuan dan solidaritas umat Islam sedunia tanpa memandang madzhab, ormas, bangsa dan negara. Bendera Rayah bagi mereka bermakna spiritual dan moral tanpa tendensi politik.

Kalangan pengusung demokrasi ada juga yang membawa bendera Rayah. Bagi mereka bendera Rayah simbol kebebasan berpendapat. Mereka tidak dalam konteks solidaritas umat Islam sedunia apalagi konteks memperjuangkan khilafah ala HTI.

Adapun bagi stasiun televisi, wartawan foto media massa elektronik, cetak dan online, bendera Rayah punya nilai berita untuk disajikan kepada publik. Karena kehadiran bendera Rayah di ruang publik seolah-olah mempertanyakan konsistensi pemerintah dalam membendung gerakan radikal yang mengancam eksiatensi NKRI dengan mendirikan khilafah yang sudah diketahui publik bahwa Rayah benderanya dan HTI pengusungnya.

Bendera Rayah yang berkibar di Aksi Bela Palestina yang dimotori MUI ini mengandung banyak makna. [dutaislam.com/pin]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB