7 Pesan Mbah Mahrus Lirboyo Agar Sukses Dunia dan Akhirat
Cari Berita

Advertisement

7 Pesan Mbah Mahrus Lirboyo Agar Sukses Dunia dan Akhirat

Senin, 06 November 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Mbah Mahrus Ali, Lirboyo
DutaIslam.Com - Mbah Mahrus sejak masih mondok, beliau terkenal sangat mempeng (tekun) dalam belajar. Oleh sebab itu tak berlebihan jika KH. Yasin Asmuni mengatakan bahwa Mbah Mahrus itu seperti seorang Syaarih (komentator kitab) ketika mengaji.

Keteladanan beliau hingga saat ini menjadi inspirasi para santri yang tak lekang oleh zaman. Berikut ini adalah pesan-pesan Mbah Mahrus yang dicatat oleh santri-santri beliau:

1- Orang ingin berhasil (sukses) itu kuncinya menghormati istri.

2- Apabila ingin hidup mulia hormati orang tua, khususnya ibu.

3- Ingat jikalau anda menjadi pemimpin, tolong hindari 2 masalah. Pertama, janganlah mata duitan. Kedua, jangan sampai tergoda wanita. Bila mampu bertahan dari dua hal ini insyaallah selamat.

4- Nabi Sulaiman itu berhasil dalam 90 tahun dan Nabi Nuh berhasil dalam waktu 900 tahun. Tapi di dalam Al Quran yang dinamakan ulul 'azmi yaitu Nabi Nuh. Ini menunjukkan
perjuangan di lihat dari kesusahan, bukan dari jumlah murid.

5- Orang yg memiliki ilmu sambil di riyadlohi dengan yang tak di riyadlohi itu akhirnya beda. Riyadloh yang paling penting yaitu istiqamah.

6- Aku dulu ketika di pondok tidak pernah membayangkan akan menjadi kiai, tidak pernah membayangkan bakal jadi orang kaya. Akhirnya jadi orang mulia seperti ini aku takut. Jangan-jangan bagian aku ini saja, diakhirat tidak dapat bagian apa-apa.

7- Ngajarlah ngaji !!! Apabila kelak anda tidak bisa makan, kethoken kupingku (potong telingaku).

Demikian pesan-pesan beliau, semoga kita dapat mengamalkannya. [dutaislam.com/ed]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB