Gelar SILATDA AyoMondok, RMI NU Jateng Akan Kumpulkan Berbagai Elemen Pesantren
Cari Berita

Advertisement

Gelar SILATDA AyoMondok, RMI NU Jateng Akan Kumpulkan Berbagai Elemen Pesantren

Duta Islam #02
Selasa, 10 Oktober 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Panitia SILATDA berkoordinasi di kantor PW RMI NU Jateng
DutaIslam.Com - Silaturahim daerah (Silatda) AyoMondok Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta akan digelar mulai 17-19 Oktober. Panitia yang terdiri dari Pengurus Wilayah Rabithah Ma’ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah, Gerakan AyoMondok Nasional dan Institut Agama Islam Negeri Surakarta bersama-sama mengumpulkan kiai muda, neng muda dan pengurus pesantren untuk membicarakan perkembangan pesantren terkini. Bertempat di kompleks IAIN Surakarta panitria mengangkat tema “Pesantren Pusat Pendidikan Karakter Nilai Luhur Bangsa dan Islam Moderat”.

Silatda perdana ini akan berisi rangkaian The International Seminar on Education, sarasehan pesantren, seminar pasar saham syariah, diskusi kelompok terarah, AyoMondok bershalawat, turnamen bulutangkis kiai muda dan berbagai musabaqah yang melibatkan pesantren-pesantren se-Jateng dan DIY. Berbagai narasumber mulai dari ketua Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyyah, Koordinator Gerakan AyoMondok Nasional, Menteri Agama, duta besar Mesir, Ketua Umum Pengurus Muhammadiyyah, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Rektor IAIN Surakarta dan narasumber lainnya.

Silatda kali ini juga akan mendiskusikan tema pesantren berbasis Perguruan Tinggi Islam, penguatan ekonomi pesantren, relasi pesantren dan media, pesantren dan bela negara, penguatan madrasah diniyyah, pesantren dan ketahanan budaya lokal, dan peran sosial ulama perempuan. Tujuh tema yang masuk dalam diskusi kelompok terarah ini hasilnya akan diajukkan kepada pihak-pihak terkait sebagai rekomendasi atas silatda. Diskusi akan didampingi oleh PW RMI NU Jateng, Gerakan AyoMondok Nasional dan dosen dari IAIN Surakarta agar hasil yang dirancang solutif dan aplikatif.

“Baru pertama kali ini kami bekerjasama dengan pesantren secara kelembagaan. Akan tetapi dengan awal yang bagus ini kami berharap di tahun mendatang kerjasama ini akan terlaksana dengan lebih baik lagi” ungkap Wakil Rektor I IAIN Surakarta; Dr. H. Abdul Matin, Lc., MA. Senin (09/10/2017).

Melihat bahwa pesantren selain mempunyai fungsi edukasi (pendidikan), religius (keagamaan) dan rehabilitasi (pemulihan) harus menjawab beberapa permasalahan yang ada, di tengah ketidak aturan pergaulan di era globalisasi. Diskusi dan pembicaraan perkembangan pesantren kekiniaan menjadi penting untuk digelar. Disisi yang lain meningkatnya kuantitas masyarakat kelas menengah yang menginginkan putra-putrinya mendapatkan pendidikan agama yang baik. Gerakan AyoMondok menjadi jawaban penting untuk menguatkan kepercayaan masyarakat tersebut.

“Moment Silatda kali ini sebagai ungkapan rasa syukur kami atas Hari Santri Nasional (Hasan) 2017. Selain itu, memperingati dan merayakan Hasan juga menguatkan pesantren dimasa mendatang”, papar sekretaris PW RMI NU Jateng; Dr. KH. Abu Choir, MA. [dutaislam.com/tim humas/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB