Dua Poin Sikap GP ANSOR Soal Pembubaran Seminar Pelurusan Sejarah 1965/1966 di Gedung LBH Jakarta
Cari Berita

Advertisement

Dua Poin Sikap GP ANSOR Soal Pembubaran Seminar Pelurusan Sejarah 1965/1966 di Gedung LBH Jakarta

Duta Islam #03
Senin, 18 September 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Sekretaris Jenderal PP GP Ansor Abdul Rochman. Foto: Aktual

DutaIslam.Com – Peritiwa penolakan serta pembubaran kegiatan seminar Pelurusan Sejarah 1965/66 yang rencananya digelar Sabtu-Minggu, 16-17/09/2017 di gedung Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jl. Diponegoro 74, PP GP ikut menyatakan sikap.

Berikut dua poin sikap GP ANSOR sebagaimana dilansir dari ansor.id:

1. PP GP Ansor menghargai dan menjunjung tinggi hak setiap warga negara untuk melakukan diskusi dan kajian atas sejarah peristiwa 1965/66; bahkan mendorong dilakukannya pengkajian yang mendalam dan komprehensif pengungkapan kasus PKI sejak 1948 secara terang benderang.

2. PP GP Ansor dalam kesempatan ini juga menyampaikan agar sesama anak bangsa memperkuat soliditas untuk menghadapi bahaya paham-paham yang merongrong NKRI, Pancasila dan kebhinekaan.

Pernyataan sikap disampaikan Sekretaris Jenderal PP GP Ansor Abdul Rochman

Sebagaimana diketahui, Polda Metro Jaya membubarkan kegiatan seminar di Gedung LBH Jakarta pada Sabtu (16/9). Polisi berdalih, seminar tersebut dilarang diselenggarakan lantaran tidak mempunyai izin. Pembubaran dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan.
Sebagaimana diberitakan kompas.com, pengacara publik LBH Jakarta Yunita menilai polisi mengingkari kesepakatan yang telah dibuat dengan memaksa membubarkan acara.

Menurut Yunita, awalnya forum '65 memang berniat untuk menggelar diskusi sejarah tahun 1965-1966. Tetapi kemudian muncul hoaks, bahwa diskusi itu adalah penyebaran paham PKI.

"Sudah diklarifikasi juga oleh pihak kepolisian bahwa ini bukan diskusi yang dimaksud. Kemarin polisi juga sudah sepakat diskusi bisa dilanjutkan. Eh sekarang malah membatalkan keputusan mereka kemarin, agar diskusi ditunda," ungkapnya. [dutaislam.com/pin]

Sumber: NU Online, Ansor Id

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB