Dibalik Penghentian Film G30S Katanya Ada Jenderal Loh
Cari Berita

Advertisement

Dibalik Penghentian Film G30S Katanya Ada Jenderal Loh

Duta Islam #03
Kamis, 21 September 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Ilustrasi: Tempo.co

DutaIslam.Com -  Masih ingatkah Anda kapan terakhir kali menyaksikan pemutaran film ‘Pengkhianatan G30S’? Film berdurasi 4 jam yang wajib disiarkan saban malam tanggal 30 September itu tak lagi tayang di televisi mulai tahun 1998.

Kata Sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Asvi Warman Adam, cerita di balik distopnya penyiaran film yang mendiskreditkan PKI itu karena ada permintaan dari Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara Republik Indonesia (PP AURI). Tokoh dari angkatan udara saat itu, Marsekal Udara Saleh Basarah menelepon Menteri Pendidikan Juwono Sudarsono dan Menteri Penerangan Yunus Yosfiah.

”Pak Saleh minta supaya film itu tidak diputar lagi,” kata Asvi sebagaimana dilansir Tempo, Kamis, (27/09 2012) silam.

Asvi juga bicara alasanya. Mengapa? Karena sejumlah anggota TNI Angkatan Udara menilai film tersebut mendiskreditkan pangkalan AURI di Halim Perdanakusumah. Halim PK dianggap sebagai sarang PKI.

Tak hanya Asvi, mantan Menteri Pendidikan Juwono Sudarsono saat itu membenarkan bahwa adanya hubungan per telepon dengan Saleh Basarah. Saleh Basarah menghubungi Juwono sekitar Juni-Juli 1998. Permintaan pemberhentian film  ‘Pengkhianatan G30S’ saat itu disampaikan secara lisan.

Menteri Penerangan saat itu Yunus Yosfiah saat itu juga mengatakan bahwa pemutaran film yang bernuansa pengkultusan tokoh, seperti film Pengkhianatan G30S/PKI, Janur Kuning, Serangan Fajar tidak sesuai lagi dengan dinamika reformasi.

"Karena itu, tanggal 30 September mendatang TVRI dan TV swasta tidak akan menayangkan lagi film Pengkhianatan G30S/PKI," ujar Yunus seperti dikutip dari Kompas edisi 24 September 1998.

Kemudian sebagai gantinya, kata Yunus, Departemen Penerangan bekerja sama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mempersiapkan sebuah film yang terdiri dari tiga episode. Film berjudul Bukan Sekadar Kenangan itu disutradarai Tatiek Mulyati Sihombing. [dutaislam.com/pin]


Sumber: Tempo, Dibalik Cerita di Balik Penghentian Pemutaran Film G30S

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB