Mengapa Kita Diperintahkan Shalat Gerhana? Ini Hikmahnya
Cari Berita

Advertisement

Mengapa Kita Diperintahkan Shalat Gerhana? Ini Hikmahnya

Duta Islam #02
Selasa, 08 Agustus 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Foto: detik.com 
DutaIslam.Com - Umat muslim diperintahkan untuk melaksanakan shalat Gerhana ketika melihat gerhana, baik itu gerhana matahari maupun bulan. Sebagaimana yang terekam dalam hadist riwayat Bukhari no. 1047 yakni:

"Jika kalian melihat gerhana tersebut (matahari atau bulan), maka bersegeralah untuk melaksanakan shalat,bertakbir,bertasbeh dan bersedekah".

Dalam hadist tersebut, terkandung suatu perintah untuk melaksanakan shalat apabila melihat gerhana. Menurut Imam Ahmad, bagi setiap muslim ketika melihat gerhana, wajib untuk melaksanakan shalat gerhana. Sedangkan menurut Imam Syafi'i adalah sunnah muakkadah.

Pernahkah dibenak atau dipikiran kita, mengapa Allah dan Rasul-Nya memerintahkan untuk shalat ketika melihat gerhana? Apakah hanya semata ritual semata?

Atau ada rahasia ilmiah dibalik kejadian gerhana? Tentu dalam setiap perintah Allah dan Rasul-Nya, pastilah ada hikmah yang terkandung. Sebab, Islam adalah ajaran yang sangat bisa diterima dengan logika.

Lalu apa hikmah dibalik shalat gerhana? 
Gravitasi newton pada saat dua massa atau lebih dengan memiliki massa dan memiliki jarak tertentu, maka antar benda tersebut akan mengalami gaya gravitasi yang besarnya berbanding terbalik dengan jarak kuadratnya
(F = Gmm/r kuadrat).
Massa yang besar cenderung akan menarik massa yang lebih kecil ukurannya.

Bagaimana jika gerhana? ya, akan memiliki gaya gravitasi yang besar dan besar pula gaya tarik antar bumi, bulan dan matahari. Dan kemungkinan besar akan terjadi gaya saling tarik-menarik dan tumbukan antara bumi, bulan dan matahari.

Lantas apa resiko dari gaya tarik menarik antara matahari, bumi, dan bulan? 
Pertama, memungkinkan terjadinya gempa bumi. Sebab gaya tarik menarik yang terjadi bisa mengakibatkan pergeseran tanah. Pergeseran tanah inilah sebab terjadinya gempa bumi.

Kedua, memungkinkan terjadinya gunung berapi meletus. Karena gaya tarik menarik dapat memicu aktifitas magma yang berada di perut bumi.

Subhanallah ..Sungguh dahsyat sekali fenomena gerhana. Sebab itulah kita diperintahkan untuk shalat gerhana. Karena dalam shalat kita berdoa, berdzikir, bertahmid, rukuk, sujud, dan bersyukur.

Kita mengakui segala kelemahan kita sebagai makhluk-Nya. Karena itu, hanya kepada-Nya kita meminta pertolongan. Karena hanya Allah SWT, yang memiliki kuasa atas alam semesta ini. Kalau bukan karena pertolongannya, fenomena yang baru saja terjadi, bisa jadi adalah hari akhir semesta ini. Sebab pertolongan-Nya kita selamat dari kemungkinan terjadinya gunung berapi meletus.

Karena kemurahan-Nyalah, kita bisa selamat dari kemungkinan terjadinya bencana gempa bumi. Hanyalah sebuah lisan berucap syukur atas semua karunia, rahmat, serta pertolongan-Nya atas segala kelemahan kita dalam renungan shalat. [dutaislam.com/gg].

Repost by Kholid Ar-rifa'ie

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB