Ustadz Abdul Somad Gagal Paham Soal Pancasila
Cari Berita

Advertisement

Ustadz Abdul Somad Gagal Paham Soal Pancasila

Jumat, 21 Juli 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Telah beredar di medsos, video komentar ustadz Abdul Somad mengenai pembubaran HTI. Dalam video yang berdurasi sekitar satu setengah menit itu, Abdul Somad gagal memahami pancasila. Pasalnya, menurut penjelasan Abdul Somad dalam video itu, pancasila hanya berke-Tuhanan. Ia tidak menyebut sila-sila yang lain.

"Ormas Islam yang dibubarkan itu yang anti pancasila. Definisi anti pancasila itu apa? Anti Tuhan. Pancasila itu Tuhan. Ketuhanan yang maha Esa. Maka semua yang ber-Tuhan tidak boleh dibubarkan," katanya dalam video tersebut.

Kalau dipikir, pernyataan Abdul Somad tersebut "rancu". Ia mengatakan, semua yang ber-Tuhan tidak boleh dibubarkan. Tapi perhatikanlah ucapannya: "Ormas Islam yang dibubarkan itu yang anti pancasila". Kok tidak menyebut ormas kafir ya? Bukankah kalau ada "Islam"nya jelas ber-Tuhan? Nyambung?

Ustadz yang katanya ahli hadis itu, sama sekali tidak menjelaskan sila kedua sampai kelima pancasila. Padahal sebagaimana dipahami, sila-sila tersebut memuat unsur demokrasi, cinta tanah air, dan ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Dan ternyata, Abdul Somad juga pernah memberikan fatwa sesat. Menurutnya, di antara ribuan ulama NU, hanya ada tiga orang yang dianggap layak untuk diikuti fatwanya, yaitu KH Luthfi Bashori, KH Idrus Ramli dan Buya Yahya. Selengkapnya: Ustadz Ini Beri Fatwa Sesat Kalau Ikut NU Suruh ke Luthfi Bashori, Idrus Ramli dan Buya Yahya

Mengenai komentar Abdul Somad di atas, anda bisa nonton langsung di sini:
[dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB