Tangkal Thogut Radikal, MTs Al-Inaarah Batang Wajibkan Ngaji Kitab Kuning
Cari Berita

Advertisement

Tangkal Thogut Radikal, MTs Al-Inaarah Batang Wajibkan Ngaji Kitab Kuning

Rabu, 24 Mei 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
KH. Adib Rofiudin Izza, Mustasyar PBNU memotong pita di gerbang utama Gedung Ponpes, Al-Inaaroh 
DutaIslam.Com - Masyarakat Indonesia akhir-akhir ini menyaksikan sebagian kelompok Islam yang ingin menggantikan dasar Negara. Mereka ingin mengganti ideologi negara ke sistem khilafah. Mereka mengganggap bahwa pancasila, UUD, adalah sistem kafir dan thogut. Pemahaman ini muncul karena pemahaman keagamaan yang tekstual, dan kaku, serta mengarah pada radikalisme dan fundamentalisme.

Radikalisme dan fundamentalisme agama tidak sesuai dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, karena Indonesia adalah negara yang terdiri dari suku, ras, budaya dan agama yang plural.

KH. Muhammad Luthfi, pengasuh pondok pesantren-Mts al-Inaaroh menyatakan, pendidikan dan pesantren adalah media paling efektif untuk menanamkan paham keagamaan yang moderat. Karena ketika dasar itu sudah kuat, makan mereka tidak gampang untuk goyah ke pemahaman yang ekstrim.

"Pendidikan dan pesantren adalah kawah candradimuka dalam membentuk insan-insan yang moderat, dan mampu berpikir jernih," katanya, di sela-sela pembukaan Ponpes dan MTs al-Inaaroh, Ahad (21/05/2017).

Menurutnya, pesantren melalui kajian kitab kuningnya telah mengajarkan santri-santri yang terbiasa dengan perbedaan pendapat, mereka biasa disuguhkan dengan khilafiyah dalam fiqh. Sehingga tanpa sadar, perbedaan adalah keniscayaan yang telah menjadi tradisi mereka. Ketika terjun di masyarakat umum, mereka dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, hingga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pesantren melalui kitab kuningnya adalah laborat pemikiran moderat, sudah menjadi kebiasaan santri ketika di pesantren berselisih pendapat dalam masalah hukum. Dalam konteks bernegara santri sudah final, NKRI adalah sebuah kesepakatan bulat ulama dan founding father,” tegasnya.

Program Kitab Kuning dan Bahasa Jawa
MTs Al-Inaaroh yang terletah di desa Brayo, Wonotunggal, Batang, didirikan untuk ikut berperan dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, melalui program unggulan kitab kuning dan bahasa jawa diharapkan akan mencetak cendekiawan muslim yang moderat dan santun.

Humas Al-Inaaroh, Ubbadul Adzkiya’, menyatakan kitab kuning akan mengantarkan siswa menjadi insan mampu mempelajari Islam dengan mendalam melalui kitab-kitab klasik khazanah ulama. Sehingga dengan kajian yang mendalam mereka tidak terjebak dalam radikalisme dan fundamentalisme.

Dengan bahasa, akan menjadikan siswa-siswa yang santun, dapat menghormati orang yang lebih tua, dan mampu menjaga tradisi warisan nenek moyang.

"Kitab kuning adalah benteng pemahaman agama yang radikal dan fundamental, dan bahasa jawa adalah cara mendidik untuk menjadi masyarakat yang santun. Jangan sampai orang jawa hilang jawanya," tandas Humas Al-Inaaroh.
 
Acara pembukaan Pondok Pesantren Al-Inaaroh, Ahad kemarin, dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat Muspika, MWC NU kecamatan Wonotunggal, dan ditutup dengan mauidhoh hasanah oleh KH. Adib Rofiudin Izza (Mustasyar PBNU), dilanjutkan pembukaan secara simbolis dengan bedug dan potong pita. [dutaislam.com/ab]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB