Hari Ini (19 April 2017), 64 Tahun Lalu KH Wahid Hasyim Wafat dalam Kecelakaan
Cari Berita

Advertisement

Hari Ini (19 April 2017), 64 Tahun Lalu KH Wahid Hasyim Wafat dalam Kecelakaan

Rabu, 19 April 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - KH. A. Wachid Hasyim dikenal karena nasionalismenya. Beliau berjasa besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan pembangunan umat Islam setelah kemerdekaan. Beliau pula yang memodernisasi kurikulum pendidikan di pesantren.

Pada Sabtu, 18 April 1953, KH. A. Wachid Hasyim meluncur ke Sumedang untuk mengikuti rapat Nahdlatul Ulama (NU). Gus Dur kecil ikut bersama ayahnya di dalam mobil Chevrolet.

Di daerah Cimindi, jalan antara Cimahi dan Bandung, cuaca hujan dengan kabut yang mengganggu pandangan. Terjadilah kecelakaan maut itu. Mobilnya selip, sopir tak mampu menguasai mobil hingga membentur bak belakang truk.

Saking kerasnya tabrakan, tubuh KH. A. Wachid Hasyim terlempar keluar. Pertolongan datang sangat terlambat. Ambulans baru datang pukul 16.00 WIB, sekitar tiga jam setelah kecelakaan.

KH. A. Wachid Hasyim sempat dibawa ke rumah sakit. Sayang, nyawanya tak tertolong. Keesokan harinya dia meninggal, dalam usia 38 tahun. Berakhirlah jejak emas pengabdiannya untuk negara ini dan dunia Islam.

Ahad, 19 April 1953, 64 tahun lalu pada tanggal yang sama, KH. Abdul Wachid Hasyim telah wafat meninggalkan kita semua. Namun putranya, Gus Dur kecil, selamat dari kecelakaan itu. Kelak Gus Dur lah yang melanjutkan perjuangan ayahandanya, menjadi presiden Indonesia keempat.

Khusûshon ilâ arwâhi KH. M. Hasyim Asy'ari, KH. A. Wachid Hasyim wa KH. Abdurrahman Wahid, lahum-ul fâtihah. [dutaislam.com/ed]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB