10 Tahun Menemani KH Hasyim Muzadi Jadi Ketum PBNU, Luas dan Luwes Bergaul
Cari Berita

Advertisement

10 Tahun Menemani KH Hasyim Muzadi Jadi Ketum PBNU, Luas dan Luwes Bergaul

Kamis, 16 Maret 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Makam KH Hasyim Muzadi di Depok
KH Said Aqil Siroj

DutaIslam.Com - Inna lillahi wa inna ilayhi raaji'un. Nahdliyyin sangat kehilangan salah satu tokoh terbaiknya, KH Ahmad Hasyim Muzadi, yang berpulang pada pagi ini. Beliau adalah sosok panutan yang telah banyak meninggalkan uswah hasanah.

Dedikasinya untuk Nahdlatul Ulama sangat luar biasa dan tidak pernah surut. Kiai Hasyim merupakan sosok tokoh NU, yang berkhidmah sejak dari tingkat ranting hingga Pengurus Besar. Kematangan organisasi, pengabdian sekaligus kepemimpinan beliau tidak diragukan lagi.

Saya menyaksikan sendiri bagaimana kiprah dan dedikasi beliau ketika mengayomi umat, mendampingi warga nahdliyyin dan mengurus Nahdlatul Ulama. Kiai Hasyim, bagi saya tidak sekedar sosok pemimpin, tapi menjadi sahabat yang baik.

Saya sepuluh tahun mendampingi beliau, ketika berkhidmat sebagai Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Ketika itu, Kiai Hasyim menjadi Ketua Umum Nahdlatul Ulama. Terlebih lagi beliau meneruskan tongkat estafet kepemimpinan NU dari Gus Dur, itu bukan perkara mudah, namun dapat beliau lalui dan jalankan dengan baik.

Semasa beliau, banyak perbaikan dan pengembangan di Nahdlatul Ulama. Pada masa kepemimpinan beliau, saya sering bertugas untuk mewakili beliau, khususnya di negara-negara Timur Tengah.

Pergaulan beliau sangat luas dan luwes. Kiai Hasyim bukan hanya milik nahdliyyin saja, namun juga aset bangsa ini, bahkan dunia. Ulama dari berbagai negara mengenal baik Kiai Hasyim karena diplomasinya membawa misi NU.

Sampai sekarang, saya masih ingat betul teladan, gagasan dan tindakan beliau semasa menjadi Ketua Umum PBNU. Ingatan itu masih terasa jelas, betapa hubungan dengan beliau tidak sekedar interaksi organisasi, namun persahabatan yang tulus dan pengabdian ikhlas untuk negeri ini.

Atas nama PBNU dan nahdliyyin saya turut berduka cita dan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya Kiai Hasyim, juga menyampaikan penghargaannyang setinggi-tingginya atas jasa-jasa beliau selama ini.

Semoga beliau mendapatkan maghfirah dan lempang jalan cahaya menuju Allah Swt. #IndonesiaBerduka. [dutaislam.com/ab]

Said Aqil Siroj, Ketua Umum PBNU

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB