Misteri Pemilihan Pilkada yang Selalu Digelar Pada Hari Rabu
Cari Berita

Advertisement

Misteri Pemilihan Pilkada yang Selalu Digelar Pada Hari Rabu

Selasa, 14 Februari 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

Oleh Hasan Ismaili

DutaIslam.Com - Besok, Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak digelar, tepatnya pada hari Rabu, 15 Februari 2017. Kenapa harus Rabu?

Saya kembali ingat ketika Pilpres 2014 yang ternyata juga jatuh pada Hari Rabu, 9 Juli 2014. Begitu pula Pilpres 2009. Pada pilkada 2015 lalu juga jatuh pada hari Rabu, 9 Desember 2015. Ada apa dengan hari rabu??

Saya sedikit ingat waktu masih ngaji di pesantren, kalau tidak salah, dalam Kitab Ta'lim Muta'alim, ada anjuran untuk memulai sesuatu pada hari rabu agar diberi kesempurnaan. Kurang lebih teksnya seperti ini

كان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين رحمه الله يوقف بداية السبق على يوم الأربعاء، وكان يروى فى ذلك حديثا ويستدل به ويقول: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من شيئ بدئ يوم الأربعاء إلا وقد تم

Artinya: Guru kita Syaikhul Islam Burhanuddin memulai belajar tepat pada Hari Rabu. Dalam hal ini, beliau telah meriwayatkan sebuah hadits sebagai dalil, kata beliau, Rasulullah Saw bersabda "Tiada lain bahwa segala sesuatu yang dimulai pada hari rabu, kecuali akan menjadi sempurna."

وهكذا كان يفعل أبى. وكان يروى هذا الحديث عن أستاذه الشيخ الإمام الأجل قوام الدين أحمد بن عبد الرشيد رحمه الله

Artinya: Dan seperti ini pula yang dikerjakan Abu Hanifah. Mengenai hadits di atas, beliau juga meriwayatkan dari guru beliau Syaikhul Imam Qawamuddin Ahmad bin Abdur Rasyid.

وسمعت ممن أثق به، أن الشيخ يوسف الهمذانى رحمه الله، كان يوقف كل عمل من الخير على يوم الأربعاء.

Artinya: Saya mendengar dari orang kepercayaanku, bahwa Syekh Abu Yusuf Al-Hamdani juga menepatkan semua perbuatan bagus pada hari rabu.

وهذا لأن يوم الأربعاء يوم خلق فيه النور، وهو يوم نحس فى حق الكفار فيكون مباركا للمؤمنين.

Artinya: Demikianlah, karena pada Hari Rabu itu Allah menciptakan cahaya, dan hari itu pula merupakan hari sial bagi orang kafir yang berarti bagi orang mukmin adalah hari yang berkah.

Jadi intinya, semoga apapun tujuan dilaksanakannya pemilu pada hari Rabu, semoga Indonesia selalu diberikan pemimpin yang amanah, baik hati, pengertian, sayang dan suka menabung (dilarang baper). 

Jangan lupa nanti pilih saya Untuk Indonesia Bahagia. Bukti foto Pemilu 2014 Hari Rabu bisa Anda lihat di link Google Docs di bawah ini. Salam Indonesia Raya. [dutaislam.com/ab]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB