Innalillahi, Mbah Umar Syahid (Murid Syeikh Mahfudz Termas), Wafat
Cari Berita

Advertisement

Innalillahi, Mbah Umar Syahid (Murid Syeikh Mahfudz Termas), Wafat

Kamis, 05 Januari 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
KH Umar Syahid, murid Syeikh Mahfidz Termas
DutaIslam.Com - Keluarga besar Pondok Tremas Berduka. Umat Muslim Indonesia kembali ditinggalkan oleh salah satu ulama sepuhnya, simbah KH. Umar Syahid (Mbah Umar Tumbuh). Beliau adalah santri sepuh Pondok Tremas, wafat sowan ila hadratillah malam ini pukul 22.50 WIB di RSUD Pacitan, Jawa Timur, Rabu (4/01/2017) malam dalam usia 114 tahun. Innalilahi wa inna ilailaihi rojiun.

"Gamane wong urip iku ono loro: ilmu lan taqwa/bekal untuk orang hidup itu ada dua, yaitu ilmu dan taqwa". Begitulah pesan Mbah Umar Syahid yang selalu disampaikan. (Baca: Sejarah Kelam Sekte Wahabi)

Beliau merupakan ulama' sepuh berusia panjang yang sangat dihormati di kalangan warga NU, utamanya di Pacitan, Jawa Timur. Ulama yang lebih mendahulukan kepentingan umat daripada dirinya sendiri sangat disegani karena tidak pernah mengejar kenikmatan dunia.

Kalau sowan ke ndalem beliau, para tamu senantiasa diminta untuk makan nasi dan lauk pauk yang memang selalu disiapkan oleh keluarga atas kehendak Mbah Umar.

Saat jamaah menjenguk beliau ke rumah sakit, ada sedikit rona kesedihan dari wajahnya, sebelum beliau kembali cerah. Dalam sakitnya, beliau minta maaf kepada seluruh penjenguk, karena tidak bisa menyuguhkan nasi sebagaimana yang dilakukan ketika berada di rumah. Dalam sakitnya pun, beliau tidak lepas memikirkan kondisi bangsa ini. Ada semacam kesedihan yang mendalam ketika beliau merasakan keberadaan bangsa ini yang tak kunjung menjadi baik.

Kaum Muslimin menyebut atau menggelari beliau sebagai salah satu kiai yang loman. Di saat orang-orang berebut memperoleh timbunan-timbunan harta dunia, beliau malah berbuat sebaliknya. Tanpa merasa ragu, tanahnya dihibahkan kepada Dinas Pendidikan Pacitan untuk dibangun gedung sekolah.

Beberapa hal yang juga mengagumkan adalah sikap istiqomah beliau dalam khidmat sekaligus sikap tawadhu' beliau terhadap guru dan pondok pesantren. Kami pernah mendengar beliau menyampaikan, "aku iki kur buntut, sirahe iku Tremas" (saya ini cuma ekor, kepalanya ituTremas) maksudnya adalah Syeikh Mahfud At-Turmusi. Selain itu, cintanya kepada NU dan shalawat juga luar biasa .

Setiap kali Jam'iyah Nahdhatul Ulama' atau pesantren mengadakan acara shalawatan, maka beliau tidak pernah absen. Beliau selalu rawuh. Meskipun jarak tempuh dari ndalem beliau sangat jauh dan dengan usia beliau sudah semakin sepuh, tentu kekuatan fisiknya pun telah berkurang. Namun itu tak menjadi penghalang bagi beliau.

Kini, beliau telah kembali ke sang pemilik keabadian. Semoga Allah SWT menempatkan beliau ditempat yang paling indah disisiNYA. Aamiin. Lahul Al-Faatihah! [dutaislam.com/ ab/ canu_jatim]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB