Berlantai Tanah dengan Dinding dan Atap Tidak Genap, SD NU Papua Ini Harus Anda Bantu
Cari Berita

Advertisement

Berlantai Tanah dengan Dinding dan Atap Tidak Genap, SD NU Papua Ini Harus Anda Bantu

Senin, 23 Januari 2017
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Kondisi SD Al-Ma'arif, Maibo, Papua
Oleh Cak Usma

DutaIslam.Com - Adalah bernama Sekolah Dasar (SD) Al-Ma'arif 1. Ya, dari nama saja, SD ini jelas bernaung di bawah lembaga NU, LP Ma'arif NU. Entah sudah teregistrasi di Ma'arif pusat atau belum, saya tidak tahu. Yang jelas, SD di kampung Maibo ini didirikan dan dikelola oleh aktifis NU setempat.

Jum'at sore kemarin, 20 Januari 2017, bersama beberapa teman yang peduli pada anak-anak Papua, saya bertemu dengan dua gurunya, Bapak Kaida dan Bapak Usman (berjaket Sarkub, di bawah ini). Keduanya tengah sibuk membenahi dinding belakang bangunan ketika kami datang.

Pak Kaida (baju putih, paling kiri) dan Pak Usman (paling kanan)
Bangunan berukuran kurang-lebih 10x3 meter ini adalah bangunan darurat. Dibagi tiga ruangan untuk dua kelas di masing-masing ruangan. Maklum, bangunan sekolah mereka belum juga bisa dimulai pembangunannya. Entah kapan. Padahal anak-anak harus sudah bersekolah. "Terlebih anak-anak kelas enam kan mau ujian," kata Pak Usman yang putrinya kebetulan duduk di kelas enam.

Perlu diketahui, semenjak suku Kokoda "bedol desa" dari lahan milik Petro Cina dan menempati perumahan yang sekarang, masjid dan sekolah belum berdiri. Untuk masjid sudah dalam proses pembangunan permanen, yang dilakukan oleh salah satu yayasan. Tak tanggung-tanggung, anggarannya konon 3 M. Tapi untuk sekolah masih dalam rencana yang belum jelas. Karena itulah dua guru yang juga penduduk setempat situ berinisiatif membangun gedung sebisanya. Semampunya.

Sore itu, niat saya datang ke Kampung Maibo sebenarnya adalah hendak melihat perkembangan masjid darurat yang tengah dibangun. Setelah saya lihat, ternyata belum jadi juga. Saya ingin silaturahim ke rumah pak Kaida. Di depan rumahnya, saya melihat bangunan yang baru berdiri. Itulah sekolah darurat yang sempat beliau ceritakan pada saya ketika bertemu di Kurwato dua hari lalu.

Akhirnya, kepada bapak Kaida dan bapak Usman, saya beranikan diri memohon ijin untuk meminjam bangunan sekolah di waktu sore hari. Setelah diijinkan, saya pun mohon bantuan lagi kepada keduanya, juga kepada bapak Sudin Simurut (kepala kampung) supaya memberitahu anak-anak kalau mulai besok Ahad (22 Januari 2017) sore, mereka kembali mengaji. Alhamdulillah, beliau-beliau menyambut baik dan antusias.

Cara menyalurkan bantuan ke PPM Aswaja
Di ujung pemukiman ketika hendak pulang, saya berpapasan dengan Adelia, belia harapan bangsa. "Kau mau mengaji lagi tidak?" Kepalanya mengangguk-angguk sambil wajah senyum-senyum.

"Mulai besok hari minggu kita mengaji lagi. Mau tidak?"

"Bustamin rumahnya di belakang. Saya panggil dulu pak ustadz."

"Tak usah. Tolong kau kasih tau aja," cegah saya waktu dia hendak beranjak.

Setelah saya kasih tahu tempat mengajinya di sekolah SD mereka, anak itu pergi lari meninggalkan wajah ceria yang hingga malam ini (ketika menulis) masih membekas di ingatan saya. Meski bertempat di bangunan sekolah yang dinding dan atapnya tidak genap, juga berlantaikan tanah, saya yakin mereka tetap bisa semangat. Sebab, kelihatannya mereka sudah terbiasa senafas dengan kondisi yang demikian.

Akan tetapi, sebagai sesama warga Indonesia dan NU yang menyaksikan keadaan mereka, saya sangat miris juga malu. Tapi apa daya saya belum mampu berbuat apa-apa untuk mereka. Saya dan teman-teman dari PPM Aswaja masih fokus pada pembangunan Asrama dan TPA di Kurwato yang notabene juga masih ada hubungan keluarga dengan mereka. 

Sementara teman-teman yang peduli pada anak-anak Papua yang bersama saya sore itu sedang fokus pembangunan yang sama di Usili yang juga masih suku Kokoda juga.

Meski demikian, kami tidak akan tinggal diam. Setelah Kurwato dan Usili usai, insyaAllah kami akan sebisanya dan semampunya berbuat sesuatu untuk mereka. Untuk kampung Maibo yang penduduknya 100% muslim sejak berabad-abad lamanya, meski disebut-sebut sebagai "Desa Mu'allaf" di jagad maya. Suku Kokoda adalah muslimin warga Nahdliyin dan bagian dari ragam kekayaan Indonesia.

Oh, Adelia! Betapa beruntungnya anak-anak seusiamu di luar sana. Tapi tenang, Adelia, kami tetap fokus membantu kamu dan teman-temanmu meski kami belum mampu dalam wujud materi dan mungkin jauh dari harapan orang-orang desamu. [dutaislam.com/ ab]

Cak Usma, Ketua PPM Aswaja

Source: Hari Usmayadi

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB