Habis (Gelap) Minimart 212, Terbitlah (Terang) "NU Expo 2112" di Surabaya
Cari Berita

Advertisement

Habis (Gelap) Minimart 212, Terbitlah (Terang) "NU Expo 2112" di Surabaya

Rabu, 21 Desember 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
NU Expo
DutaIslam.Com - Jika alumni Aksi Bela Islam (Abis) 212 bersemangat mendirikan minimarket 212, akibat dilecehkan atas terbitnya pengumuman Sar'i Roti, maka, hampir dalam waktu yang bersamaan, NU juga mengadakan kegiatan untuk mengembangkan aktivitas ekonomi rakyat yang melibatkan ratusan pengusaha muslim, dan santri. 

Pada 21-24 Desember 2016, Lembaga Perekonomian Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LP-PBNU) menyelenggarakan NU Expo 2016, bertempat di JX Internasional Surabaya. (Baca juga: Pengangguran Menjebak Orang Jadi Radikal)

Hal ini sangat dibutuhkan mengingat kontestasi ekonomi saat ini, membutuhkan prasyarat sumber daya, jaringan pasar dan produk yang lebih berkualitas, bukan hanya halal dan bukan hanya karena dorongan ingin menang dari lawan politik. Ini karena perkembangan ekonomi global terus bergerak dalam kontestasi yang bukan hanya didorong oleh simbol agama atau sentimen kelompok. 

Di Asia Tenggara, berlakunya AFTA (Asean Free Trade Area) membuat kompetisi ekonomi semakin ketat. Meski ada peluang untuk pertumbuhan ekonomi, warga kecil yang bergerak di level ekonomi rakyat dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Atas itulah, agenda NU Expo ini sengaja melibatkan pengusaha dari pesantren, komunitas santri dan jaringan usaha dari swasta maupun pemerintah (BUMN) untuk meningkatkan kualitas pengusaha dari pesantren, memperluas jaringan distribusi, serta meningkatkan kualitas-kreatifitas produk.

Ketua Umum PBNU, Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, mengungkapkan NU Expo menjadi agenda penting untuk memberdayakan pengusaha-pengusaha dari kalangan pesantren. Selain itu, NU Expo juga mendukung para pelaku usaha dari lapisan rakyat kecil, terutama dari jaringan UMKM.

"NU Expo diselenggarakan untuk memberdayakan warga kecil, meningkatkan usaha rakyat. Karena, kita ini ada keseimbangan ekonomi, ada pemerataan kesejahteraan," terang Kiai Said.

Dalam keterangannya kepada media, Kiai Said menegaskan PBNU mendukung para pengusaha-pengusaha dari pesantren, sekaligus jaringan pelaku usaha dari lapisan rakyat kecil. [dutaislam.com/ ab].

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB