Tips Agar Semangat Beribadah di Hari Arafah
Cari Berita

Advertisement

Tips Agar Semangat Beribadah di Hari Arafah

Sabtu, 10 September 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Tips agar semangat beribadah di hari Arafah ini (Ahad, 9 Dzulhijjah 1437H / 11 September 2016 M) bisa Anda lakukan mulai malam menjelang esoknya puasa Arafah. Ini hanya berupa jadwal yang mempermudah Anda dan kita semua bisa melaksanakan keutaman Arafah sebagaimana diperintahkan oleh Nabi Muhammad, junjungan besar kita. Baca juga: Niat Puasa Arafah dan Keutamaannya.

Baca juga:
  1. Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
  2. Keutamaan Hari Arafah

Berikut Tips Agar Semangat beribadah di hari Arafah, mulai malam tanggal 8 hingga malam tanggal 9 Dzulhijjah. Jika ingin belajar tata cara sholat Idul Adha, yang dilaksanakan sehari setelahnya, Klik Tata Cara Sholat Idul Adha.  

1. Tidurlah lebih awal di malam Arafah untuk saving energy, persiapan ibadah penuh pada Allah SWT.

2. Bangun sebelum subuh. Makan sahur secukupnya sambil berniat puasa Arafah.

3. Lakukan shalat Tahajjud minimal 4 rakaat. Berdoa dikala sujud untuk kebaikanmu dunia-akhirat. Jangan lupa teteskan air mata. Kalau ngga bisa, paksain aja nangis. Moga Rahmat & Ampunan Allah SWT turun untuk mu di malam itu. Tutup tahajjudmu dengan shalat witir.

4. Jelang subuh manfaatkan waktu tersebut dengan beristigfar sehingga engkau termasuk golongan orang yang beristigfar dikala sahur (وبالأسحار هم يستغفرون)

5. Siap-siap shalat subuh. Menjelang azan, gunakan sejenak untuk muhasabatunnafsi (introspeksi diri). Ambil wudhu dan rasakan ketika itu dosa-dosa mu gugur satu per satu bersama tetesan akhir air wudhu Anda.

6. Jangan lupa baca doa setelah wudhu.  

7. Sholat subuh berjama’ah. Bayangkan jika itu adalah shalat terakhir Anda.

8. Lalu duduk bersila, teruskan dengan berzikir. Awali zikir Anda dengan takbir.

9. Setelah itu, lanjutkan dengan tasbih, tahmid, tahlil, istigfar dan seterusnya, juga baca dzikir pagi hingga masuk waktu syuruq (90 menit setelah subuh).

10. Setelah berlalu 15 menit pasca syuruq shalat lah 2 rakaat agar ibadah pagi itu tercatat sama pahalanya dengan haji dan umrah. Jangan sekali-kali engkau sia-siakan kesempatan itu.

11. Setelah itu, boleh pilih; istrahat atau gunakan seluruh kesempatan itu untuk berzikir, tilawah qur’an, sholawat dan berdoa.

12. Atau tidur satu jam dengan niat saving energy untuk ibadah selanjutnya.

13. Bangun tidur langsung berwudhu dan shalat dhuha minimal 4 rakaat. Lakukan variasi ibadah untuk menghindari kejenuhan.

14. Shalat Dhuhur berjama’ah. Lalu bertakbir, bertasbih dan baca Al-Qur’an.

15. Jika memungkinkan, akses internet, buka program yang menyiarkan live khutbah Arafah. Simak pesan-pesan khutbahnya. Ikrarkan diri tahun ini adalah tahun penerapan pesan-pesan Ilahi seutuhnya dalam kehidupan mu sehari-hari.

16. Shalat Ashar berjama’ah, sambung dengan takbir dan azkar sore.

17. Baca Al-Qur’an hingga menjelang satu jam sebelum Maghrib. Lalu mulailah berdoa dengan khusyuk. Coba bayangkan sedang berdiri di hadapan Allah Rabbul ‘izzati wal jalal. Jangan lupa mendoakan saudara-saudari muslim yang teraniaya, terzhalimi diluar sana, dimanapun mereka berada.

18. Berdoa juga pada Allah agar sebelum matahari terbenam kita terbebas dari siksa neraka.

19. Semoga kita mendapatkan taufik, hidayah dan inayah dari Allah dalam menjalankan tips-tips ibadah dan ketaatan di Hari Arafah. Dan mudah-mudahan juga Allah yang Pengasih dan Penyayang menerima segala usaha, amal shaleh dan permohonan kita semua.

20. Ketika adzan Magrib berkumandang, pastikan langsung ta’jil buka puasa. Ingat, doa orang berpuasa tidak pernah ditolak oleh Allah SWT.

21. Jangan lupa reminder family dan karib-kerabat serta orang-orang yang kita cintai dengan amalan agung ini. Syurga terlalu luas kalau hanya kita masuki seorang diri.

Hanya sekali dalam setahun. Ibadah ini juga rutin dilakukan para sahabat yang tidak mampu atau berhalangan pergi haji. Sebarkan ini agar kerabat dan sahabat sama-sama menyambut Hari Arafah dengan penuh keutamaan. [dutaislam.com/ ab]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB