Dawuh-Dawuh Mbah Liem Tentang Hidup dan Bernegara NKRI Pancasila
Cari Berita

Advertisement

Dawuh-Dawuh Mbah Liem Tentang Hidup dan Bernegara NKRI Pancasila

Senin, 19 September 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Dalam cerita para santri baik dari santri 5 atau yang disebut sebagai Pendowo Limo, maupun dari cerita santri senior yang lain seperti  KH Muhaimin Yogyakarta dan dari apa yang sedikit saya saksikan sejak akhir tahun 2008 hingga wafatnya beliau, Mbah Liem memang tidak pernah membacakan sebuah kitab kepada para santrinya. 

Beliau langsung mengajarkan dengan ilmu hal atau memberi contoh langsung. Di antara ajaran-ajaran Mbah Liem tersebut adalah:

1. Nguwongke Uwong, Gawe Legane Uwong. 
Mbah Liem selalu menghargai dan menerima setiap orang dengan segala potensi dan niat baiknya. Kalau pun kita tidak membutuhkan, mungkin manfaatnya bisa dirasakan keluarga, tetangga atau msyarakat kita. Contohnya setiap kali ada tamu, baik pejabat maupun tokoh yang lain, Mbah Liem selalu menyambut dengan hangat siapapun orangnya dan Mbah Lim tidak lupa memberikan ruang interaksi untuk mendekatkan pejabat/tokoh dengan masyarakat.

2. 3 T: Titi – Tatak – Tutuk. 
Mbah Liem mengajarkan, saat melaksanakan setiap tugas dalam hidup haruslah titi (cermat, teliti dan selektif), tatak (legowo, sabar), sehingga tutuk (sampai, selesai dengan hasil yang memuaskan).

3. 3 K: Kuli – Kiai – Komando. 
Setiap santri haruslah mampu memerankan diri sebagai kuli (siap bekerja keras), kiai (siap mengamalkan ilmu dan berdoa), komando (siap menjadi pemimpin yang piwai mengambil keputusan, bijak serta berwibawa).

4. Kita harus Tegak, Tegas dan Tegar selama benar.  
Setiap melaksanakan kebenaran kita harus tegak (penuh keyakinan, tidak goyah oleh pengaruh apapun), tegar ( tak kenal kompromi terhadap pelanggaran aturan ), tegar (ikhlas, sabar).

5. 3 R: Rampung bangunane – Rame jama’ahe – Rukun masyarakate.
Dalam mendirikan sarana apapun ada 3 hal yang harus diupayakan yakni "Rampung bangunane" (bisa terwujud), Rame jama’ahe (berfungsi dan dibutuhkan para pemangku kepentingan), Rukun masyarakate (menjadi sumber kedamaian dan perekat persatuan)

6. Aja Mung Benteng Ulama, ning Nahnu Anshorullah, Masyriq-maghrib 
Di samping peranya sebagai Benteng Ulama, Banser seharusnya mampu menjalankan peran yang lebih luas di seluruh permukaan bumi, dalam bingkai “ Nahnu Anshorulloh”.

[No  1 – 6 penulis kutip dari kalender].

7. 3 S:  Sholat – Sinau – Sungkem. 
Maksudnya  "sholat" seorang santri harus tekun beribadah, prihatin dan berdoa. “Sinau" santri harus belajar terus menerus. "Sungkem" santri harus mempunyai akhlak yang mulia, tahu sopan santun, tawadhu pada kyai/guru.

8. 2 B: Berhasil – Berkah. 
Dalam mencapai cita-cita/usaha harus mempunyai komitmen yang kuat agar tercapai yang diinginkan, "Berkah" setiap cita – cita/ usaha harus dimulai dengan niat ibadah (niat baik) agar mendapat keberkahan dari Allah SWT.

[No 7 – 8 sumber dari Umi Hasanah Santri pertama MA Al Muttaqien Pancasila Sakti]

9. Dadi uwong ki ojo gur mangan terus tapi yo Ngising barang (Jadi orang itu jangan hanya makan aja tapi ya buang air besar juga). 
Kita tidak boleh hanya melulu mencari harta terus tapi kita juga harus rajin bersedekah. (sumber dari Umi Hasanah dari Hj Siti Choiriyah putri pertama Mbah Liem).

Selanjutnya saya tulis juga tiga kebiasaan Mbah Liem.
1. Setiap bertemu dengan orang lain, di manapun selalu mendo’akan dengan uluk salam "Assalamu’alaikum!"

2. Dalam perjalanan setiap kali bertemu dengan makam dan sungai, beliau selalu membaca Fatihah kepada ahli kubur dan Fatihah kepada Nabiyullah Khidzir AS.

3. Jika berpapasan dengan pelajar/mahasiswa, beliau selalu mendoakan “Sholeh, Sholehah Penerus”.
Selain itu penulis mendengar pemaparan pak Haji Danun (santri/sopir mbah Liem) setiap mau berangkat perjalanan silaturrahmi ke manapun Mbah Liem selalu berkata “niate silaturrahmi, ngubengi RI untuk mendoakan NKRI Pancasila agar AMD (Aman, Makmur, Damai). dan di dalam mobil Mbah Liem selalu mengajak dzikir, sholawat di sepanjang perjalanan. [dutaislam.com/ ed]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB