Kisah Mbah Wahab Hasbullah Tentang 1000 Bidadari Surga
Cari Berita

Advertisement

Kisah Mbah Wahab Hasbullah Tentang 1000 Bidadari Surga

Jumat, 12 Agustus 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Saat ngaji Hikam Senin (8/8/2016), pengasuh Pesantren Al-Muhibbin Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, KH Jamaludin Ahmad, bercerita bahwa kelak di surga setiap pria diberi seribu bidadari yang selalu perawan. Ini juga beliau ceritakan saat kilatan kitab Hikayat Ramadan tahun lalu.

Di masa senjanya, Mbah Wahab kehilangan penglihatan karena diabetes. Meski demikian beliau tetep ngaji kitab. Termasuk ngaji usai salat Jumat di masjid induk. Pengajian ini diikuti umum. Menantunya bertugas membacakan kitabnya, lalu Mbah Wahab menerangkan.

Kiai Jamal berkisah, dulu, Mbah Wahab juga pernah dapat pertanyaan soal ini. Suatu hari, peserta pengajian yang bernama Nawawi bertanya. Berikut kira-kira dialog yang terjadi. 

Nawawi: Mbah, apa benar nanti di surga dapat jatah seribu bidadari?

Mbah Wahab: Benar, Wi.

Nawawi: Apa kuat Mbah?

Mbah Wahab: Kalau di dunia, bojo sewu, yo gak kober celonoan, Wi (saat itu listrik baru masuk Tambakberas). Nanti di surga itu seperti saklar ngene iki lho Wi. Dipitek siji, lampu kabeh nyala. (Kalau di dunia, seribu istri, ya tidak sempat pakai celana, Wi (saat itu listrik baru masuk Tambakberas). Nanti di surga itu seperti saklar begini, Wi, satu kali pencet, semua lampu menyala).

Nawawi: Nopo bener widodari niku perawan terus? (Apa benar semua bidadari itu perawan terus?)

Mbah Wahab: Bener. Besok nango kali brantas Wi, gowo watu gede. Cemplungno nang kali Brantas.
Kiro-kiro kaline mbukak opo ora Wi? (Betul, besok ke sungai Brantas yah, bawa batu yang gede. Tenggelamkan batu itu ke sungai. Kira-kira air sungainya terbuka tidak?) 

Nawawi: Mbukak, Mbah. (Terbuka, Mbah)

Mbah Wahab: Enek bekase opo ora Wi? (Ada bekasnya atau tidak?)

Nawawi: Mboten Mbah

Mbah Wahab: Nang suwargo jenenge widodari yo koyok ngunu Wi (Di surga, namanya bidadari ya kayak begitu Wi). [dutaislam.com/ ed]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB