Dialog KH Bisri Mustofa dengan Fulan Anti Manaqib dan Anti Tawassul
Cari Berita

Advertisement

Dialog KH Bisri Mustofa dengan Fulan Anti Manaqib dan Anti Tawassul

Senin, 08 Agustus 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Bacaan manaqib sering disebut bid'ah dan khurafat oleh kelompok anti manaqib. Mereka menyebut kalau manfaat manaqib dan bahkan tata cara manaqib tidak pernah diajarkan oleh nabi. Mereka ini tidak tahu pengertian manaqib, yang sebetulnya hanya mengisahkan (manaqib) para wali. Berikut ini adalah dialog antara KH Bisri Mustofa dan Laki-Laki Anti Manaqib.

Fulan Anti Manaqib: Bagaimana hukumnya baca manaqib?

KH Bisri Mustofa: mengertikah saudara arti kata-kata manaqib? Kata-kata manaqib itu adalah bentuk jamak dari mufrod manqobah, yang di antara artinya adalah cerita kebaikan amal dan akhlak perangai terpuji seseorang.

Jadi membaca manaqib artinya membaca cerita kebaikan amal dan akhlak terpujinya seseorang. Oleh sebab itu, kata-kata manaqib hanya khusus bagi orang-orang baik mulia: Manaqib Sayyidina Umar bin Khattab, manaqib Ali bin Abi Tholib, manaqib Syeikh Abdul Qodir al-Jilani, manaqib Sunan Bonang dan lain sebagainya.

Tidak boleh dan tidak benar kalau ada orang berkata manaqib Abu Jahal, manaqib DN. Aidit dan lain sebagainya. Kalau demikian artinya pada manaqib, apakah saudara masih tetap menanyakan hukum membaca manaqib?

Fulan Anti Manaqib: Betul, tetapi cerita di dalam manaqib Syeikh Abdul Qodir al-Jilani itu terlalu berlebih-lebihan, sehingga tidak masuk akal. Misalkan kantong berisi dinar diperas lalu keluar menjadi darah, tulang-tulang ayam yang berserakan, diperintah berdiri lalu bisa berdiri menjadi ayam jantan.

KH Bisri Mustofa: Kalau saudara melanjutkan cerita-cerita yang tidak masuk akal, sebaiknya jangan hanya berhenti sampai ceritanya Syeikh Abdul Qodir al-Jilani saja, tetapi teruskanlah. Misanya cerita tentang sahabat Umar bn Khattab berkirim surat kepada sungai Nil, Sahabat umar bin Khattab memberi komando dari Madinah kepada prajurut-prajurit yang sedang bertempur di tempat yang jauh dari Madinah.

Cerita tentang Isra’ Mi’raj, cerita tentang tongkat menjadi ular, cerita gunung yang pecah, kemudian keluar dari unta yang besar dan sedang bunting tua, cerita tentang nabi Allah Isa menghidupkan orang yang sudah mati. Dan masih banyak lagi yang semuanya itu sama sekali tidak masuk akal.

Fulan Anti Manaqib: Kalau keluar dari Nabi Allah itu sudah memang mukjizat, padahal Abdul Qodir al-Jilani itu bukan Nabi, apa bisa menimbulkan hal-hal yang tidak masuk akal?

KH Bisri Mustofa: Baik Nabi Allah ataupun Syekh Abdul Qadir Al-Jailani atau sahabat Umar bin Khattab, semuanya itu masing-masing tidak bisa menimbulkan hal-hal yang tidak masuk akal. Tetapi, kalau Allah Ta’ala membuatnya bisa, apakah saudara dapat menghalanginya?”

Fulan Anti Manaqib: Apakah selain Nabi Allah juga mempunyai mukjizat?

KH Bisri Mustofa: Hal-hal yang menyimpang atau keluar dari adat (kebiasaan) itu jikalau keluar dari Nabi Allah, maka disebut mukjizat, dan kalau keluar dari wali Allah disebut karomah.

Fulan Anti Manaqib: Apakah dalil yang menunjukkan bahwa selain Nabi Allah dapat membuatnya bisa (mampu) menimbulkan hal-hal yang menyimpang dari adat atau tidak masuk akal?

KH Bisri Mustofa: Silakan saudara baca cerita dalam Al-Quran tentang sahabat Nabi Allah Sulaiman yang dibuat menjadi bisa oleh Allah untuk memindahkan Arsy Balqis dalam QS An-Naml [27]: 40:

قَالَ الَّذِى عِنْدَهُ عِلْمٌ مِنَ الكِتَابِ أَنَا آتِيِكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ. فَلَمَّا رَآهُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهُ قَالَ هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّى لِيَبْلُوَنِى أَأَشْكُرُ اَمْ أَكْفُرُ. وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّى غَنِيٌّ كَرِيْمٌ

Artinya: "Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al-Kitab : ‘Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip.’ Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, ia pun berkata: ‘Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mencobaku, apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan Nikmat-Ku). Dan barangsiapa yang bersyukur,maka sesungguhnya ia bersyukur untuk (kebaikan) diri sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Mahakaya lagi Mahamulia."

Fulan Anti Manaqib: Tetapi, di dalam Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani ada juga kata-kata memanggil kepada ruh yang suci atau kepada wali-wali yang telah mati untuk dimintai pertolongan, apakah itu tak menjadikan musyrik?

KH Bisri Mustofa: Memanggil-manggil untuk dimintai bantuan, baik kepada wali yang telah mati atau kepada bapak-ibu Saudara yang masih hidup dengan penuh i'tikad bahwa pribadi wali atau pribadi bapak-ibu Saudara itu memiliki kekuasaan untuk dapat memberi pertolongan yang terlepas dari kekuasaan Allah Ta’ala, maka itu hukumnya syirik!

Namun, bila dengan i'tikad bahwa segala sesuatu adalah dari Allah Ta’ala, maka itu tidak ada halangannya, apalagi telah jelas bahwa kita meminta pertolongan (ghauts) kepada para wali itu maksudnya minta dimohonkan kepada Allah Ta’ala.

Fulan Anti Manaqib: Manakah yang lebih baik, berdoa kepada Allah secara langsung atau dengan perantara (tawasul)?

KH Bisri Mustofa: Langsung boleh, dengan perantara pun boleh. Sebab, Allah Ta’ala Maha Mengetahui dan Maha Mendengar. Saudara jangan mengira bahwa tawasul kepada Allah melalui nabi-nabi, wali-wali itu sama dengan saudara memohon kenaikan pangkat kepada atasan dengan perantara kepala kantor atau atasan Anda.

Pengertian tawasul yangg begitu itu tidak benar. Sebab itu berarti mengalihkan pandangan terhadap yang ditujukan (pihak atasan), beralih kepada pihak perantara, sehingga di samping mempunyai kepercayaan terhadap kekuasaan pihak atasan, saudara juga percaya kepada kekuasaan pihak perantara. Tawasul kepada Allah tidak seperti itu!

Bila saudara mau contoh tawasul kepada Allah Ta’ala melalui nabi-nabi dan wali-wali  itu, seperti orang sedang membaca Al-Qur’an dengan memakai kacamata. Orang itu tetap memandang Al-Qur’an dan tidak dapat dikatakan melihat kaca.”

Fulan Anti Manaqib: Bukankah Allah Ta’ala berfirman dalam al Quran al Karim

وَقَالَ رَبُّكُمْ أُدْعُونِى أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya: "Panggillah aku maka akan Aku sambut kepadamu". (Al Mukmin: 60)

فَادْعُوا اللهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيِنَ

Artinya: "Maka sambutlah olehmu akan Allah ta’ala dengan memurnikan kepadanya akan agama". (Al Mukmin: 24)

وَالَّذِيْنَ لاَيَدْعُونَ مَعَ اللهِ إِلَهًا أَخَرَ

Artinya: "Dan orang-orang yang tidak menyambut bersama Allah akan tuhan yang lain". (Al Furqon: 68)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat serupa itu.

KH Bisri Mustofa: Betul. Tetapi semuanya itu sama sekali tidak melarang kita bertawasul dengan pengertian sebagaimana yang telah saya terangkan tadi. Coba perhatikan contoh cerita berikut ini.

Saudara mempunyai seorang majikan yang kaya-raya, yang memiliki perusahaan besar. Saudara sudah sangat kenal baik dengan beliau, bahkan Anda termasuk pekerja yang paling dekat dengannya. Lalu, saya ingin diterima bekerja di perusahaannya. Untuk melamar pekerjaan itu, Anda (sebagai guru saya) saya ajak menghadap kepadanya bersama-sama, dan saya berkata,

"Bapak pimpinan perusahaan yang mulia, kedatangan saya bersama guru saya ini, ada maksud yang ingin saya sampaikan, yaitu mohon diterima menjadi pekerja di perusahaan Bapak. Saya ajak guru saya menghadap Bapak karena saya pandang guru saya ini adalah orang baik hati dan
jujur, serta juga kenal baik dengan Bapak."

Coba perhatikan, kepada siapa saya memohon? Kemudian adakah gunanya saya mengajak saudara menghadap majikan itu?

Misalnya, ada dua orang pengemis. Pengemis pertama datang sendirian. Sedangkan pengemis kedua datang dengan membawa kedua anaknya yang masih kecil-kecil. Anak yang satu masih menyusu dan anak yang satunya lagi baru bisa berjalan.

Di antara kedua pengemis itu, mana yang lebih mendapat perhatian Saudara? Saudara tentu akan menjawab, pengemis kedua yang membawa anak-anak itu yang lebih diperhatikan bukan? Kalau begitu, apakah ada gunanya pengemis itu membawa anak-anak yang masih kecil? Kepada siapa pengemis itu meminta? Apa pengemis itu meminta kepada anak-anaknya yang masih kecil dan menyusu ibunya itu? Tentu tidak bukan? [dutaislam.com/ab]

Keterangan:
Dialog antara KH Bisri Mustofa (ayahanda Gus Mus) dengan laki-laki (Fulan) anti manaqib di atas dikutip dari Buku "Wirid-wirid Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Rahasia Amalan- Amalan untuk Meraih Cinta Sejati," oleh Ust. M. Syukron Maksum.

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB