Kisah Bayi yang Menyusu Ibunya di Dalam Kubur
Cari Berita

Advertisement

Kisah Bayi yang Menyusu Ibunya di Dalam Kubur

Minggu, 26 Juni 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Di antara nasehat habib Luthfi bin Yahya setelah melantunkan dzikir thoriqoh bersama-sama dalam jalsah Kliwonan bulan Ramadan 2016 ini adalah mengurai pentingnya tawakal. Diantaranya disebutkan bahwa ihtiyar itu berfungsi untuk menambah kenyakinan semata, bukan sebaliknya. Dalam QS. Ath-Thalaq: 1-2, Allah Swt berfirman:

ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب ومن يتوكل على الله فهو حسبه.

Artinya: "Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya."(QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Lalu beliau menceritakan tentang peristiwa unik di masa lalu yang dialami oleh seorang waliyullah bernana Imam Malik bin Dinar ra dengan seorang hamba sholeh bernama Abdullah Basyri.

Suatu saat, karena permasalahan ekonomi yang di terpanya, Abdullah Basyri hijrah ke luar kota sebagai bentuk ihtiar untuk memberbaiki rizki pada diri dan keluarganya. Dengan tawakkal kepada Allah Swt, dan memasrahkan diri serta keluarga kepada-Nya, dia meminta izin kepada istrinya yang tengah hamil tua

Beberapa saat kemudian, ia pun pulang dengan rizki yang melimpah di tangannya, bersama rombongan kafilah dari negeri jiran dia tiba. Tapi ketika dia pulang ke rumah dan hendak menemui sang istri tercinta beserta anaknya,  ternyata mereka telah tiada dan meninggal dunia. Tetesan air mata yang akhirnya dia terima dari ibu istrinya itu, saat menjemput kedatangannya.

Lalu diapun segera pergi ke pusara sang istri tercinta. Tapi anehnya, setiap kali dia berziarah, di sana selalu mendengar suara tangisan bayi dari kuburnya. Terus didengar suara itu olehnya hingga didengar pula oleh semua orang yang berada di sekitar makam tersebut.

Muncul tanda tanya dalam hati Abdullah Basyri; Suara siapakah itu? Apakah itu suara anaknya? Tapi masa iya? Atau suara orang lain. (Baca: 10 Doa Agar Anak Menjadi Sholeh)

Hingga akhirnya datanglah Imam Malik bin Dinar ra dan beliau berkata kepadanya, "Sudah tiga kali baginda Nabi saw datang kepadaku, beliau menitipkan salam untukmu dan memerintahkan kepadamu untuk segera mengambil anakmu di dalam kubur yang masih hidup bersama ibunya,"

Maka diapun segera pergi ke makamnya, lalu menggalinya dan subhanallah, benar apa yang dikatakan oleh Imam Malik bin Dinar. Sang bayi masih hidup dalam posisi menetek (menyusu). Jasad sang ibu telah mati namun air susu masih segar, laksana menyusu kepada orang yang masih hidup. Itulah bukti dari firman Allah Swt yang berbunyi:

ومن يتوكل على الله فهو حسبه.

Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. (Ath-Thalaq : 3). Wallahu A'lam. [dutaislam.com/ ed]

Source: Ngaji Kliwonan Bersama Maulana Habib Luthfi bin Yahya  di Kanzus Sholawat Pekalongan, malam 19 Ramadhan 1437/ 24 Juni 2016 M. 

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB