Jika Banser Hanya Jaga Gereja, Nusaibah Justru Muslim Pertama yang Memegang Kunci Gereja
Cari Berita

Advertisement

Jika Banser Hanya Jaga Gereja, Nusaibah Justru Muslim Pertama yang Memegang Kunci Gereja

Kamis, 12 Mei 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Ketika natal dan paskah tiba, Banser NU siap dengan pakaian rapihnya menuju gereja untuk mengamankan Gereja. Hal ini sudah berlangsung lama, Banser  turun untuk melindungi gereja ketika perayaan hari besar Kristen. Tak hayal, di Indonesia ini dianggap nyeleneh, “Islam ko jagain gereja.” Maka Banser menjadi bulan-bulanan NU Garis Lurus dan Jonru, dan menuduh jika Banser itu liberal.

Mereka tidak membaca sejarah, bahwa ada yang lebih dari Banser, yaitu keluarga Nusaibah. 
Semenjak Umar bin Khattab menaklukkan Yerusalem, Umar menjanjikan bahwa warga Kristen aman dan darah mereka dilindungi, tempat ibadah mereka tidak diganggu dan tidak dijadikan masjid.

Bahkan ketika Uskup Sophronius menawarkan shalat di gereja makam suci, Umar menolak dengan alasan takut diubah kaum muslimin menjadi masjid. Akhirnya, Uskup menyerahkan kunci gereja makam suci ditangan Umar, dan Umar langsung menyerahkan kepada Abdullah bin Nusaibah al-Maziniyya dari suku al-Khazraj.

Akhirnya dari keluarga Nusaibah lah, kunci gereja makam suci dipegang dari zaman Umar bin Khattab sampai sekarang. 

Hal ini berguna, karena sekte Kristen banyak, dan mereka saling mengklaim, gereja itu punya mereka, sehingga jika sekte Kristen memegang kunci itu maka bisa jadi sekte Kristen yang lainnya tidak boleh masuk. Keluarga Nusaibahlah yang menjadi penengah sehingga semua sekte Kristen bisa beribadah di sana. 

Bahkan ketika Paskah, keluarga Nusaibah menerima Api Kudus dan keluarga Nusaibah membawa api kudus itu ke para jemaat di gereja makam suci, hal ini sudah berlangsung ratusan tahun.

Dari fakta ini, Banser bukanlah apa-apa dibanding keluarga Nusaibah. Banser hanya menjaga gereja ketika perayaan hari besar umat Kristen, anggota Banser tidak ada yang menjadi pemegang kunci gereja, bahkan Banser tidak pernah menerima api kudus dalam liturgi.

Keluarga Nusaibah melebihi Banser, dan ini sudah dilakukan sejak abad ke-7 sampai abad ke-21. Apakah NU Garis Lurus dan Jonru akan menyebut keluarga Nusaibah liberal dan sesat? [dutaislam.com/ luqman]

Source: IslamRamah.Com
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB