Lomba Menulis Artikel Kemajemukan 2016
Cari Berita

Advertisement

Lomba Menulis Artikel Kemajemukan 2016

Jumat, 19 Februari 2016
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
DutaIslam.com - Apa yang istimewa dari lomba menulis artikel? Bukan hadiahnya, tapi gagasannya. Lebih istimewa lagi jika datangnya ide tersebut dari kalangan remaja. Bagaimana remaja bicara kemajemukan, solusi mereka ditunggu pembaca.

Itulah alasan Lembaga Ta’lif wan Nashr (LTN) Pengurus Cabang Nahdaltul Ulama (PCNU) mengadakan lomba menulis artikel bertema: “Rahmat Kemajemukan Itu Nyata”. Ini bagian dari rangkaian kegiatan harlah 93 NU yang diadakan PCNU Jepara.

lomba menulis esai se jepara

Lomba menulis di atas, sebagaimana dalam rilis, terbuka bagi siswa MA, SMA, MAK, SMK dan khususnya para santri di wilayah Kabupaten Jepara, dengan batasan usia 16-19 tahun. Pengiriman penulis per lembaga dibatasi cukup 2 delegasi.  

Lalu, apa saja kriteria naskah yang layak diikutsertakan? Tidak perlu panjang untuk menyampaikan ide. Peserta hanya diminta menulis antara 5000 – 7000 karakter. Sekitar tiga halaman A4. Bagi yang hobi menulis, itu bukan perkara sulit tentunya. Apalagi cara mengirimkan naskahnya hanya dengan submit lampiran ke email [email protected]. Bisa juga langsung diantar dalam bentuk print out ke redaksi www.nujepara.or.id, Jl. Pemuda 51, Jepara Kota 59412.

Yang perlu dicatat, konten naskah harus karangan penulis. Bukan saduran, terjemah, atau copy edit serta tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis. “Kami akan cek keaslian naskah dengan tool yang kami miliki. Orisinalitas ide jadi harga mahal buat kami,” ujar panitia, Azaz Riyadi, dari PC LTN NU Jepara.

Menurut Azaz, penilaian bukan hanya dari aspek karangan. Empat puluh persen kualitas konten tulisan, akan dinilai oleh juri lomba dari kecakapan penulis mempresentasikan idenya, 23 Maret 2016. Akan ada 10 peserta terbaik diundang panitia hadir mempertanggungjawabkan karyanya. Tiga naskah teratas akan mendapatkan uang pembinaan dan trofi dari LTN.

Selanjutnya, naskah-naskah yang layak baca akan dikumpulkan dalam buku kompilasi yang diterbitkan LTN Jepara, dan, naskah inti terpilih akan dimuat di Koran Harian Suara Merdeka. Ini sebagai bentuk penghargaan mulia bagi para penulis yang naskahnya tidak lolos juara. Menarik bukan?

Segera cari masalah yang layak tulis, ambil laptop, ketik hingga 7000 karakter. Jangan sampai terlambat. Panitia hanya menolelir keterlambatan mengirim naskah hingga 17 Maret 2016. Info lengkapnya langsung kunjungi www.nujepara.or.id. Atau, jika ada yang masih kurang jelas, call by phone saja ke 085640033625 (Syaiful Mustaqim). Harap dicatat, keputusan dewan Juri tak bisa diprotes dan disidangkan. [dutaislam.com/ab]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB