Iklan

Iklan

,

Iklan

Wahabi dan Dalil Shahih Dzikir Berjama'ah

3 Des 2015, 01:40 WIB Ter-Updated 2015-12-02T18:40:09Z

Wahabi Salafi Dengan simbol "Penegak Sunah" melarang Dzikir Berjamaah dan Juga Melarang Menggunakan Tasbih dgn berhujjah dgn Atsar Mengatas Namakan Ibnu Mas'ud.

Padahal atsar tersebut telah ditetapkan sebagai Atsar Dzaif oleh para Imam (Muhaddis).

Sebelum menjelaskan perkataan para Imam mengenai dhaifnya atsar tersebut.

Kita lihat dulu sanad-sanad atsar ini supaya jelas tentang status dan kedudukan atsar yang suka di jadikan sandaran oleh mereka yang ingkar atas dzikir berjamaah dan atas penggunaan tasbih.

Mereka dengan Lantangnya membid'ahkan dzikir berjamaah dgn atsar ini di setiap tempat dan kesempatan. Sedangkan mereka mengingkari terhadap orang lain yang bersandar dgn hadist atau atsar dzaif.....

Tetapi ketika hadist Dzaif dapat menguatkan pendapat mereka....
Maka mereka berhujjah dengannya,
Walaupun atsar Dzaif ini bertentangan dgn banyak hadist yang shahih,

Itu sdh Watak dan Sifat Ahlu Batil yg tidak mau menerima Kebenaran.

Mari kita mulai dgn menyebutkan sanad-sanad atsar ini:

_________________________________________

¤¤¤¤¤

1. ATSAR PERTAMA:

Telah meriwayatkan atas atsar ini Imam Abdur razaq dalam mushanafnya, dan At-thabrani dalam mu'jam al kabiir, berkata Imam At-thabrani:

حدثنا إسحاق بن إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق عن جعفر بن سليمان أنا عطاء بن السائب لا أعلمه إلا عن أبي البختري قال بلغ عبد الله بن مسعود : أن قوما يقعدون من المغرب إلى العشاء يسبحون يقولون: قولوا كذا، وقولوا: كذا قال عبد الله: إن قعدوا فآذنوني، فلما جلسوا أتوه، فانطلق فدخل معهم فجلس وعليه برنس، فأخذوا في تسبيحهم فحسر عبد الله عن رأسه البرنس وقال: أنا عبد الله بن مسعود. فسكت القوم فقال: لقد جئتم ببدعة وظلماء، أو لقد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما، فقال رجل من بني تميم: ما جئنا ببدعة ظلماء ولا فضلنا أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما. فقال عمرو بن عتبة بن فرقد أستغفر الله يا بن مسعود وأتوب إليه فأمرهم أن يتفرقوا.

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dari Abdur rozaq dari jafar bin sulaiman,
Saya ‘Atha’ bin As saib:
"Aku tdk tahu kecuali dari Abu al bakhtari, Beliau berkata: "Ada yang melapor kepada Ibnu Mas’ud:
"Bahwa ada sekelompok orang duduk2 dari maghrib sampai isya,
Mereka membawa tasbih, dan mereka berkata:
"Ucapkanlah anu, bacalah anu",
Maka berkata Ibnu mas’ud:
"Kalau mereka duduk berkumpul lagi,
Maka beritahu aku..!!.

Ketika kelompok itu mulai duduk berkumpul,
Maka Ibnu mas’ud pergi ke tempat perkumpulan mereka lalu masuk dan duduk  bersama mereka, dan ada barnas di tempat itu,
Lalu ibnu mas'ud mengambil tasbih2 mereka, dan Ibnu mas'ud menarik kepala barnas seraya berkata:
"Saya ibnu mas'ud,..".

Maka orang2 di tempat itu terdiam,
Lalu ibnu masud berkata:
"Kalian telah melakukan bid’ah dan kedzaliman atau kalian telah melebihi atas ilmunya para shahabat Rasul saw,

Maka berkata seorang lelaki dari bani tamim:
"Kami tidak melakukan bid’ah dan kedzaliman atau pun melebihi ilmu sahabat Rasul saw,

Lalu berkata Umar bin ‘atbah bin farqad:
"Aku memohon ampun kepada Allah wahai ibnu mas’ud dan aku bertaubat kepadaNya".

Lalu Ibnu mas’ud menyuruh mereka bubar....!!

☆☆☆☆☆
Para Perawi dalam sanad ini:


1. ishaq bin ibrahim ad-dabari

Ia seorang yg shaduq (Jujur).
~ Tetapi beliau mendengar atsar tersebut dari Abdur rozaq setelah ikhtilat [rusak pada hafalan/pikun] 
* Ishaq bin Ibrahim Ad-dabari  mendengar atsar tsb 2 thn terakhir sebelum Meninggalnya Abdur Rozaq.

~ Dan umur Ishaq Ad-Darabi waktu itu baru berusia 4 atau 5 tahun.
~Abdur rozaq wafat dan umur Ishaq Ad-Dabari antara 6-7 thn.

● Berkata Al-'allamah Ibrahim bin musa al anbasi dalam as syada alfayah min ulumi ibhu sholah 2/747 :

قلت : وقد وجدت فيما روي عن الطبراني عن إسحاق بن إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق أحاديث استنكرتها جداً، فأحلت أمرها على ذلك، فإن سماع الدبري منه متأخر جداً، قال إبراهيم الحربي مات عبد الرزاق وللدبري ست سنين أو سبع سنين.اهـ

Dan aku menemukan dalam apa yang di riwayatkan dari ath-Thabrani dari ishaq bin ibrahim ad-dabari dari abdur rozaq banyak hadist yang sangat munkar bagiku.
Karena mendengarnya ad-dabari dari abdur rozaq sangat akhir sekali.
Telah berkata Ibrahim al-Harabi:
"Abdur rozaq wafat ketika umur ad-dabari masih 6-7 tahun".

● Berkata al alamah al muhaddis as sakhowi dalam fathul mugits 3/337:

وقال شيخنا – ابن حجر العسقلاني - المناكير الواقعة في حديث الدبري إنما سببها أنه سمع من عبد الرزاق بعد اختلاطه

Telah berkata guru kami syaikh ibnu hajar al asqalani: "Kemunkaran yang terjadi dalam hadis ad-dabari dikarenakan sesungguhnya beliau mendengar dari abdur rozaq setelah ikhtilat [rusak pada hafalan] nya Abdurrazzaq pada akhir hayatnya.

~ Sehingga ingatannya tidak lagi dianggap dhabit.

~Seperti yang kita ketahui bahwa, Agar Hadits atau Atsar dianggap shahih maka perawi harus dhabit
(memiliki ingatan yang kuat) ketika menerima dan menyampaikan hadits ataupun atsar.


2. Ja'far bin sulaiman adh-dhab'i .

Beliau mendengar dari Atha' bin saib setelah ikhtilat
[rusak pada hafalan] nya Atha'.

Seagaimana di tetapkan oleh Adz- Dzahabi dalam al kawakib an-nayyirat hal 61:

حكموا بتوثيقه – أي عطاء - وصلاحه وباختلاطه، اختلط في آخر عمره قال أحمد بن حنبل ثقة رجل صالح من سمع منه قديما فسماعه صحيح ومن سمع منه حديثا فسماعه ليس بشيء ... وممن سمع منه – أي من عطاء - أيضا بأخرة من البصرين جعفر بن سليمان الضبعي.اهـ

Para muhaddist menghukumi tsiqahnya 'Atha' dan shalehnya, dan juga ikhtilatnya 'Atha'.

'Atha' ikhtilat (rusak hafalan) pada akhir hayatnya.

Berkata imam ahmad bin hambal:
"Beliau seorang tsiqah yang shaleh...
Siapa yang mendengar darinya pada masa sebelum ikhtilat, Maka berita yang didengar darinya adalah shahih,

Dan siapa mendengar darinya pada masa lkhtilatnya...
Maka berita yang didengar darinya tidak ada nilainya,

Dan di antara yang mendengar darinya pada masa akhir hayatnya [setelah ikhtilat] yaitu orang Basrah adalah Ja'far bin sulaiman ad dhab'i.


3. Riwayat 'Atha' bin saib dari abi al-bakhtari adalah Dzaif.

Berkata adz-Dzahabi dalam al-Kawakib an-nayyirat hal 61:

وقال إسماعيل بن علية: قال لي شعبة: ما حدثك عطاء عن رجاله زاذان وميسرة وأبي البختري فلا تكتبه، وما حدثك عن رجل بعينه فاكتبه. ـ

Berkata ismail bin aliyah:
Telah berkata syu'bah kepadaku:
"Apa yang di riwayatkan 'Atha' kepadamu dari rijal (perawi-perawi) bernama Zadzan dan Maisarah dan Abi al-Bakhtari maka janganlah kamu menulisnya,
Dan apa yang diceritakan  dari rajul (perawi) yakni dirinya maka tulislah."

☆ DENGAN ALASAN-ALASAN TERSEBUT,  MAKA TIDAK MUNGKIN ATSAR DIATAS ITU SAHIH...!!

_________________________________________

¤¤¤¤¤
2. ATSAR KEDUA:

Diriwayatkan ibnu wadhah al-Qurtubi dalam
kitab: Al bid'u wan nahyu anha hal 21:

قال : أنا أسد عن جرير بن حازم عن الصلت بن بهرام قال : مر ابن مسعود بامرأة معها تسبيح تسبح به فقطعه وألقاه ، ثم مر برجل يسبح بحصى فضربه برجله، ثم قال : لقد سبقتم، ركبتم بدعة ظلماً، أو لقد غلبتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً.

Saya asad dari jarir bin hazim dari Ash Shalat bin Bahram, berkata:
"Ibnu Mas’ud melihat seorang wanita yang bertasbih dengan menggunakan subhah,
Kemudian beliau memotong tasbihnya dan membuangnya.

Beliau juga melewati seorang laki-laki yang bertasbih menggunakan kerikil,
Kemudian memukulnya dengan kakinya dan berkata:
"Kamu telah mendahului (Rasulullah) dengan melakukan bid’ah yang dzalim, dan kamu lebih tahu dari para sahabatnya".


Sanad riwayat ini dhaif karena inqitha' [terputus] antara:
Ash Shalat bin Bahram dan Ibnu Mas’ud,
~Karena ibnu Mas'ud wafat di madinah thn 32 H, sebagaimana dirajihkan oleh ibnu Hajar dalam kitab al-Ishabah.
Sedangjan Ash Shalat bin Bahram adalah Tabi' tabi'in
(Hidup pada masa selepas Tabi'in].

Maka tidak mungkin ia mendapat riwayat dari shahabat yang akhir, apalagi dari ibnu mas'ud yang wafat pada masa khalifah Umar bin khathab RA.
● Hal ini sebagaimana diceritakan Ibnu Hajar dalam at-Tahdzib 4/432.

● Dan atsar ini diriwayatkan pula oleh ibnu Wadhah al-Qurthubi dari jalan Aban bin abi Ayyas.
Aban bin abi Ayyas merupakan salah seorang Kadzab (pendusta).

● Berkata Ibnu Abi Hathim dalam jarh wat ta'dil 1/134:

قال شعبة: لأن أرتكب سبعين كبيرة أحبَّ إليَّ مِنْ أن أحدث عن أبان بن أبى عياش

Berkata syu'bah:
"Seandaimya aku melakukan dosa besar 70 kali maka lebih aku sukai daripada meriwayatkan dari Aban bin Abi Ayyas.

● Dan berkata An-Nasai dalam Kitabnya:
"Ad-Dhu'afa wal Matrukin 14:

أبان بن أبي عياش متروك الحديث وهو أبان بن فيروز أبو إسماعيل

Aban bin abi Ayyas adalah Matruk [di tinggalkan hadistnya] ia adalah Aban bin fairuz abu ismail.

______________________________________________

¤¤¤¤¤
3. ATSAR KETIGA;

Diriwayatkan pula oleh ibnu wadhah al qurtubi dalam
Kitab "Al bid'u wan nahyu anha hal  11:

قال: أنا أسد عن عبد الله بن رجاء عن عبيد الله بن عمر ، عن يسار أبي الحكم أن عبد الله ابن مسعود حدث : أن أناساً بالكوفة يسبحون بالحصى في المسجد فأتاهم وقد كوم كل رجل منهم بين يديه كومة حصى ، قال : فلم يزل يحصبهم بالحصى حتى أخرجهم من المسجد ، ويقول : لقد أحدثتم بدعة ظلماً ، أو قد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً .

Dari asad dari abdullah bin raja dari ubaidillah bin umar dari Sayyar Abi Al Hakam,
Bahwasanya Abdullah bin Mas’ud menceritakan tentang orang-orang Kufah yang bertasbih dengan kerikil di dalam masjid.
Kemudian beliau mendatanginya dan menaruh kerikil di kantung mereka, dan mereka dikeluarkan dari masjid.
Beliau berkata:
"Kamu telah melakukan bid’ah yang dzalim dan telah melebihi ilmunya para sahabat Nabi.


Sanad ini dhaif juga karena inqitha' antara Sayyar abi al hakam dgn abdullah bin mas'ud,
Karena Sayyar adalah tabi' tabi'in, sebagaimana di katakan oleh al hafidz ibnu hajar dalam Kitab at tahdzib 4/291.

_________________________________________________

¤¤¤¤¤

4. ATSAR KEEMPAT:

Diriwayatkan pula ibnu wadhah al qurtubi: 

:حدثني إبراهيم بن محمد، عن حرملة، عن ابن وهب، قال: حدثني ابن سمعان قال: بلغنا عن ابن مسعود أنه رأى أناساً يسبحون بالحصى فقال : على الله تحصون ، سبقتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً ، أو لقد أحدثتم بدعة ظلماً. اهـ

Telah menyebutkan ibrahim bin muhammad dari harmalah dari ibn wahab, beliau berkata :
"Telah menceritakan kepadaku ibn sam'an: telah sampai kepada kami dari ibnu mas"ud Bahwa beliau melihat orang-orang bertasbih dgn kerikil,
Maka berkata ibnu mas'ud:
"Apakah mereka menyebut-nyebut kebaikannya di hadapan Allah..?? dengan melakukan bid’ah yang dzalim, dan kamu lebih tahu dari para sahabatnya.


Sanad ini lemah karena dalam sanadnya ada abdullah bin ziyad bin sam'an dia adalah kadzab (pendusta)

Berkata Ibnu abi hatim dalam jarh wat tadil 5/60;

عن عبد الرحمن بن القاسم قال: سألت مالكاً عن بن سمعان فقال كذَّابٌ ... قال يحيى بن معين: حدثنا الحجاج بن محمد الأعور عن أبى عبيدة يعنى عبد الواحد بن واصل قال: كان عنده بن سمعان ومحمد بن إسحاق فقال بن سمعان: حدثني مجاهدٌ. فقال بن إسحاق: كَذَبَ والله، أنا أكبر منه، وما رأيت مجاهداً.اهـ

Dari abdurrahman aku bertanya kepada malik tentang
Ibnu sam'an,
Maka beliau menjawab:
"Ia kadzab...!!"

Dan berkata yahya bin main:
"Telah menceritakan kepada kami al hajaj bin muhammad al a'war dari abi ubaidah yakni abdul wahid bin washil berkata:
Bahwa di samping beliau ada ibnu sam"an dan muhammad bin ishaq.

Lalu ibnu sam'an berkata:
"Telah menceritakan kepadaku mujahid...

Maka berkata ibnu ishaq: "Ia berdusta demi Allah....,
Saya lebih tua darinya dan aku tidak pernah melihat mujahid.

=======================================

☆☆☆☆☆
Setelah penjelasan-penjelasan di atas....
Sampai kepada kesimpulan :

● Telah menafikan atas atsar tersebut seorang tabiin yang bernama Abu Wail,
Beliau berkata:
"Orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin mas'ud melarang dzikir serperti itu...
Padahal tidaklah Ibnu Mas'ud duduk di suatu majlis kecuali beliau berdzikir di dalam majlis tsb.

☆☆☆☆
COBA PERHATIKAN PENDAPAT AHLI ILMU TENTANG ATSAR TSB DIBAWAH INI.

※※※
Berkata Al Imam As suyuthi dalam
kitab: "Al hawi lilfatawa 1/379":

فإن قلت، فقد نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد. قلت: هذا الأثر عن ابن مسعود يحتاج إلى بيان سنده ومن أخرجه من الأئمة الحفاظ في كتبهم وعلى تقدير ثبوته فهو معارض بالأحاديث الكثيرة الثابتة المتقدمة وهي مقدمة عليه عند التعارض، ثم رأيت ما يقتضي إنكار ذلك عن ابن مسعود قال الإمام أحمد بن حنبل في كتاب الزهد ثنا حسين ابن محمد ثنا المسعودي عن عامر بن شقيق عن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه

Kalau engkau berkata:
"Telah di nuqil dari Ibnu Mas'ud sesungguhnya beliau melihat suatu kaum membaca tahlil dgn mengeraskan suara di dalam masjid,
Lalu beliau berkata:
"Aku tidak melihat kalian kecuali ahli bid'ah" sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid,

Aku [As Suyuthi] berkata:
"Atsar dari Ibnu Mas'ud ini perlu terhadap penjelasan sanadnya dan siapa saja dari para imam yang mengeluarkan atsar ini dalam kitabnya,
Dan seandainya atsar ini shahih,

Maka telah menentang hadist-hadist sebagaimana telah disebutkan,
Dan hadist-hadist itu mesti didahulukan atasnya ketika terjadi ta'arud (kontradiksi)
Dan aku telah melihat hal yang membuatku ingkar kepada atsar dari Ibnu Mas'ud itu.

Telah berkata Al Imam Ahmad bin Hambal dalam
Kitab "Al zuhd ".
Telah menceritakan husain bin muhammad,
Telah menceritakan al-mas'udi dari amir bin syaqiq dari Abu Wail,
Beliau berkata:
"Mereka itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu,
Padahal tidaklah demikian.
Ibnu Mas'ud duduk dalam suatu majlis dan beliau berdzikir kepada Allah di majlis tsb.

※※※
Dan berkata imam Ibnu Hajar al haitami dalam kitab
Al-fatawa al-fiqhiyah al kubra 1/177:

: وأما ما نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد, فلم يصح عنه بل لم يرد; ومن ثم أخرج أحمد عن أبي وائل قال: هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ; ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه, والله سبحانه وتعالى أعلم بالصواب.انتهى

Dan adapun apa yang di nuqil dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid,
Lalu beliau berkata:
"Tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid,

Maka atsar ini tidak sah darinya dan malah tidak datang/ada,
Oleh sebab itu telah mengeluarkan (mendatangkan) Imam Ahmad dari Abi wail, beliau berkata:
"Mereka itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu,
Padahal tidaklah duduk Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di majlis tsb
(Ibnu Mas’ud duduk dalam majlis tsb untuk ikut berzikir kepada Allah bersama mereka yg ada dalam majlis tersebut).

※※※
Dan berkata Al muhaddis Al munawi dalam Kitab Faidlul qadiir 1/457:

وأما ما نقل عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما اراكم إلا مبتدعين وأمر بإخراجهم فغير ثابت . وبفرض ثبوته يعارضه ما في كتاب الزهد لأحمد عن شقيق بن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالسته مجلسا قط إلا ذكر الله فيه.اهـ

Dan adapun apa yang di nuqil dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir "Lailaha illallah" dengan suara keras di dalam masjid,
Lalu beliau berkata:
"Tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah shgg beliau mengeluarkan mereka dari masjid,

● Maka atsar ini tidak tsabit, dan seandainya tsabit,
Maka telah menentangnya apa yang ada dalam kitab
"Az-zuhd" karya imam Ahmad dari Syaqiq bin Abi wail, beliau berkata:
Mereka itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu,
Padahal tidaklah duduk Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di majlis tsb 
(Ibnu Mas’ud duduk dalam majlis tsb untuk ikut berzikir kepada Allah bersama mereka yg ada dalam majlis tersebut).

※※
Berkata Al alamah Al Alusi dalam Kitab
"Rauhul maani 6/163".

وما ذكر في الواقعات عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما اراكم إلا مبتدعين حتى أخرجه من المسجد لا يصح عند الحفاظ من الأئمة المحدثين وعلى فرض صحته هو معارض بما يدل على ثبوت الجهر منه رضي الله تعالى عنه مما رواه غير واحد من الحفاظ أو محمول على الجهر البالغ

Dan adapun apa di sebutkan dalam peristiwa dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir
"Lailaha illallah" dengan suara keras di dalam masjid,
Lalu beliau berkata:
Tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid,

Maka atsar ini tidak shahih menurut para hufadz dan para Imam Muhaddis berkata:,
"Dan seandainya Shahih,
Maka ia bertentangan dengan khabar yang menunjukan atas bolehnya dzikir keras (jahar) diriwayatkan oleh lebih dari satu orang dari kalangan hufadh.

Kemungkinan larangan tsb ditujukan terhadap orang yang SANGAT mengeraskan suara dzikirnya.

$
***Semoga bermanfaat

=====================================

Iklan