Potongan Al Quran Tertua Ditemukan di Birmingham
Cari Berita

Advertisement

Potongan Al Quran Tertua Ditemukan di Birmingham

Sabtu, 26 Desember 2015
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
DUTAISLAM.COM -  Perpusatakaan Universitas di Birmingham, Cadbury Research Library, baru baru ini menemukan potongan kitab suci umat Islam, Al Quran. Para pakar meyakini jika potongan di atas kertas tua itu adalah versi pertama Al Quran yang pernah ditulis sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar.
”Ini adalah penemuan terpenting bagi Muslim di dunia,” kata Direktur Yayasan Mohammad bin Rasyid Al Maktoum yang juga peneliti, Jamal bin Huwareib sebagaimana dilansir independent.co.uk.
Dalam lembaran yang ditemukan, tertulis tanggal pembuatan yakni antara tahun 568 M dan 645 M. Bila disatukan, maka tahun itu menjadi tahun ke 13 setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, pada 635 M
Dari susunan dan cara penulisannya juga diyakini kalau naskah itu telah dikerjakan oleh tangan-tangan ahli pada masanya. ”Naskah ini menjadi akar Islam dan menjadi revolusi mempelajari Islam,” kata Huwareib.
Meski sempat mendapat keraguan dari sebuah kajian Islam di London, unit Akselerasi Radiokarbon Universitas Oxford meyakinkan bila penulisan naskah Al Quran Birmingham memiliki keakuratan hingga 95 persen.
Potongan yang diyakini sebagai Al Quran, juga pernah diklaim ditemukan di perpustakaan Bibliotheque Nationale de Francem Paris. Naskahnya tertulis dibuat pada tahun 641. (/nvb/pojoksatu/independent.co.uk)
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB