Iklan

Iklan

,

Iklan

NU dan Peran Keumatan

21 Des 2015, 19:34 WIB Ter-Updated 2015-12-21T12:34:38Z

Tulisan ini merupakan ringkasan arahan Rais Aam PBNU KH. Dr. (HC) Ma' ruf Amin di kantor PCNU Kota Pasuruan, 22.00 WIB, 20/12/2015.

Nahdlatul Ulama' sebagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan terbesar di Indonesia sejak berdiri di Negara Indonesia telah memberikan peran dan andil besar dalam merumuskan ideologi bangsa dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara, maka dengan segala dinamikanya tentu warna warni organisasi penuh dengan tantangan sekaligus peluang yang bermuara  pada kelangsungan hidup organisasi.

Oleh karena itu NU dan Peran Keumatan untuk kedepan adalah  melindungi dan menangkal, dengan memperkuat aqidah ahlussunnah wal jamaah ANNAHDLIYYAH melalui cara: 

Memperkuat amaliyah keseharian NU dan  memperkuat 'pola pikir nahdliyyah', dengan dua  karakteristik dasar yaitu: moderat dan dinamis. NU harus mengembangkan pemikiran2 yang moderat dan juga dinamis.

Memahami Islam Nusantara bukan sebagai Islam baru, melainkan sebuah kemasan baru yang isinya tetap Islam ahlussunnah wal jamaah annahdliyyah. Islam Nusantara diperkenalkan sebagai sebuah kemasan yang didalamnya terdapat seperangkat sistem yang siap disebarkan ke seluruh dunia. Dunia saat ini sedang melihat bahwa Islam Nusantara adalah role model (contoh) Islam yang damai, Islam yang toleran.

Perbaikan dan pemberdayaan, dengan cara: (a) Melakukan perbaikan berkelanjutan (continous improvement), (b) Pemberdayaan sektor ekonomi baik dari sisi sosial (gotong royong) maupun sisi komersial. NU harus memiliki kekuatan finansial. (c) Pemberdayaan sektor pendidikan. NU harus meningkatkan SDM warganya. NU mempunyai PR yaitu mencetak para pakar/ahli di berbagai bidang.
(d) NU tidak boleh sekedar besar jumlahnya tapi kecil perannya, NU harus besar jumlahnya dan besar pula perannya.

Maka yang perlu ditingkatkan adalah 'semangat ke-NU-an' yang akan mengembalikan kejayaan NU sebagaimana di tangan para pendirinya. Dengan peran yang besar, NU akan diperhitungkan dan tidak lagi dipandang sebelah mata. Itulah ringkasan singkat dan dapat di tulis dalam kesempatan ini Salam, Semoga Bermanfaat.

Iklan