Kirim Naskah, Dapatkan Honornya

Bimmillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,
Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad ala alihi wa shohbihi ajma'in,
Amma ba'du,

Sidang pembaca budiman yang dirahmati Allah, Kami do'akan Anda sekeluarga sehat dan tetap dalam naungan akidah Ahlussunnah Waljama'ah.

Duta Islam adalah situs berita keislaman yang dikelola secara profesional. Kami terbuka menerima kiriman naskah bermanfaat untuk dipublikasikan. Kirimkan naskah tulisan Anda ke email redaksi kami: redaksidutaislam@gmail.com. Sertakan gambar, foto, atau video yang melengkapi naskah Anda untuk dimuat.

Jangan lupa untuk menyertakan nomor rekening aktif yang sewaktu-waktu bisa kami gunakan untuk mentranfer honor naskah termuat Anda. Setiap judul naskah yang kami muat per posting akan mendapatkan honor Rp. 5.000,-. Bisa Anda minta dalam bentuk pulsa. Jika sudah ada 10 judul posting, bisa kami kirim via rekening. Yang rajin mengirim, kami bersedia menambah honor atas kerja keras Anda.

Syarat dapat honor tidak ada unsur copy-paste dalam setiap naskah yang dimuat, dan belum pernah dimuat di media online lainnya. Kalau dimuat di media massa berbasis cetak, kami anggap bukan
copas. Jika di kemudian hari ternyata ada naskah yang sama di media lainnya, maka, honor gugur untuk ditagih ke kami.

FORMAT NASKAH
  1. Berita | Naskah berita harus memenuhi 5 W 1 H. Tidak ada unsur sara yang menghina pihak lain. Kalau mengkritik untuk mengingatkan, kami toleransi. Kami tidak menerima berita-berita yang mendukung gerakan takfiri. Berita bisa melintas batas negara info-nya. 
  2. Artikel Opini | Biasanya berupa tanggapan atas peristiwa aktual. Artikel opini berisi pendapat penulis artikel. Namun, hanya artikel tentang peristiwa aktual saja yang kami muat. Selebihnya tergantung kebijakan redaksi. Contoh: Kekecualian NU.
  3. Artikel Review | Konten daripada artikel ini bisa menjelaskan tentang sejarah, hujjah ahlussunnah, ulasan hadits, tafsir, atau mengulas tentang hal-hal menarik lain yang bersifat keislaman, keaswajaan dan inklusif. Contoh artikel review antara lain: Jika Tidak Ada Pesantren, Indonesia Runtuh, Setiap Jumat Roh Orang Mukmin Datang ke Rumah, dll.
  4. Esai | Naskah esai berisi konten jujur yang menyajikan fakta tanpa sudut pandang yang kaku. Tapi sifat esai biasanya adalah pengetahuan yang mendapatka kritik. Sajian esai mirip dengan kabar berita yang berisi opini. Kalimatnya lugas, langsung, thas thes, mengena. Contoh: Makkah Dikepung: The End of Mecca.
  5. Cerita Karomah dan Humor | Ini bisa Anda tulis dalam bentuk narasi maupun dialog. Bisa diambil dari kisah nyata maupun fiktif. Kisah-kisah nyata seputar karomah atau keistimewaan seorang ulama sangat banyak dan bertebaran di lingkungan pesantren dan masyarakat yang dekat dengan kyai, santri dan pesantren. Yang terpenting dari ide cerita ada hikmah yang diambil. Contoh tulisan humor antara lain: Ada Kyai Anti Air, Do'a Sebelum Tidur
  6. Rangkuman Nasihat Ulama | Naskah ini berisi kumpulan nasihat bijak kyai, ustadz atau pesan-pesan wasiat yang bermanfaat untuk pembaca. Akan lebih baik jika ada keterangan pelengkap termasuk dimana nasihat itu ditulis dan dari siapa riwayat nya. Contoh: Nasihat Kyai Maimun Zubair kepada Guru.
  7. Hotnews Medsos | Jika Anda resah dengan status seseorang di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Google +) atau lainnya, langsung saja tulis saja dalam bentuk artikel lengkap dengan judu dan screenshoot statusnya. Tulis paling tidak 5 paragraf. Kirimkan ke kami. Jika yang Anda tulis sesuai fakta, akan kami muat. Dibaca ribuan pengunjung tentunya. 
  8. Video Review | Seringkali video memicu kontroversi, membuat orang terkenal instan dan dapat dijadikan rujukan mereka-mereka yang ingin suasana damai terganggu. Jika Anda mengalami kegelisahan terkait tayangan video di Youtube, Vimeo atau lainnya, silakan kirim artikel ulasan mengenai video tersebut. Anda juga bisa mengurai persolaan video terkait dalam bentuk video juga. Jika bagus, kami muat di channel Youtube kami. Di sini: Duta Islam
  9. Figurisasi | Tulislah figur kharismatik di sekitar Anda. Bisa ustadz, kyai, santri, guru, buruh, pengusaha atau lainnya, syarat Anda harus mengarahkan naskah itu agar konten berisi hikmah menarik yang membuat pembaca terinspirasi dari kekhususan yang dimiliki oleh figur yang Anda tulis dan kami publikasi di Duta Islam. Dalam naskah ini, Anda juga dapat memprofilkan sekolah, pondok pesantren, yayasan atau lembaga. Kami hanya memuat yang berbentuk berita saja, bukan artikel naratif.  
  10. Cerpen | Kirimkan naskah cerita fiksi Anda kepada kami. Perlu dicatat, kami mengutamakan nasakh cerita pendek yang berhubungan dengan pesantren, santri dan dunia keislaman lain yang menggugah pembaca untuk bergerak melakukan kebaikan-kebaikan di kemudian hari.
  11. Puisi | Sajak-sajak kami terima baik terjemahan atau dalam bentuk bahasa Arab maupun Inggris. Sajak sudah jadi tradisi di pesantren. Banyak yang bisa dikerjakan untuk naskah ini. Kami tunggu kreativitas Anda. 
SYARAT NASKAH:
  1. Judul diusahkan semenarik mungkin di mata editor, sehingga email akan dubuka sesegera mungkin. Judul ibarat wajah. Jika notifikasi email memberitakan ada naskah masuk tanpa judul, langsung kami hapus. Biar efektif berdawah online.
  2. Naskah yang dikirim minimal 4 paragraf. Tanpa gambar atau foto terkait, tidak akan kami muat. 
Demikian aturan kami agar dibaca sebagai pedoman menambah semangat menulis untuk terus berdakwah via online. 

Wallahu a'lam,
Wahuwal Muwaffiq ila Aqwamit Thariq,
Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.


Redaksi Duta Islam, 30 November 2015




 

Ketik email Anda di bawah ini