Selasa, 31 Juli 2018

Sambut Hari Santri, Kemenag Siapkan Rangkaian Kegiatan Ini

Peringatan Hari Santri. (Foto: istimewa)
DutaIslam.Com - Pada perayaan Hari Santri tahun 2018 ini, Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan yang akan memeriahkan hari bersejarah bagi kaum santri yang ditetapkan pada 22 Oktober itu. Tanggal tersebut merujuk pada tercetusnya fatwa Resolusi Jihad yakni perjuangan santri-kiai mempertahankan Kemerdekaan dari Sekutu pada 1945 silam.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Ahmad Zayadi mengatakan bahwa Kemenag selama tiga tahun ini selalu konsisten memeriahkan perayaan Hari Santri sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas jasa-jasa kalangan pesantren yang eksistensinya terbukti berkomitmen mengawal bangsa Indonesia.

“Untuk tema, logo dan rangkaian kegiatan Hari Santri tahun ini akan di-launching pada 10 Agustus nanti oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag Pusat,” tuturnya, Senin (30/07/2018).

Zayadi menerangkan Kemenag telah menyiapkan rangkaian kegiatan Hari Santri 2018 yang bertema “Bersama Santri Damailah Negeri”. Adapun rangkaian kegiatannya sebagai berikut.

  • 29 Juli - 28 September : Santri Millennial Competitions (Lomba Desain Meme, Video Iklan Masyarakat tentang Moderasi Islam, dan Video Lalaran Nadham Alfiyyah)
  • 11 - 12 Agustus : Kopdar Akbar Santrinet Nusantara dan Car Free Day Bershalawat bersama Nissa Sabyan di Jakarta
  • 29 & 31 Agustus : Pesan Trend (Ngaji kitab Ihya’ ulum al-din bersama Gus Ulil Abshar Abdalla) di Jakarta
  • September-Oktober : Pesantren Business Challenge (ajang pengembangan ekonomi dan bisnis di lingkungan pesantren)
  • 18 – 20 September : Muktamar Pemikiran Santri Nusantara di Yogyakarta
  • 19 September : Ketika Kyai, Nyai, Santri Berpuisi dan Pegon Exhibition di Yogyakarta
  • 1 – 7 Oktober : Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) di Jambi
  • 11 Oktober : SALAM (Silaturahmi Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam) Indonesia yang di Pesantren Al-Hamid, Cipayung, Jakarta
  • 21 Oktober : Santriversary (Malam puncak Hari Santri) di Bandung

Pada malam puncak Hari Santri 2018 rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo serta para pejabat pemerintah pusat maupun daerah. Nissa Sabyan dan Musik Orkestra Santri juga akan mengiringi acara yang rencananya ditempatkan di Lapangan Gasibu, Bandung.

Zayadi berharap masyarakat terutama kalangan pesantren dapat antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan Hari Santri yang diadakan oleh Kemenag. “Hari Santri bukan hanya milik pesantren, tapi segenap bangsa Indonesia juga memilikinya,” pungkasnya. [dutaislam.com/zidni/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini