Selasa, 31 Juli 2018

Miris, Shalawat Jadi Ajang Kampanye Politik Ganti Presiden

Majlis shalawat kampanye ganti presiden. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com – Sebuah rekaman video dari kelompok ganti presiden 2019 melantunkan shalawat badar berjamaah. Shalawat itu dicampur dengan syair-syair berbahasa Indonesia.

Tetapi sayang, syair-syair itu kental dengan politik. Syair-syair yang dilantunkan bukan mempromosikan tokoh tertentu untuk ditunjukkan kualitasnya. Tetapi menyerang calon lain, yakni ganti presiden.

Video berdurasi 01:59 menit tersebut bermula dari pembacaan shalawat badar. Setelah itu dengan nada yang sama dibacalah syair-syair politis tersebut.

“Ibu-ibu pakai konde. Ada ikan di dalam sarden. Jangan mimpi dua periode 2019 ganti presiden.” Demikian salah satu bunyi dalam syair tersebut.

“Ayo melu ulama biyen, neng negoro neng Islam open. Tahun ngarep ganti presiden. Sing lawas yo ben leren (Ayo ikut ulama dulu, yang perhatian terhadap Islam dan negara. 2019 ganti presiden, yang lama biar berhenti dulu, Red).” Demikian syair kedua setelah disela dengan shalawat badar yang kedua.

Miris, ketika shalawat nabi dilantunkan untuk kampanye politik. Mungkin masih maklum bila kampanye untuk promosi program dan kualitas. Nah, ini justru jadi kampanye menyerang lawan yang dicampur dengan shalawat nabi Muhamad. Duh!

Salah satu warga NU Muhammad Nur mengaku miris setelah mendengar shalawat dengan syair tersebut. Terlepas dari kecocokan nadanya, Muhammad menilai, mereka seolah ingin membuat opini bahwa dengan shalawat badar, mereka menganggap sebagai perjuangan seperti perang melawan quraisy.

“Malah pingin nangis. Majlis shalawat kenapa bisa-bisanya begitu. Yang saya tangkap dari syairnya, terlepas dari nada kecocokan irama, kembali mereka berusaha membuat opini bahwa seolah dengan shalawat badar mereka menganggap hal ini adalah perjuangan seperti perang melawan Quraisy,” kata kepada dutaislam.com, Selasa (31/07/2018). [dutaislam.com/pin]


Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini