Jumat, 06 Juli 2018

Memahami Islam Seperti Memahami KFC

Memahami Islam seperti memahami KFC.
DutaIslam.Com – Islam Nusantara masih dipahami serampangan oleh kelompok tertentu. Pertanyaan yang tak asing didengar biasanya, nabinya siapa, tuhannya siapa, kitabnya apa, dan sederet pertanyaan konyol lain. Islam Nusantara dituduh “agama baru” dan tidak sesuai dengan Islam.

Anehnya mereka tidak mau menerima alasan dan penjelasan. Segamblang-gamblang penjelasan tetap saja tak mau terima. Mereka mengakui Islam sebagai rahmat bagi semesta alam, tetapi menempatkan Islam selalu dalam sekala yang sempit.

Rois Syuriah PCI NU Australia Prof. Dr Nadirsyah Hosen memberikan perumpamaan Islam melalui akun Twitternya, Rabu (04/07/2018). Menurut Gus Nadir, akidah umat Islam sedunia sama. Yang berbeda adalah aplikasi dan ekspresi keislaman yang ada muatan lokalnya.

“Islam itu aqidahnya sama sedunia. Tapi aplikasi dan ekspresi keislaman itu ada muatan lokalnya,” katanya.

Gus Nadir menyontohkan Islam ibarat perusahaan Kentucky Fried Chiken (KFC) yang berjualan ayam goreng. Di Indonesia KFC pakai nasi, sedangkan di daerah di negera lain tidak. Seperti di Ausie KFC justru pakai kentang. Tapi namanya tetap KFC.

“KFC itu jualan ayam goreng. Tapi di Indonesia mereka juga jualan nasi. Di Ausie cuma pakai kentang. Namanya tetap KFC. Kalau udah paham ini, gak sulit mau paham tentang Islam Nusantara,” ujar Gus Nadir. [dutaislam.com/pin]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini