Sabtu, 07 Juli 2018

Konferwil PWNU Jateng, RMI Ajak Kedepankan Ruh Pesantren

Ketua RMI Gus Mandzur Labib (berkacamata) bersama Gus Imam Baehaqi dan peserta Konferwil PWNU Jateng
DutaIslam.Com - Pengurus Wilayah Rabithah Maahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PW RMI NU) Jateng mengajak para peserta Konferensi Wilayah Nahdlatul Ulama (Konferwil NU) Jateng XV  untuk mengedepankan ruh pesantren. Yakni menjunjung tinggi akhlak santri dan menjaga marwah kiai.

Ketua PW RMI NU Jateng Gus Mandzur Labib mengatakan, Konferwil NU adalah forumnya para ulama. NU sendiri adalah milik ulama. Tempat Konferwilnya pun bertempat di pondok pesantren salaf di desa santri. Yaitu di Pondok Pesantren Miftahul Huda Ngroto, Gubug, Grobogan yang diasuh oleh ulaa kharismatik pemimpin jamaah Al Khidmah KH Munir Abdullah, Sabtu (07/07/2018).

"Konferwil harus kedepankan ruh pesantren. Harus menjunjung tinggi akhlak santri dan menjaga marwah kiai," tuturnya di sela pembukaan Konferwil tadi pagi.

Gus Mandzur menjelaskan, permintaannya tersebut untuk menegaskan agar jangan ada gerakan yang tidak mencerminkan akhlak santri di dalam Konferwil. Dia sangat prihatin apabila ada cara cara politik praktis dalam ajang dukung mendukung calon rais syuriyah maupun calon ketua Tanfidziyah.

"Saya sangat prihatin apabila ada gerakan model politik praktis di arena Konferwil ini. Gaya partai politik jangan digunakan untuk ajang dukung mendukung," pesannya didampingi para pengurus RMI Jateng dan pengurus RMI cabang yang hadir.

Mendukung pernyataan tersebut, pengurus cabang RMI Lasem Imam Baehaqi mengatakan, para kiai sepuh telah berpesan agar Konferwil PWNU Jateng ini benar benar menjiwai semangat "kembali ke pesantren".

Dijelaskannya, hal itu ialah semangat back to basic yang telah ditetapkan di Muktamat NU ke 33 tahun 2015 lalu. Bahwa setiap kegiatan besar NU harus diselenggarakan di dalam pondok pesantren dan menjiwai kemuliaan ilmu pesantren.

"Pesan kiai sepuh maupun amanat Muktamar, Konferwil ini harus menjiwai semagat kembali ke pesantren," ujar pengasuh Ponpes Ma`hadul Ilmi Asy Syar`i (MIS) Sarang Rembang ini. [dutaislam.com/ichwan/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini