Sabtu, 23 Juni 2018

Seguyub Rukun Peringati Kenduri Ketupat


DutaIslam.Com - Masih dalam nuansa syawal, warga Dukuh Karang Pojok, Desa Jepang Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, sedari bakda subuh mereka berbondong-bondong berdatangan ke musala Miftahul Huda untuk peringati lebaran ketupat, Jumat pagi (22/06/2018).

Dari anak-kecil hingga dewasa terlihat antusias duduk bersila di serambi musala bahkan meluber hingga halaman depan. Sambil menikmati shalawat juga alunan terbang papat/terbang jawian yang terkenal asli kebudayaan Kabupaten Kudus.

Ketukan dung-tek, alunan suara terbang papat yang begitu khas, dari remaja musala memberikan nuansa yang berbeda. Alhasil, mereka nampak begitu sumringah, saling sapa-menyapa, seguyub-rukun memperingati kenduri ketupat.


Acara yang dipimpin oleh Kiai Chumaidi dan dipungkasi dengan do'a oleh Kiai Muhtar tersebut menambah khusyu'nya ritme masyarakat dalam meng-amini panjatan-panjatan do'a yang dicurahkan. Kemudian, acara dilanjutkan dengan makan ketuapat secara bersama-sama.

"Semoga tradisi-tradisi seperti ini akan selalu dinamis dan selalu diuri-uri masyarakat," terang Fatkhan warga setempat. [dutaislam.com/udin/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini