Minggu, 17 Juni 2018

Pendiri PK(S) Anak Mantan Pemberontak dan Akui Didanai Ikhwanul Muslimin Mesir

Foto: Tempo
DutaIslam.Com - Yusuf Supendi, salah satu pendiri Partai Keadilan--cikal bakal Partai Keadilan Sejahtera--memastikan awal pendirian partai itu pada Juli 1998 dibantu oleh banyak tokoh Ikhwanul Muslimin di Mesir dan Timur Tengah.

Tokoh-tokoh di awal pendirian PKS, kata Yusuf, merupakan aktivis Ikhwanul Muslimin di Indonesia. Gerakan ini sendiri awalnya digagas sejumlah mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Madinah, Arab Saudi, termasuk Yusuf sendiri dan KH Hilmi Aminuddin.

Latar belakang Hilmi sebagai anak Panglima Militer Darul Islam, Danu Muhammad Hasan, menurut Yusuf, juga sudah diketahui banyak pendiri PK lainnya ketika itu. Danu adalah salah tokoh pemberontak Darul Islam yang kembali ikrar ke NKRI setelah mendapatkan amnesti (pengampunan) di masa Ali Moertopo.

Salah satu Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah juga tak membantah kalau ayah dari Ketua Dewan Syuro PKS, Hilmi Aminuddin adalah Panglima DI/TII wilayah Indramayu.

PKS Adalah Ikhwanul Muslimin 

"Danu Muhammad itu memang bapaknya Pak Hilmi," tegas Fahri saat dikonfirmasi wartawan di DPR, Kamis (05/05/2011).

Mantan Menteri NII Imam Supriyanto menjelaskan,ayah kandung Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ustadz Hilmi Aminuddin merupakan pendiri sekaligus Panglima Darul Islam/Tentara Islam Indonesia.

"Ayah kandung Hilmi, Danu Muhammad Hasan adalah tokoh DI/TII, salah satu Panglima DI/TII wilayah Pantura. Dulu, saat Danu ditangkap, Hilmi dari cerita yang didapat mertua saya, mantan NII juga kemudian diungsikan ke Mesir, disekolahkan disana," Imam menuturkan.

Di Mesir, cerita Imam, Hilmi Aminuddin akrab dengan gerakan Ikhanul Muslimin yang kemudian dibawa ke Indonesia. Faham Ikhwanul Muslimin, katanya lagi, yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Partai Keadilan yang dibuat di era reformasi. Berdirinya partai itu juga bagian dari NII," kata Imam.

Yusuf Supendi yang dikenal sebagai orang dekat Hilmi juga mengakui bahwa PKS bagian dari gerakan Ikhwanul Muslimin yang didirikan Hilmi itu.

Karena itulah, di awal masa perkembangannya, PKS banyak dibantu gerakan persaudaraan muslim itu. "Ketika pertama kali ikut Pemilu 1999 lalu, kami juga disokong secara pendanaan dari Timur Tengah," kata Yusuf. Jumlahnya, kata Yusuf, sampai lebih dari 90 persen. [dutaislam.com/ab]

Diolah dari Tempo dan Tribunnews.com

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini