Kanjeng Nabi yang Tidak Mau Bertemu Orang Macam Tifatul Sembiring
Cari Berita

Advertisement

Kanjeng Nabi yang Tidak Mau Bertemu Orang Macam Tifatul Sembiring

Minggu, 17 Juni 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Tifatul Sembiring. Foto: suara pembaruan
DutaIslam.Com - Pada suatu Ramadhan, saya berangkat umroh. Dalam perjalanan Jakarta-Jeddah, kebetulan kursi saya di pesawat bersebelahan dengan Tifatul Sembiring–waktu itu dia masih ketua partai dan belum jadi menteri–dan kami pun sedikit mengobrol setelah saling menyapa.

“Berapa hari?” ia bertanya.

“Yah… seperti biasa… tiga hari di Madinah, lalu empat hari di Makkah”

“Saya sepuluh hari tapi tidak ke Madinah. Cuma di Makkah saja terus pulang”.

Saya tidak berkomentar dan obrolan tidak berlanjut karena ia lalu bangkit mengambil mushaf dari tas tentengnya.

“Maaf ya”, katanya, kemudian tampak memusatkan perhatian ke halaman-halaman mushaf.

Syaikh Ahmad Nursaif, pengampu rubath thullab di Hafair, Makkah, adalah guru dari Kiai ‘Athourrahman Hisyam–Kyai Thour–dan adik-adiknya. Suatu kali beliau berkunjung ke Indonesia dan menengok murid-muridnya itu di Leler, Purwokerto. Menurut Gus Zuhrul Anam, adik Kiai Thour yang juga menantu Kiai Maimun Zubair, Syaikh Nursaif bercerita tentang salah satu live show Bin Baz di televisi Saudi.

Dalam dialog interaktif di televisi itu, seseorang bertanya lewat telepon,

“Saya menunaikan ibadah haji, tapi tidak sempat ziarah ke makam Rasulullah. Bagaimana hukumnya?”

“Oh, tidak apa-apa!” Bin Baz menjawab lugas, “Asal tahu saja, saya sendiri dua puluh lima tahun tinggal di Madinah, dan tidak sekali pun berziarah ke makamnya!”

Syaikh Nursaif tampak geram ketika meriwayatkan hal itu,

“Su-ul adab kok bangga!” kata beliau.

Belakangan, saya menyampaikan riwayat dari Gus Anam itu kepada Gus Mus. Beliau cuma nyengir.

“Wong itu Kanjeng Nabi sendiri yang tidak mau didatangi kok”, komentarnya, “Dulu, banyak orang ingin sowan kepada Mbah Hamid Pasuruan tapi tidak berhasil ketemu. Banyak juga yang mau sowan tapi nggak sempat-sempat, atau bahkan sama sekali tidak tergerak hatinya untuk sowan. Itu semua karena Mbah Hamid-nya sendiri memang tidak mau disowani oleh yang bersangkutan. Itu baru wali. Apalagi ini…. Kanjeng Nabi je!”

Saya pun teringat kisah seorang kiai Rembang yang sudah datang ke Pasuruan, tapi hingga berjam-jam menunggu di ruang tamu, Mbah Hamid tidak muncul, sampai kiai Rembang itu putus asa lalu pulang. Dalam perjalanan pulang itu sopirnya bercerita, betapa tadi Mbah Hamid menemuinya di tempat parkir dan mengobrol dengannya sampai lama sekali!

Yang membuat saya geli sendiri adalah khayalan yang lantas muncul di benak saya: bahwa Sunan Kalijaga tiba-tiba sowan kepada gurunya di Tuban pada hari Rabu, di luar waktu yang biasa.

“Lho? Belum waktunya kok sudah ke sini?” Sunan Bonang heran.

Muridnya tersipu,

“Sudah kepingin, ‘Njeng Sunan…”

“Lha katanya di tempatmu sedang ada tamu? Kok malah kamu tinggal?” Sunan Bonang senyum-senyum menggoda. [dutaislam.com/ab]

Cerita ini tayang pertama pada 15 Mei 2013 di situs teronggosong.com yang dikelola oleh KH Cholil Staquf, Rembang, dimana Tifatul mengaku tidak kenal kalau Gus Yahya adalah pengasuh pesntren di Leteh, Rembang.

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB