5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan
Cari Berita

Advertisement

5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan

Jumat, 01 Juni 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
apa yang dikerjakan setelah ramadhan

DutaIslam.Com - Patut kita bersyukur kepada Allah, karena hingga hari ini, kita masih diizinkan oleh Allah untuk masuk dalam bulan suci Ramadhan. Betapa banyak orang yang ingin sampai pada bulan ini tetapi ajal lebih mendahuluinya. Sedangkan kita masih bisa bertadarus, melakukan sholat tarawih, merasakan kenikmatan berbuka dengan keluarga, dan lain-lain.

Bulan Ramadhan diumpamakan sebagai sebuah keranjang belanja. Ketika kita masuk ke pasar atau supermarket, kita masuk dalam keadaan kosong. Kita rencanakan apa yang harus kita beli, agar kita keluar dari sana mendapat barang yang banyak sesuai kebutuhan kita.

Begitu juga kita, masuk dalam bulan Ramadhan dalam keadaan kosong, maka harus kita persiapkan pula amalan-amalan yang akan kita lakukan pada bulan suci Ramadhan agar nanti ketika bulan Ramadhan telah pergi, kita ditinggalkan dalam keadaan beruntung.

Berikut ini adalah 5 amalan yang sepanjang bulan Ramadhan yang harus kita lakukan agar kita menjadi orang yang beruntung ketika Ramadhan meninggalkan kita.

1. Puasa 
Puasa dalam bahasa arab adalah shiyam. Shiyam artinya menahan, yaitu menahan dari sesuatu yang diharamkan, tidak boleh makan, minum, bahkan melakukan maksiyat yang bisa mengurangi pahala puasa.

Kita tahan mata kita dari perilaku melihat yang haram. Kita tahan kaki kita dari berjalan menuju tempat-tempat bermaksiat. Kita tahan tangan kita dari memukul, mengambil yang bukan hak kita. Kita tahan pula mulut kita dari mengeluh, membicarakan orang lain.  Kita tahan telinga kita dari mendengar yang buruk.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. Al-Baqarah: 183)

Amalan Utama Bulan Ramadhan


2. Qiyam
Qiyam artinya tegak. Maksudnya adalah menegakkan anggota badan kita untuk sholat malam (qiyamul lail), seperti menegakkan sholat tarawih, sholat witir, dan shalat-shalat sunnah lainnya. Kita biasakan sholat tahajjud sebelum sahur.

3. Sedekah
Harta yang kita simpan-simpan suatu saat akan habis, jangan sampai kita simpan lalu suatu suatu saat kita keluarkan karena hal-hal yang tidak kita inginkan, mungkin saja suatu saat kita jatuh sakit, sehingga menghabiskan harta kita karena biaya pengobatan. Na’udzubillah.Kita pun nanti akan mati tidak membaya sepeserpun harta kita.

4. Tadarus Al-Qur’an 
Membaca Al-Qur’an pada bulan suci Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya, tidak sama dengan bulan-bulan selain Ramadhan.

5. Dzikir
Di antara amalan yang mulia dan disukai oleh Allah adalah berdzikir. Rasulullah saw pernah ditanya oleh seorang sahabat, “Apa amalan yang paling mulia ya Rasulullah” kemudian Rasulullah menjawab: "Ketika engkau meninggalkan dunia, sedangkan lidahmu dalam keadaan basah karena berdzikir kepada Allah."

Di dalam Al-Qur’an dijelaskan:

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka". (QS. Ali Imron: 191).

Dari kelima amalan tersebut, semoga kita semua bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari kita, bahkan diluar bulan suci Ramadhan. Semoga Ramadhan ini menjadi sarana ibadah kita yang terbaik dan semoga kita termasuk orang yang beruntung, dijauhkan dari api neraka, sehingga kita nanti menemui Hari Raya Idul Fitri dalam keadaan bahagia, karena puas dengan amal kita di bulan Ramadhan. Amin.

Ditulis oleh Ulum Bastomi Yahya, mahasiswa PAI 2015 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB