Kamis, 03 Mei 2018

Ini Respon Kemenag Soal Beredarnya Kesalahan Mushaf Al-Qur'an Surat Fushshilat Ayat 35 Cetakan Annur

Kesalahan cetak yang beredar.
DutaIslam.Com - Beredar di grup-grup WA yang menyatakan bahwa ada kesalahan mushaf yang disebut-sebut cetakan Annur pada Surat Fushshilat Ayat 35, dimana ada kata "الا " yang dihilangkan.

Berdasarkan pantauan Dutaislam.com, redaksi dan foto kesalahan mushaf Al-Qur'an yang beredar di grup-grup WA adalah sebagai berikut:

Peringatan keras kepada kaum muslimin/ah yg memakai alquran cetakan annur harap memperhatikan ayat ke 35 surat fushilat,, di kolom merah ini ada di kurangi الا sehingga dpat melencengkan maknanya.. Kiranya dapat di bagikan supaya semua tau,, dan dpat di perbaiki di pihak percetakan..

Menanggapi hal tersebut, Kementrian Keagamaan (Kemenag) melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama menyampaikan:

1. Penyebar Informasi tidak mencantumkan identitas mushaf secara lengkap (cover, tanda tashih, dan nama penerbit);
2. Penyebutan nama "Annur" belum jelas, apakah yang dimaksud adalah nama penerbit atau nama mushaf?;
3. Berdasarkan dokumen pengajuan tashih tidak ditemukan bentuk/model mushaf tersebut;
4. belum ada bukti fisik dari masyarakat yang dapat menghadirkan mushaf tersebut.


Oleh sebab itu, LPMQ menyarankan bagi masyarakat yang mendapatkan mushaf tersebut, agar menyampaikannya ke LPMQ di Gedung Bayt Al-Qur'an TMII Jakarta, Telp. 021-87798807, email: lajnah@kemenag.go.id, website: tashih.kemenag.go.id/lapor.


LPMQ juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak cepat terpengaruh isu terkait kesalahan Al-Qur'an tanpa bukti fisik yang kuat. [dutaislam.com/gg]

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini