Sabtu, 21 April 2018

Rahasia Dibalik Bacaan Syahadat, Solusi Setiap Masalah

Syahadat. Ilustrasi: Istimewa
DutaIslam.Com - Membaca syahadat sebagai rukun Islam yang pertama tak hanya menjadi syarat formal bagi seseorang dinyatakan sebagai muslim. Lebih dari itu, syahadat merupakan salah satu rahasia kehidupan yang menentukan kesejatian dan tujuan kehidupan yang manusia jalani. Apa yang dilihat dan dirasakan bukanlah makna kebahagiaan yang sesugguhnya tanpa pernyataan sebagai orang yang beriman. Pernyataan itulah yang disebut Syahadat.

Syahadat memiliki peran besar bagi kehidupan seseorang. Syahadat sudah dimulai sejak dimensi kehidupan pertama manusia ketika di alam arwah. Alam ini kemudian disebut dengan alam dzar.

Syahadat juga sudah ada sejak masa umat terdahulu, sebelum umat Nabi Muhammad SAW. Hal itu diungkapkan dalam banyak kisah di dalam Al Qur’an. Misalnya syahadat yang diucapkan oleh Ratu Balqis pada masa Nabi Sulaiman AS di dalam Surat An Naml 44 atau persaksian (syahadat) dan penyerahan diri para penyihir di hadapan Nabi Musa AS sebagaimana dikisahkan dalam surat Thaha ayat 70.

Contoh dua ayat tersebut membuktikan bahwa pada masa umat terdahulu sudah ada syahadat meskipun redaksinya berbeda dengan syahadat yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya.

Maka berbahagialah sebagai Umat Nabi Muhammad SAW yang setiap tahiyat sholat senantiasa membaca syahadat. Itu artinya 24 jam umat Islam (umat Nabi SAW) senantiasa menginstal ulang keimanan dan keyakinan di setiap tahiyat sholat.

Bahkan secara khusus Nabi SAW memberikan solusi dalam menghadapi kehidupan yang penuh dengan ujian ini dengan cara memperbaharui iman?

Nabi Bersabda:

جددوا ايمانكم – قيل يارسول الله : وكيف نجدد ايماننا ؟ قال : اكثروا من قول لااله الاالله (رواه احمد والحاكم والطبرانى)

“Syahadat adalah kunci keselamatan perjalanan manusia dalam menembus ruang dan waktu”

من كان اخر كلامه لااله الاالله دخل الجنه (رواه ابو داود)

Demikian, semoga kita benar-benar bisa menghayati persaksian atas ketuhanan Allah dan kenabian Nabi Muhammad melalui syahadat. [dutaislam.com/pin]

Keterangan:
Materi dijelaskan Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy dalam video dakwah persembahan Majelis Dzikir Basmalah Sukorejo. Diolah dari serambimata.com.

Advertisement
edit post icon
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
POSTING LAIN Next Post
JUDUL LAIN Previous Post
 

Ketik email Anda di bawah ini