Pelantikan IPNU-IPPNU Universitas Negeri Malang, Kokohkan Karakter Aswaja Generasi Muda
Cari Berita

Advertisement

Pelantikan IPNU-IPPNU Universitas Negeri Malang, Kokohkan Karakter Aswaja Generasi Muda

Duta Islam #02
Senin, 09 April 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

DutaIslam.Com - Kepengurusan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU IPPNU Kampus Pendidikan "Khittah wa Khidmah" Universitas Negeri Malang masa bakti 2018/2019 resmi dilantik pada Sabtu (07/04/2018). Kegiatan yang bertemakan "Memperkokoh tali ukhuwah dalam mewujudkan generasi muda yang berkarakter Ahlussunnah wal Jamaah" ini diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Klojen, Kota Malang dan dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Aswaja.

Dalam kegiatan Seminar Aswaja tersebut dihadiri oleh Gus Abdullah Murtadho selaku Pengajar Ponpes Ilmu Al-Qur'an Singosari dan Ust. Muhammad Yunus selaku Murobbi Ma'had Ainul Yaqin UNISMA sebagai pemateri dalam kegiatan Seminar Aswaja.

Di dalam muqoddimah ceramahnya, Gus Abdullah Murtadho menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka menguatkan Aqidah Ahlussunnah wal Jama'ah An-Nahdliyyah. Ia juga menyampaikan bahwa mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, mengutip hadist yang ada di dalam Kitab Ta'limul Muta'alim.

"Ilmu yang wajib dipelajari adalah ilmu hal yang di dalamnya terdapat ilmu ushuluddin/aqidah dan ilmu fiqih," ujarnya.

Sementara Ust. Muhammad Yunus dalam materi yang kedua, mendedah tentang bid'ah. "Bid'ah adalah mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikenal (terjadi) pada masa Rasulullah SAW," ungkapnya mengutip perkataan Imam Izzuddin bin Abdissalam dalam karyanya yaitu kitab Qowa'id al Ahkam fi Mashalih al Anam.

Ia menyampaikan, ada dua macam Bid'ah yakni I'tiqodiyah dan Amaliah. Para Ulama’ telah menyepakati hukum Bid’ah dalam bidang I’tiqodiyah adalah haram yang dapat menyebabkan kekafiran dan hal ini berbeda dengan Bid'ah Amaliah. Bid’ah Amaliah terdiri dari Bid'ah Hasanah dan Bid'ah Sayyi'ah. Pihaknya mencontohkan, tradisi Tahlilan yang dilakukan oleh warga NU merupakan Bid'ah Hasanah. [dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB